wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Fitur Warung Pintar/Community/Cara Pintar Catat Hutang Pelanggan/

Cara Pintar Catat Hutang Pelanggan

Oleh Juanny/01 December 2021/
Share:
cara pintar catat hutang pelanggan

Hutang pelanggan menjadi salah satu momok bagi para Juragan Warung. Nggak cuma bingung cara nagihnya, tapi juga susah pencatatannya. Apalagi banyak di antara Juragan yang masih melakukan pencatatan tradisional, di buku atau bahkan di kertas bungkus rokok! 

Di era serba digital seperti saat ini, tentunya banyak sekali ya, aplikasi catatan hutang untuk para pelaku UMKM tak terkecuali Juragan Warung. Di Warung Pintar, juga ada lho fitur untuk mempermudah Juragan mencatat hutang pelanggan, yaitu Catatan Pintar! 

wpg-banner

Seperti namanya, Catatan Pintar bisa membantu Juragan mencatat hutang pelanggan dengan lebih pintar, seberapa pintar sih, fitur ini? Yuk, langsung aja kita bahas!

Mencatat hutang baru

Untuk menggunakan fitur Catatan Pintar dengan lengkap, pastikan Juragan sudah melakukan verifikasi akun ya! Tutorial verifikasi akun Warung Pintar bisa dilihat di sini.

Nah, kalau Juragan sudah verifikasi, sekarang saatnya menggunakan fitur Catatan Pintar, begini Juragan:

  1. Buka aplikasi Warung Pintar, dan cari fitur Catatan Pintar. Fitur ini ada di bagian tengah beranda aplikasi Warung Pintar seperti di gambar berikut: 

Klik bagian yang diberi kotak merah. Lalu masuk ke halaman baru.

  1. Juragan bisa menambahkan catatan hutang dengan menekan tombol “Tambah pelanggan”
  1. Masukkan detail hutang pelanggan seperti, Nama Pelanggan, Nomor WhatsApp, Limit hutang, Jumlah hutang, Tanggal hutang, dan Catatan. Lalu klik “simpan”.
wpg-banner
  1. Jika Juragan sudah memasukkan detail hutang pelanggan dan menyimpannya, maka detail hutang tiap pelanggan akan muncul seperti berikut:

Juragan juga bisa menentukan tanggal jatuh tempo pembayaran hutang dengan menekan tombol “Atur tanggal jatuh tempo”.

Mengubah status pembayaran hutang

  1. Jika pelanggan tersebut sudah membayar, Juragan bisa menekan tombol “Bayar Hutang” dan memasukkan nominal pembayaran. Tapi jika pelanggan tersebut kembali berhutang, maka Juragan bisa menambah catatan dengan menekan tombol “Catat Hutang”

Mengingatkan pelanggan

  1. Juragan juga dapat mengingatkan pelanggan untuk membayar hutang melalui WhatsApp, dengan menekan tombol “Ingatkan”. 
  1. Jika nomor WhatsApp yang dimasukkan sudah betul, pesan otomatis akan muncul dan dikirim ke nomor pelanggan seperti berikut:

Nah, bagaimana Juragan, mudah bukan mencatat hutang pelanggan menggunakan fitur Catatan Pintar? Sekarang Juragan gak perlu pusing lagi mencatat dan menagih hutang pelanggan! 

Nggak ada lagi kertas catatan utang berceceran atau buku kas menghilang, cukup pakai fitur Catatan Pintar di aplikasi Warung Pintar. 

Untuk Juragan yang belum daftar aplikasi Warung Pintar, yuk daftar! Syarat dan ketentuannya bisa dicek di sini.

wpg-banner
Share:

Konten Terkait

Konten Populer

warung-pintar-group-logo
  • Warung Pintar HQ 2
  • Jl. Lauser No. 28, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12120