Tentang Warung Pintar

Hari ini ada 3,5 juta warung di Indonesia*. Sudah lebih dari puluhan tahun warung memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di negeri ini. Mulai dari tempat memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebagai saluran distribusi dagang terbesar, hingga menjadi salah satu penggerak perekonomian di Indonesia.

 

Disini, Warung Pintar melihat sebuah potensi besar dengan mentransformasi bisnis warung dengan teknologi, sehingga prosesnya menjadi lebih efisien. Agar suatu hari nanti warung sebuah usaha yang lahir dari masyarakat akar rumput justru dapat memajukan perekonomian Indonesia.

 

Dengan visi menjadi golden standard untuk bisnis mikro di Indonesia, Warung Pintar terus menciptakan ekosistem yang lebih efisien sehingga warung dan pemiliknya dapat tumbuh tanpa batas, serta memberikan akses seluas-luasnya untuk setiap lapisan masyarakat dalam memulai bisnis.

 

*Sumber data: Nielsen 2018

tentang warung pintar

Tantangan

Akses untuk bertumbuh yang terbatas.

Sejak puluhan tahun lalu, warung masih beroperasi dengan cara yang sama karena tidak memiliki akses yang diperlukan di era digital.

bisnis warung pintar

Proses Bisnis

Proses bisnis tidak transparan, membuat para pemilik warung tidak dapat membaca performa warungnya mulai dari pengeluaran, keuntungan, stok barang sehingga bisnisnya jadi tidak efisien.

Harga

Harga warung tidak kompetitif karena rantai distribusi yang terlalu panjang.

Ketersediaan barang

Ketersediaan barang yang tak pasti, membuat pemilik warung tidak tahu kapan barang bisa diterima.

Solusi

Inklusi teknologi.
Kami membuka akses teknologi agar warung dapat bertumbuh pesat tanpa hanya mengandalkan intuisi.

Point of Sales

Integrated Point of Sale System. Teknologi yang membantu warung melakukan pencatatan transaksi secara akurat.

Integrated Supply Chain System

Rantai distribusi barang yang terintegrasi dengan teknologi. Sehingga dapat menghasilkan data untuk meningkatkan efisiensi.

Juragan App

Aplikasi untuk pesan dan lacak barang, hingga monitor performa warung.

Warung Pintar Social Impact

Dampak sosial telah menjadi DNA Warung Pintar sejak hari pertama berdiri. Bukan hanya berfungsi sebagai evaluasi produk, tetapi juga sebagai pemantik semangat untuk menghasilkan dampak yang lebih besar di esok hari.
Sampai hari ini, Warung Pintar telah memberi dampak seperti:

1

Kenaikan pendapatan Mitra hingga 41%, yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak (85%), kualitas kesehatan (59%) dan kualitas tabungan masa depan (51%)

2

1 Warung Pintar memberikan dampak sosial ekonomi terhadap 5 orang:

– 1 orang Mitra
– 2 anggota keluarga Mitra
– 1 penjaga warung
– 1 orang keluarga penjaga warung

3

Kami juga mengukur SROI (Social Return on Investment) sebagai ukuran yang konkrit dalam mengukur dampak sosial. Dalam 1 tahun, Warung Pintar menghasilkan SROI 148% yang artinya, setiap Rp 1 investasi yang dilakukan Warung Pintar bernilai Rp 1,48 yang digunakan untuk peningkatan pendapatan, konsumsi rumah tangga, akses kesehatan, pendidikan & keahlian, tabungan, biaya operasional warung, dan pemberdayaan komunitas sekitar.

4

Warung Pintar mendukung perempuan untuk menjadi wirausaha. Lebih dari 58% Mitra adalah perempuan, angka ini meningkat 12% dari tahun 2018.

5

Dengan menjadi Mitra Warung Pintar, para perempuan bisa tetap dekat dengan keluarga sehingga dapat mendampingi tumbuh kembang anak dari dekat.

group1
group1group1

Leadership

"Banyak yang bilang kalau mimpi untuk mengembangkan ekonomi Indonesia susah untuk dicapai. Tapi untuk memulai sebuah perubahan, butuh seseorang yang berani melawan status quo. Dengan kepercayaan penuh bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ada di tangan rakyat, disitu awal Warung Pintar dilahirkan."

Agung Bezharie

CEO & Co-Founder

"Ketidaksetaraan selalu jadi kegelisahan utama gue, dan untungnya gue tumbuh menjadi seseorang yang menantang diri untuk mengubah hal itu. Gue melihat sendiri bahwa teknologi bukanlah soal kecanggihannya, tapi bagaimana teknologi itu bisa diterapkan untuk membuat sebuah perubahan. Dan itulah yang kami lakukan di Warung Pintar setiap harinya."

Harya Putra

COO & Co-Founder

"Gue jatuh cinta dengan besarnya pengaruh teknologi dalam hidup kita. Jika digunakan dengan benar, teknologi bisa menjadi terobosan besar untuk membantu masyarakat. Di Warung Pintar, kami tak henti-hentinya berinovasi agar teknologi bisa diakses oleh semua kalangan, karena tujuan kami sejak awal adalah untuk menyelesaikan hyper-local problems with the state-of-art technology & global knowledge of the product."

Sofian Hadiwijaya

CTO & Co-Founder

"Memperbaiki dan menyelesaikan masalah warung mungkin bukan sebuah kebutuhan, tapi itu jadi tekad besar. Gue percaya bahwa melalui warung, Warung Pintar bukan cuma mentransformasi proses jual beli di tingkat masyarakat akar rumput, tapi juga memberi dampak yang lebih besar bagi kehidupan seluruh masyarakat Indonesia."

Christian Winata

Tribe Leader Distributions & Co-Founder