Selamat Hari Perempuan Sedunia! Hari Perempuan Sedunia dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya.

Dalam rangka menyambut Hari Perempuan Sedunia, tulisan kali ini akan mengajak Sobat Warung untuk berkenalan dengan dua mitra perempuan Warung Pintar bernama Indah dan Silvi. Yuk, kenalan lebih lanjut dengan mereka!

Menjadi mitra agar lebih fleksibel dalam mengelola waktu

perempuan muda

Indah, Mitra Bukit Pamulang Permai 1

Sebelum bergabung menjadi mitra Warung Pintar, Indah sempat bekerja di restoran cepat saji. Saat masih bekerja di restoran cepat saji, Indah merasa sulit mengatur waktu karena pekerjaannya membuat Indah harus selalu siap melayani para pelanggan. Hal ini  pun menyebabkan Indah kesulitan mengatur waktunya untuk ibadah.

Sebagai seorang muslim, Indah harus melakukan ibadah shalat 5 waktu dalam sehari. Pekerjaannya yang mengharuskan dirinya siap ketika dibutuhkan, membuat Indah jadi sering ketinggalan shalat. Maka dari itu, setelah mendengar kabar terkait Warung Pintar dari temannya, Indah pun langsung mendaftar. Harapannya saat itu hanya satu: supaya saat bekerja waktunya akan lebih fleksibel.

Mitra Bukit Pamulang Permai 1 ini mengaku bahwa waktu bekerjanya kini lebih fleksibel. Selain mampu belajar banyak hal seputar bisnis, Indah jadi lebih mudah mengatur waktu ibadah. Belum lagi, warung lokasinya berjualan sangat berdekatan dengan masjid, sehingga ketika orang selesai beribadah, Indah jadi kedatangan banyak pelanggan yang berasal dari masjid.

Menjadi mitra agar lebih mandiri

perempuan muda

Silvi, mitra Surya Kencana 2

Cerita berbeda datang dari Silvi. Dibandingkan dengan Indah, Silvi sudah menikah walaupun belum mempunyai anak. Sebelum bergabung menjadi mitra di Warung Pintar, Silvi berjualan minuman dingin di warungnya. Namun, Ia merasa jualannya tersebut sangat sepi, sehingga Silvi memutuskan bergabung dengan Warung Pintar.

Bersama Warung Pintar, mitra Surya Kencana 2 ini merasa bahwa dagangannya lebih ramai. Pendapatannya pun jadi meningkat. Semenjak bergabung dengan Warung Pintar, Silvi mampu menambah pendapatan keluarga tanpa harus mengandalkan suami.

Silvi adalah contoh pribadi mandiri yang dibutuhkan oleh seseorang dalam menjalani dunia ini. Apalagi untuk seorang ibu. Di kala sang suami sedang terpuruk dan tidak ada di tengah-tengah dalam mengurus anak, menjadi mandiri adalah salah satu cara yang seorang ibu bisa lakukan.

Perempuan dalam angka di Warung Pintar

Indah dan Silvi hanya segelintir contoh bagaimana perempuan memegang peranan penting dalam ekosistem warung, khususnya di Warung Pintar. Jika dilihat dari riset yang telah kami lakukan, keterlibatan perempuan sebagai mitra menunjukkan angka 46% (598 dari 1300). Jumlah ini meningkat 4% dari pertengahan tahun sebelumnya yaitu 42% (74 dari 177).

Lebih lanjut lagi, indeks keterlibatan perempuan dalam pembagian jenis pekerjaan yang ada di warung menunjukan 7.29 dari skala 10. Artinya, perempuan memiliki keterlibatan yang tinggi secara kuantitatif dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan di warung, meliputi peran dalam memesan barang dagangan, membuka/menutup warung, dan penyelesaian masalah operasional.

Sementara itu, indeks keterbukaan ruang bagi perempuan menunjukan angka 5.7 dari skala 10. Indeks ini menunjukan adanya kesepakatan bersama antara perempuan dengan pasangan/keluarga.

Riset lain yang dilakukan Warung Pintar, ternyata mitra perempuan berkontribusi 56% dari seluruh jumlah pendapatan rumah tangga. Pendapatan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, listrik, air, dan uang jajan anak.

Memaknai Hari Perempuan Sedunia

perempuan muda

Sumber: alt947.radio.com

Hari Perempuan Sedunia menjadi hari yang penting buat semua orang, tidak terkecuali untuk Warung Pintar. Sebagai platform yang memberikan masyarakat peluang untuk tumbuh secara ekonomi melalui berbisnis, Warung Pintar berusaha untuk memberikan porsi kesempatan yang sama antara laki-laki dan perempuan.

Jumlah laki-laki dan perempuan memang tidak terpaut jauh. Namun, pada kenyataannya perempuan kerap dipandang sebelah mata, karena jumlahnya yang lebih sedikit dari laki-laki.

Melalui artikel ini, Warung Pintar ingin menegaskan bawah hal tersebut sudah usang. Bersamaan dengan Hari Perempuan Dunia, Warung Pintar ingin berterima kasih kepada perempuan, sekaligus mendorong mereka untuk selalu berjuang dalam membawa perubahan. Bagi Sobat Warung yang ingin ikut dalam perubahan positif, yuk daftar menjadi mitra Warung Pintar sekarang di sini. (AFN/BJD)