Aktivitas minum kopi sudah melekat di masyarakat Indonesia, terutama bagi para pekerja. Berdasarkan data yang dihimpun Databooks, pengguna kopi Indonesia sejak tahun 2000 mengalami peningkatan. Bahkan, para penikmat kopi pada tahun 2016 menunjukkan angka lebih dari 4,5 juta lho.

Kalian pasti langsung bertanya-tanya mengapa aktivitas minum kopi begitu digemari oleh banyak orang, mulai dari para pengusaha muda, pekerja kantoran, sampai anak kuliahan? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, artikel ini akan membahas beberapa alasan kenapa aktivitas minum kopi banyak diminati masyarakat Indonesia. Yuk, lanjut baca!

Penghilang Kantuk

minum kopi

Sudah bukan misteri lagi, kalau salah satu musuh pekerja kantoran atau mahasiswa itu adalah bangun pagi. Gara-gara dituntut untuk selalu bangun pagi, sering kali para mahasiswa dan pekerja ini harus selalu melawan rasa kantuk. Belum lagi, kalau malam sebelumnya harus begadang dan menyebabkan susah tidur. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, minum kopi bisa menjadi jalan keluar. Sebabya, salah satu kandungan yang terkandung di dalam kopi itu adalah kafein, zat kimia yang mampu membuat kita terjaga alias melek. Jadi nggak perlu heran, kalau kebanyakan orang minum kopi setiap pagi, agar kondisi selama sehari penuh bisa terjaga dari rasa kantuk.

Penghangat Suasana dan Mood Booster

minum kopi

Selain mampu mencegah rasa kantuk, kandungan kafein di dalam kopi juga mampu meningkatkan produktivitas serta fokus, sehingga kamu bisa menentukan dan memprioritaskan aktivitas apa aja yang akan kamu lakukan selama sehari. Dengan kata lain, kopi mampu membantu kamu menaikkan mood atau suasana dalam beraktivitas. Belum lagi kalau kamu minum kopinya bersama teman. Dengan begini, mood kamu dalam melakukan aktivitas akan semakin maksimal.

Pas di Kantong

minum kopi

Harga kopi saat ini bisa dibilang sangat friendly, alias murah parah. Belum lagi, kopi sudah mewabah di mana-mana dengan harga yang bermacam-macam. Mengonsumsi kopi pun jadi bisa kamu sesuaikan sama isi kantong kamu. Misal, kalau kamu pekerja kantoran yang sudah punya penghasilan, kamu bisa ngopi dengan datang ke coffee shop. Namun, kalau kamu mahasiswa yang belum punya penghasilan sama sekali, ngopi di warung seperti Warung Pintar nggak ada salahnya kok!

Mudah Dicari

minum kopi

Zaman sekarang cari kopi yang enak bukan hal yang susah. Di sepanjang jalan Kemang Timur misalnya, kamu mungkin bisa menemukan lebih dari 5 kedai kopi lho! Maraknya kedai kopi memang nggak bisa disalahkan. Penikmat kopi di Indonesia aja ada banyak banget. Maka dari itu, bisnis kedai kopi jadi mencamur banget di Indonesia. Banyaknya kedai kopi di Indonesia membuat kita nggak kesulitan untuk beli kopi. Kalau pun sulit, itu mungkin sulit karena bingung harus memilih ngopi dengan cara yang mana. Mau di coffee shop, warung seperti Warung Pintar, atau bahkan minta diantar sama ojek online, semua bisa dilakukan! Gampang kan?

Sugesti

minum kopi

Semua orang yang ngopi selalu punya sugesti kalau minum kopi di pagi hari akan membangkitkan semangat. Singkatnya, orang selalu menganggap bahwa hari nggak akan lengkap kalo nggak minum kopi. Mau itu lagi kerja, ngejar deadline, atau nongkrong sendirian di cafengopi adalah hal wajib! Hal ini secara tidak langsung menular ke banyak orang yang akhirnya mempunyai pemikiran yang sama. Sebenarnya, kembali lagi ke pemikiran kamu, apa kamu termasuk salah satu yang terkena sugesti?

Nah, tadi adalah beberapa alasan mengapa kopi jadi pilihan untuk teman beraktifitas. Kamu juga boleh kunjungi Warung Pintar terdekat untuk menikmati kopi di sela-sela aktifitas kamu sambil ngobrol bareng teman-teman. (AFN)