Tentang Warung Pintar

Selama puluhan tahun, Warung telah memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, baik sebagai tempat memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga saluran distribusi dagang terbesar

 

Hari ini ada 3,5 juta warung di Indonesia*. Sudah lebih dari puluhan tahun warung memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di negeri ini. Mulai dari tempat memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebagai saluran distribusi dagang terbesar, hingga menjadi salah satu penggerak perekonomian di Indonesia.

 

Disini, Warung Pintar melihat sebuah potensi besar dengan mentransformasi bisnis warung dengan teknologi, sehingga prosesnya menjadi lebih efisien. Agar suatu hari nanti warung sebuah usaha yang lahir dari masyarakat akar rumput justru dapat memajukan perekonomian Indonesia.

 

Dengan visi menjadi golden standard untuk bisnis mikro di Indonesia, Warung Pintar terus menciptakan ekosistem yang lebih efisien sehingga warung dan pemiliknya dapat tumbuh tanpa batas, serta memberikan akses seluas-luasnya untuk setiap lapisan masyarakat dalam memulai bisnis.

 

*Sumber data: Nielsen 2018

Tantangan

Warung masih beroperasi dengan cara yang sama seperti zaman dahulu. Akses edukasi dan operasi warung untuk berkembang dengan lebih baik dan cepat di era digital pun masih minim.

Operasional Usaha

Operasional usaha yang belum transparan membuat pemilik Warung sulit membuat analisa dan perencanaan berdasarkan performa Warung secara efisien.

Harga Tidak Kompetitif

Alur distribusi yang terlalu panjang dan berlapis-lapis berdampak pada penentuan harga barang di Warung tidak akan pernah kompetitif.

Ketidakpastian dalam Kesediaan Barang

Tidak jelasnya kesediaan barang membuat pemilik Warung sulit memastikan barang-barang pesanannya.
Solusi

Kami mencoba mendorong terciptanya inklusi teknologi melalui pemberian akses.

Kemudahan Operasional

Mengembangkan aplikasi yang terintegrasi guna mempermudah pemesanan barang, pelacakan barang, hingga pengawasan performa Warung.

Kemudahan Distribusi

Alur distribusi yang terintegrasi dengan teknologi dan data dapat meningkatkan efisiensi Warung kedepannya.

Pengembangan Usaha

Mengedukasi Juragan agar tetap adaptif dan relevan dengan menggunakan media iklan dan alternatif pembayaran dalam kegiatan usaha.
Warung Pintar Social Impact
Dampak sosial merupakan DNA Warung Pintar sejak didirikan. Hal ini menjadi pemantik semangat untuk menghasilkan dampak yang lebih besar di kemudian hari.

41%

Kenaikan Pendapatan

Yang kemudian digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup Juragan.

58%

Wirausaha Wanita

Tergabung sebagai Juragan Warung Pintar.

148%

Social Return on Investment

Yang menandai besaran investasi Warung Pintar terhadap nilai sosial dan ekonomi Juragan.

5+

Dampak Sosial dan Ekonomi

Dari setiap cabang Warung Pintar.

Leadership