Apa sih itu peluang usaha? Kenapa kayaknya istilah tersebut rame banget di Indonesia? Kamu pasti juga sering banget mendengar istilah itu lalu lalang di internet kan? Kalau nggak percaya, coba browsing peluang usaha sekarang, dan siap-siap mendapat banyak artikel seputar usaha, bisnis, keuntungan dan masih banyak lagi.

Peluang usaha terdiri dari 2 kata: peluang dan usaha. Peluang bisa berarti kesempatan, dan usaha adalah sesuatu yang bersifat membawa untung. Jadi secara pengertian, peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang mampu membawa untung.

Nah, salah satu cara biar kita bisa dapat untung adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Artikel ini mau membahas gimana caranya biar kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jadi, kalau mau lebih untung, lanjut baca ya!

Buat prioritas

peluang usaha

Tips pertama adalah dengan membuat prioritas. Kamu tentukan mana aktivitas yang menurut kamu paling penting, sampai aktivitas yang nggak begitu penting. Nah, gimana sih memangnya menentukan penting atau nggak penting itu. Cara paling gampang adalah kamu harus tahu goal kamu apa. Bisa mulai dari goal paling dekat. Misal, kamu pengen menurunkan berat badan. Berarti aktivitas yang kamu prioritaskan beberapa di antaranya adalah olahraga, bangung pagi, dsb.  Jadi, kalau goal kamu sudah ditentukan, kamu tinggal pilah-pilah mana aktivitas yang bisa membawa kamu mencapai goal itu.

Tetapkan 3 to-do list setiap hari

peluang usaha

Orang kadang suka salah kaprah, kalau mengerjakan banyak hal dalam suatu waktu itu dianggap sebagai sesuatu yang nggak baik. Bukannya kerjaan malah selesai, eh, yang ada malah kelabakan. Biar nggak terlalu pusing, kamu tentuin to-do list paling banyak 3 aja dalam sehari. Dengan begini, kamu jadi lebih fokus dalam menjalani hari. Kesedikitan? Santai aja, nggak semua kerjaan harus diselesaikan dalam 1 hari kan?

Pake reminder

peluang usaha

Reminder atau jadwal pengingat boleh jadi cara paling gampang buat kamu menghargai waktu. Apalagi kalau kamu orangnya suka lupaan. Dengan menjadwalkan kegiatan kamu setiap harinya, kamu bisa jadi lebih bersiap-siap dalam melakukan sesuatu. Biar kamu lebih sigap dalam menjalankan aktivitas, kamu coba atur jadwal pengingat lebih cepat 15 meni sampai 1 jam sebelum melakukannya.

Tulis jurnal

peluang usaha

Pada dasarnya, artikel ini mau kasih tahu kamu tips biar jadi orang yang lebih teratur; mulai dari teratur dalam mengelola waktu, sampai aktivitas. Nah, menulis jurnal adalah cara yang efektif supaya kamu teratur. Dengan kamu mengingat segala macam kegiatan kamu dan menyimpannya dalam bentuk kata-kata di sebuah buku, semua yang kamu lakukan jadi terlihat lebih rapih.

Kerjakan hal berfaedah selagi menunggu

pelusang usaha

Menunggu memang hal yang menyebalkan. Selain menunggu membuat kamu merasa bosan, waktu kamu jadi terbuang sia-sia dengan hanya melakukan hal itu. Namun, menunggu nggak selamanya merugikan kok. Selama kamu melakukan hal-hal berfaedah ketika menunggu, niscaya aktivitas membosankan itu jadi sesuatu yang bermanfaat. Contoh, kamu adalah juragan Warung Pintar yang sedang menunggu pengunjung. Ketika menunggu pengjung datang, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan membaca buku. Cara lain adalah dengan mendengarkan podcast yang insightful atau menonton video edukatif di Youtube. Jadi, daripada bengong menunggu yang nggak pasti, mending cari sesuatu hal yang memungkinkan kamu tambah pintar.

Mulai secara perlahan

peluang usaha

Tips terakhir ini adalah kunci untuk memulai tips-tips lain yang sudah disebut di atas, yaitu mulai aja dulu pelan-pelan. Tulis jurnal nggak harus setiap hari, aktivitas membaca ketika menunggu nggak perlu harus menghabiskan satu buku, atau pakai reminder nggak harus di semua kegiatan. Pelan-pelan aja. Nggak ada yang ngejar juga kok. Lagipula, dengan mulai perlahan, kamu bisa melatih sedikit demi sedkiti kebiasaan bermanfaat kamu itu.

Jadi ingat sekali lagi: Waktu adalah uang, dan nggak kalah berharga sama uang. Biar peluang usaha semakin banyak datang, salah satunya adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.