Halo Sobat Warung! Kamu pernah kepikiran nggak sih, bagaimana sejarah mi instan dari sejak pertama kali muncul? Kalau kamu penasaran, siap-siap senang ya, karena artikel ini akan membahas seluk-beluk kehadiran mi instan di dunia.

Sejarah mi instan nggak lepas dari sosok penemunya, yakni Momofuku Ando. Sebagai orang yang memulai sejarah mi instan, Ando punya perjalanan panjang. Biar lebih fokus, artikel ini akan membawa kamu menelusuri kehidupan Momofuku Ando hingga akhirnya menemukan salah satu makanan terkenal di dunia.

Masa muda Momofuku Ando

mi instan

sumber: procaneffation.com

Momofuku Ando lahir 5 Maret 1910 di sebuah kota bernama Kagi-cho. Kagi-cho merupakan kota di Taiwan yang saat itu masih merupakan bagian dari kekuasaan Jepang.

Ando termasuk orang yang tumbuh di keluarga yang berkucukupan. Sayangnya, Ando harus kehilangan kedua orang tuanya saat masih muda. Ando lalu dibesarkan oleh kakek dan neneknya. Cikal bakal Ando sebagai pebisnis juga tampaknya muncul akibat pengaruh dari kakek dan neneknya ini. Pasalnya, kakek dan nenek Ando merupakan pebisnis yang menjalankan usaha tekstil.

Memulai bisnis sendiri

mi instan

sumber: allysncura.blogspot.com

Sebelum menjadi penemu mi instan; dan menjadi pemilik perusahaan ramen terbesar di dunia, Ando memulai bisnisnya melalui perusahaan tekstil sendiri. Ando saat itu baru berumur 22 tahun, dan dengan modal 190.000 Yen, Ando pun mendirikan perusahaan pertamanya itu.

Perjalanan Ando menjalankan bisnis terus meningkat. Setelah membesarkan bisnis tekstiknya di Taipei, Ando pindah ke Osaka, Jepang pada tahun 1933 untuk belajar ekonomi di Universitas Ritsumeikan. Di sana juga, selagi Ando menempuh studi, Ia juga mendirikan perusahaan baru yang bergerak di bidang busana.

Singkat cerita, Ando menjadi warga negara Jepang setelah Perang Dunia 2 berakhir. Nggak lama setelah itu, bisnis Ando bankrut, dan memaksa Ando untuk membuat perusahaan lain. Setelah bergelut dengan dunia busana, Ando lalu beralih dengan menjalankan bisnis produksi garam.

Menjadi penemu mi instan

mi instan

sumber: vox.com

Babak baru hidup Ando muncul ketika Pemerintahan Jepang sedang kesulitan mengatasi kekurangan makanan untuk masyarakat Jepang paska perang berakhir. Pemerintah Jepang; melalui Kementerian Kesehatan, lalu mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi roti gandum yang disumbangkan dari negara Amerika Serikat

Ando terheran. Menurut Ando, kenapa harus memilih roti gandum sebagai makanan utama saat itu? Kenapa nggak makan mi aja? Secara, mi sudah jadi makanan yang lebih dekat bagi masyarakat Jepang. Kementerian Kesehatan sebenarnya punya alasan yang logis terkait pemilihan roti gandum sebagai makanan utama saat perang, yakni karena produksi mi nggak akan mampu membendung permintaan yang terlalu banyak pada masa-masa itu.

Nah, dari situ, Ando mencoba membantu pemerintah dengan menciptakan produk mi yang lebih praktis. Setelah mengalami berbagai macam eksperimen, tepat pada tanggal 25 Agustus 1958, Ando meluncurkan produk mi instan rasa ayam pertama di dunia. Produk itu pun diberi nama Chicken Ramen.

Inovasi terus berlanjut

mi instan

sumber: id.wikipedia.org

Penemuan Ando akan makanan cepat saji tersebut nggak berhenti di situ. Setelah menemukan Chicken Ramen, Ando setidaknya juga menemukan cup noodles, yakni sebuah mi yang dikemas dengan styrofoarm, dan dimasak dengan cara menyeduk mi tersebut dengan air panas.

Penemuan Ando akan cup noodles tercatat pada 18 September 1971. Lalu pada tahun 2005, Ando membantu para astronot dalam sebuah misi bernama Discovery dengan memberikan mereka bekal berupa mi yang bisa dikonsumsi di luar angkasa. Sampai sekarang pun, makanan temuan Ando ini telah menjelma menjadi makanan untuk semua orang di berbagai macam dunia. Kalau nggak percaya, coba cek artikel ini, yang membahas mi instan terenak dari berbagai macam negara.