wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Cara Jualan Dagangan Warung secara Online di Tokopedia/

Cara Jualan Dagangan Warung secara Online di Tokopedia

Oleh Rico Hidayat/25 May 2022/
Share:
cara jualan online di tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace andalan masyarakat Indonesia dalam mencukupi berbagai kebutuhan. Menurut iPrice, pada kuartal III 2021 lalu, Tokopedia bahkan menjadi marketplace  nomor satu di Tanah Air yang yang paling banyak dikunjungi dengan total 158,1 juta pengunjung setiap bulannya. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih Tokopedia. Pertama, Tokopedia banyak memberikan promo atau diskon yang menarik dari berbagai produknya. Di samping itu, Tokopedia juga menyediakan barang-barang yang komplet, bahkan, tiket kereta api hingga pesawat juga tersedia di dalamnya.   

Dengan berbagai keunggulan tersebut, menjadi opsi yang tepat jika memilih Tokopedia sebagai mitra bisnis online untuk menjual barang dagangan warung Anda. Anda tidak akan dipusingkan dengan teknis penjualan karena Tokopedia menyediakan sistem yang mudah bagi sellernya. Selain itu, segala operasional jual beli dagangan warung di Tokopedia tidak akan dipungut biaya. 

Cara Menjual Dagangan Warung di Tokopedia

  1. Buka Akun Tokopedia Anda

Anda perlu memiliki akun Tokopedia terlebih dahulu sebelum memulai jualan. Pastikan terlebih dahulu Anda telah memahami ketentuan jual beli di Tokopedia, seperti aturan harga jual produk, penamaan produk, pengiriman produk, dan pembayaran produk. 

Selanjutnya, Anda dapat mulai membangun toko pertama di Tokopedia dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Beranda Tokopedia/Dok. Nesia Qurrota

  • Buka tokopedia.com, kemudian klik Toko lalu Buka Toko Gratis.
  • Masukkan informasi toko Anda, lalu klik lanjut.

Registrasi Toko di Tokopedia/Dok. Nesia Qurrota

  • Masukkan alamat toko di kolom pencarian, lalu klik pilih lokasi ini. 

Tampilan Beranda Seller di Tokopedia/Dok. Nesia Qurrota

  • Toko Anda telah berhasil dibuka, segera tambahkan produk pertama.
  1. Menambahkan Produk yang Akan Dijual

Sebelum menambahkan produk di Toko Anda, penting untuk diingat, hindari berjualan produk palsu atau yang melanggar Hak Kekayaan Intelektual. Sebab jika tidak, produk Anda akan dihapus oleh pihak Tokopedia. 

Di samping itu, untuk gambar yang ditampilkan, gunakan dengan format .jpg .jpeg .png dan ukuran minimum 300 x 300px,  sedangkan untuk gambar optimal gunakan ukuran minimum 700 x 700 px. Anda dapat memilih foto produk atau tarik dan letakkan hingga lima foto sekaligus. Minimal, cantumkan tiga foto yang menarik supaya pembeli melirik toko Anda. 

Jika sudah oke, Anda dapat melanjutkan dengan menambahkan produk. Berikut ini caranya. 

Menambahkan produk di Tokopedia/Dok. Nesia Qurrota

  • Buka halaman akun Toko Anda.
  • Pilih Produk, lalu klik Tambah Produk di sisi sebelah kiri.

Menambahkan informasi produk di Tokopedia/Dok. Nesia Qurrota

  • Isi data produk, seperti nama, harga, berat, deskripsi, dan lain sebagainya. 
  • Pastikan untuk memilih etalase.
  • Tentukan Status Produk, misalnya produk siap dijual, pilih Stok Tersedia;  produk belum siap dijual, pilih Stok Kosong.
  • Klik “Simpan” atau “Simpan & Tambah Baru” jika ingin memasukkan produk lainnya
  1. Menerima Pesanan

Inilah saat yang ditunggu-tunggu, saat satu per satu pesanan masuk ke toko Anda. Sebagai seller, Anda perlu segera merespons pesanan tersebut supaya barang lekas sampai ke pembeli. Makin cepat memprosesnya, makin puas pembeli terhadap kualitas layanan toko Anda. Dengan demikian, potensi mereka kembali berbelanja di toko Anda juga makin besar. 

Menerima pesanan di Tokopedia/Dok. Nesia Qurrota

  • Buka notifikasi pesanan baru
  • Tentukan untuk menerima atau menolak pesanan tersebut, jika menerima klik tombol Terima Pesanan.
  • Lakukan konfirmasi pengiriman pesanan dengan isi nomor resi pengiriman, klik Konfirmasi Pesanan.
  • Pantau status pengiriman pesanan Anda. 
  • Setelah pembeli melakukan Konfirmasi Penerimaan, dana penjualan akan masuk ke Saldo Tokopedia Anda.

Tips bagi Seller Pemula

Sebagai seller baru di Tokopedia, beberapa toko lain mungkin menjual barang yang sama dengan toko Anda. Hal itu tidak bisa dihindari, tapi Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa strategi, di antaranya:

  • Pahami dan Gunakan Fitur Promosi yang Ada di Tokopedia

Umumnya konsumen akan membeli toko yang menawarkan diskon jika dihadapkan dengan beberapa pilihan. Di Tokopedia, ada banyak fitur promosi yang bisa digunakan. Pastikan Anda memahaminya dan kemudian bisa langsung mencobanya. 

Anda tidak harus langsung memberikan diskon secara besar-besaran, tapi bisa memulainya sedikit demi sedikit. Saat bisnis Anda telah mendapatkan banyak profit, promo dalam jumlah besar bisa mulai diaplikasikan. 

  • Tampilkan Testimoni yang Baik Terhadap Dagangan Anda

Sebagai pemula, Anda dapat menampilkan testimoni dari keluarga atau teman-teman terdekat yang diajak untuk berbelanja di toko yang dikelola. Pastikan testimoni tersebut menggambarkan kepuasan atas pelayanan dan produk yang Anda jual. Keberadaan testimoni berperan meyakinkan pembeli supaya berbelanja di warung online Anda. 

  • Ikuti Pusat Edukasi Seller Tokopedia

Pusat Edukasi Seller Tokopedia/Dok. Nesia Qurrota

Tokopedia secara rutin menggelar edukasi bagi para sellernya, seperti melalui webinar dan talkshow. Anda dapat mengikutinya secara gratis dan mendapatkan berbagai ilmu mengenai tips meningkatkan penjualan, menghadapi persaingan, cara-cara penjualan di hari-hari besar, evaluasi bisnis, dan masih banyak lagi. 
Demikian informasi mengenai cara berjualan dagangan warung secara online di Tokopedia. Di samping itu, untuk memenuhi produk di toko, Anda bisa mendapatkannya melalui Warung Pintar. Warung Pintar menawarkan beragam produk dengan harga kompetitif dan kualitas yang terjamin. Semoga dapat membantu kesuksesan toko pertama Anda di sana. 

Share:

Konten Terkait

manajemen pemasaran

Konten Populer

cara jualan online di tokopedia
manajemen pemasaran
warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner