Buka usaha; biarpun itu usaha kecil, masalahnya banyak. Sejak awal kamu harus siap modal. Setelah itu, perjuangannya nggak berakhir sampai modal aja.

Kamu harus bisa menawarkan sesuatu yang baru. Tujuannya agar mampu bersaing dengan pengusaha lain. Para pemilik usaha kecil sekarang juga punya penawaran-penawaran nggak biasa. Itu kenapa, persaingan jadi berat banget.

Kita coba ambil contoh Warung Pintar. Total warung di Warung Pintar sudah mencapai 1000 di sebagian daerah Jabodetabek. Bayangkan, betapa susahnya mendapatkan untung, ketika ada orang lain yang buka usaha kecil serupa dengan kamu.

Maka dari itu, buat kamu yang punya usaha kecil harus mau melakukan improve pada produk/jasa. Jangan cuman berhenti dengan hal-hal konvensional, karena semua yang biasa akan cepat tergerus kalau nggak ada perkembangan konsep berjualan.

Cara terbaik dalam mengembangkan usaha kecil tentu melalui pembelajaran. Nggak ada ceritanya orang sukses karena dia malas belajar untuk berkembang.

Tulisan ini mau kasih sedikit ilmu tentang berusaha. Semoga melalui langkah-langkah kecil ini, usaha kamu bisa berkembang, dan mampu tahan lama di era yang serba cepat. Biar nggak kelamaan, ini dia langkah-langkahnya:

Buat sesuatu yang unik

usaha kecil

Sebelumnya, mau disclaimer dulu. Tulisan ini terinspirasi dari salah satu materi stand-up comedian Indonesia, Pandji Pragiwaksono. Pandji berpendapat, bahwa di era seperti sekarang ini persaingan makin sulit. Dengan kemudahan teknologi, orang bisa melakukan apa aja; berkarya, berjualan dan masih banyak lagi. Masalahnya, orang di dunia ini nggak sedikit. Total penduduk manusia aja ada 7 miliar. Mungkin aja dong, ada orang lain di luar sana punya ide serupa dengan ide kamu? Selain itu, Indonesia kebagian populasi penduduk paling banyak, yakni sekitar 260 juta jiwa. Terbesar keempat di dunia. Nah lho, makin susah kan kalau mau menonjol di antara banyak orang. Pandji lalu ngasih tahu hal yang kerap salah di pikiran orang-orang, yakni kalau mau menonjol maka kita harus lebih baik lagi. Maka dari itu, Pandji menawarkan framework baru: sedikit lebih beda lebih baik dari sedikit lebih baik. Maksudnya apa tuh? Maksudnya adalah, ketimbang kita mencoba lebih baik dalam melakukan sesuatu, mendingan kita coba lakukan hal itu dengan cara berbeda. Dengan begini, orang lain akan lebih notice kepada produk/jasa/karya kita. Kamu bisa mengaplikasikan ini dengan memulai menawarkan hal-hal unik pada usahanya.

Pemasaran yang pas

usaha kecil

Nah setelah membuat sesuatu yang unik, langkah selanjutnya adalah memasarkannya, atau bahasa mudahnya, memikirkan cara bagaimana orang mau mengeluarkan uang untuk produk/jasa/karya yang kamu tawarkan. Masih melanjutkan framework Pandji, Ia berpendapat bahwa pada dasarnya nggak ada barang yang nggak laku, yang ada adalah barang yang dipasarkan secara salah. Contoh, kalau kamu menjual kotoran sapi di dalam metromini sebagaimana pedagang kaki lima jual jajanan, pasti nggak ada yang mau beli. Cuman, kalau kamu menjual kotoran sapi sebagai pupuk tanaman, orang pasti ada yang mau beli. Kenapa? Jawabannya karena kotoran sapi pasarnya nggak sama seperti pasarnya dagangan kaki lima. Jadi lain kali, cari tempat yang pas dalam memasarkan usaha kamu

Disiplin

usaha kecil

Terakhir, dan paling penting, adalah disiplin. Ketika kamu sudah membuat sesuatu yang unik, serta melakukan pemasaran dengan pas, langkah terakhir adalah melakukan eksperimen secara berulang. Kalau cara pertama nggak berhasil, coba cara lain. Kalau cara selanjutnya masih nggak sukses, kamu harus mau menjalani yang lain. Semua itu akan susah dilakukan kalau kamu nggak punya satu hal, yakni disiplin. Pernah dengar istilah 10.000 Hours Rule? 10.000 Hours Rule adalah kunci dalam sukses pada berbagai macam bidang. Simpelnya adalah melakukan sesuatu secara berulang hingga mencapai jumlah waktu 10.000 jam. Kalau mau jadi ahli di wirausaha, sering-sering luangkan waktu kamu dalam menjalani usaha ya!

Ilmu dari tulisan ini mungkin masih sedikit, apalagi jika dikaitkan dengan wirausaha. Kalau kamu ingin mencari ilmu, khususnya seputar bikin usaha kecil, gabung aja di Warung Pintar. Selain dapat usaha modal kecil, kamu mampu berkembang menjadi pribadi lebih berwawasan lho!