Pemilik Warung Perlu Tahu: Tips Pintar Jualan di Masa Pandemi Corona

Pandemi Covid-19 membawa dampak besar ke banyak hal di hidup, termasuk kebiasaan sehari-hari, seperti belanja atau ngopi di warung. Jadi, bila juragan merasa belakangan ini warung sepi pembeli, itu sangat wajar. Tapi, bukan lalu juragan hanya bisa pasrah sama keadaan. Masih ada yang bisa diusahakan. Coba lakukan tips pintar dan kreatif untuk berjualan di masa pandemi Covid-19 dari Warung Pintar khusus buat #PejuangWarung supaya tetap bisa tetap dapat pemasukan, juga supa semua bisa #TumbuhBarengWarung. 

 

 

  • Promosi Digital

 

Selama masa kerja dari rumah atau isolasi diri di rumah, kebanyakan pembeli bakal sering menatap layar ponsel masing-masing. Ini artinya juragan harus bikin promosi digital. 

 

Bentuk promosi digital bisa berupa foto ditambah pesan singkat ke grup WhatsApp, bisa informasi lewat chat jalur pribadi ke pembeli, bisa pasang iklan di Instagram, bisa juga woro-woro promosi di Facebook. Apapun yang bisa juragan pakai untuk berkomunikasi, deh! Poster dan cara menggunakannya bisa cek di Komunitas Pintar.

 

 

  • Kerja Sama dengan Masyarakat

 

Coba buka jalur komunikasi untuk bekerja sama dengan masyarakat setempat, lewat perwakilannya juga bisa, seperti RT, RW, dan sebagainya. Komunikasikan niatan juragan untuk menjadi penyuplai barang terdekat, misal buat kebutuhan-kebutuhan warga sekitar atau lembaga resmi. Pastikan juragan memberikan harga wajar, ya. Enggak mau, kan, dicap negatif oleh calon pembeli karena dikira aji mumpung?

 

 

  • Layanan Antar

 

Pembeli enggan keluar rumah? Bagaimana kalau juragan yang datangi pembeli? Caranya, bikin layanan antar ke pembeli. Karena enggak ada pembeli yang nongkrong di warung, juragan bisa tutup sebentar untuk antar barang. Bisa juga tempelkan pengumuman di depan warung yang ditutup, bahwa juragan sedang keluar untuk mengirim barang sebentar, cantumkan juga nomor kontak kalau ada yang butuh barang. 

 

 

  • Pesan dan Ambil 

 

Enggak ada kendaraan atau kesulitan untuk antar barang? Juragan ada opsi lain, kok, yaitu bikin layanan siap ambil alias drive-thru. Jadi pelanggan memesan barang lewat chat ke juragan, lalu juragan siapkan pesanannya dalam kantong, lalu nanti pelanggan tinggal ambil lalu langsung pulang. Jadi, pembeli enggak harus banyak interaksi atau berlama-lama di warung, dan bisa langsung pulang.

 

 

  • Jaga Kesehatan 

 

Berikan nilai tambah saat berbelanja di warung dengan memberi layanan tambahan untuk keamanan. Misalnya, juragan pakai masker dan sarung tangan mengemas barang. Gunanya, agar saat transaksi pertukaran barang dan uang, konsumen dan juragan sama-sama terlindung dari kuman, virus, dan kotoran. Rajin-rajin juga menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin di wilayah warung, terutama yang sering disentuh pembeli, seperti meja dan pintu. 

 

 

  • Pembayaran Non-tunai

 

Uang fisik barangkali sudah berpindah tangan dari ribuan atau jutaan orang sebelum akhirnya ada di tangan juragan. Di setiap lembar atau koin uang pasti ada kuman, bakteri, virus yang jumlahnya entah berapa banyak. Kurangi kemungkinan tertular penyakit lewat uang fisik dan gunakan pembayaran non-tunai. Kalau pembeli tak punya itu semua dan meminta untuk berutang dulu, jangan lupa dicatat, ya! 

 

 

  • Stok

 

Setelah promosi, langkah berikutnya adalah siapkan stok! Bila melihat ada kecenderungan pembeli menimbun barang tertentu, juragan bisa terapkan aturan. Misalnya, buat aturan pembatasan jumlah pembelian barang hand sanitizer maksimal hanya 1 botol per pembeli, supaya pembeli lain yang butuh juga bisa kebagian.

 

 

  • Cek Ombak

 

Buat juragan yang beroperasi di wilayah perkantoran, coba cek apakah kebijakan kantor itu menerapkan aturan work from home secara keseluruhan atau hanya sebagian pegawai? Bila sebagian pekerja kantor masih ke kantor, coba promosikan bahwa warung juragan masih buka. Kalau tak ada kontak atau akses ke karyawan, coba lewat satpam atau office boy kantor yang bersangkutan.

 

Juragan punya tips lain yang bisa dibagikan kepada sesama #PejuangWarung untuk bisa bertahan selama menghadapi masa wabah Covid-19 ini? Mari bagikan di kolom komentar, ya, supaya semua bisa #TumbuhBarengWarung. Atau mungkin juragan penasaran apa lagi tips pintar yang bisa dipelajari selama menghadapi masa ini? Gabung yuk, di Komunitas Pintar!

 

Informasi lengkap dan cara mendaftar jadi bagian Komunitas Pintar dari Warung Pintar bisa juragan dapatkan lewat Aplikasi Warung Pintar. Yuk, daftar supaya bisa dapat ilmu ngewarung lebih banyak, masuk ke Komunitas Pintar dan menambah pertemanan dengan sesama #PejuangWarung supaya makin semangat dan pintar kelola warung!

 

***