wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Artikel/Kupas Tuntas Cara Investasi Membuat Warung Yuk!/

Kupas Tuntas Cara Investasi Membuat Warung Yuk!

Oleh Rico Hidayat/24 May 2022/
Share:
cara investasi membuat warung

Untuk anda yang ingin memulai usaha atau ingin memulai usaha sendiri, mungkin bisnis ini bisa anda coba yaitu membuka warung. Terkadang bisnis ini sering disepelekan, tapi keuntungan yang didapat dari bisnis ini sangat besar. Selain modal yang kecil dan keuntungan yang besar, usaha warung juga tidak sulit untuk dilakukan. 

Jangan khawatir apakah pelanggan akan datang setiap hari, karena usaha warung  apapun jenisnya pasti akan terus ramai oleh pelanggan. Akan lebih baik jika anda mengikuti beberapa strategi dibawah ini jika anda ingin berinvestasi bisnis warung. Simak selengkapnya ya!

  1. Lokasi berjualan bagus

Lokasi menjadi penentu utama apakah usaha warung anda akan memiliki banyak pelanggan atau tidaknya. Lokasi yang tepat ialah lokasi yang sering dilihat oleh banyak orang. Maka dari itu penting untuk anda rencanakan lokasi dengan target pelanggan yang anda targetkan. Misalnya anda bisa memilih lokasi dekat perumahan, di pinggir jalan yang cukup ramai, atau di dekat tempat umum seperti kampus, sekolah, atau rumah makan. Hindari membuka warung dekat dengan supermarket atau minimarket karena daya saing yang cukup tinggi.

  1. Modal Usaha Cukup 

Selanjutnya adalah tentukan modal yang anda punya dengan kebutuhan warung yang anda akan beli. Belilah barang- barang yang kira- kira memang dibutuhkan dan sering dicari oleh masyarakat. Maka dari itu memiliki rincian sangat amat penting. Simak contoh rincian modal dan kebutuhan warung dibawah ini ya!

  1. Melakukan riset pasar

Riset pasar merupakan hal yang harus anda lakukan karena dengan riset anda bisa melihat perkembangan warung anda kedepannya. Beberapa hal yang harus anda riset sebelum melakukan bisnis warung ini adalah kompetitor yang memiliki usaha sama dengan anda, target pasar, lokasi yang sering didatangi oleh pelanggan potensial anda, supplier yang terpercaya dengan kualitas barang yang tidak mengecewakan, dan yang terpenting adalah riset mengenai harga jual barang yang anda akan jual.

  1. Memilih Supplier Sembako

Investasi untuk usaha warung selanjutnya adalah mencari supplier dengan kualitas barang yang baik dan harga yang terjangkau. Kelengkapan barang yang disediakan supplier juga harus anda perhatikan sehingga anda tidak harus repot mencari banyak supplier. Pastikan anda memiliki supplier yang membantu untuk layanan pengantaran barang- barang yang anda pesan.

  1. Variasi Produk yang Banyak

Kebutuhan setiap pelanggan anda pastinya akan selalu berganti dan bertambah. Sehingga penting bagi anda sebagai pemilik usaha untuk menyediakan banyak varian barang. Selain pelanggan dimudahkan dalam mencari barang yang mereka inginkan, ini juga membawa dampak positif untuk warung anda karena dianggap menjual barang yang lengkap.

  1. Desain Warung Menarik

Tidak hanya barang yang disediakan banyak, desain dari warung anda juga menjadi penentu minat beli calon pelanggan anda. Jika warung anda tertata dengan rapi, dan bersih, pelanggan juga akan merasa nyaman saat berbelanja di warung anda. Jadi jangan lupa perhatikan penempatan barang dan desain untuk warung anda juga ya!

  1. Survey Harga Jual

Memaksimalkan keuntungan warung anda dengan survei harga jual. Hal ini penting untuk melihat keuntungan yang anda dapatkan dengan modal yang anda keluarkan sebelumnya. Karena bisnis warung ini sudah banyak dilakukan, harga jual barang- barang juga bersaing. Sehingga pastikan anda survei ke beberapa warung misalnya ke 3 atau 4 warung untuk membandingkan harga setiap warung.

  1. Jangan Remehkan Kualitas Barang

Jangan hanya tergiur dengan harganya yang murah, pastikan kualitas barang yang akan anda jual baik. Selain melakukan riset terhadap supplier, jangan malu bertanya kepada orang- orang yang memiliki usaha yang sama dengan anda untuk mendapatkan insight mengenai kualitas barang yang baik. Jika anda hanya memilih barang dengan harga yang murah namun kualitas yang tidak baik, pelanggan anda akan beralih dan memilih warung yang memiliki kualitas lebih baik walaupun harganya lebih tinggi sedikit. 

  1. Strategi Penjualan

Investasi warung selanjutnya yang harus anda lakukan adalah strategi penjualan. Penjualan tidak hanya anda lakukan secara offline. Manfaatkan teknologi yang sedang maju sekarang. Coba untuk mempromosikan warung anda melalui media sosial. Jika anda sedang mengadakan promo spesial seperti diskon atau potongan harga, pastikan anda mengunggahnya di media sosial anda. Selain untuk mempromosikan penjualan anda, dengan adanya media sosial anda juga dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan anda, hal ini juga mempengaruhi performa dan perkembangan warung anda kedepannya.

  1. Daftar Mitra Warung Untuk Meningkatkan performa warung

Dengan mendaftarkan usaha anda sebagai mitra warung sangat memudahkan rantai bisnis warung anda dalam segala hal. Anda tidak perlu pusing memikirkan supplier untuk stok barang, performa warung anda atau memikirkan keuangan warung anda. Mungkin anda bertanya, memang ada platform untuk mitra warung yang hampir menopang semua rantai bisnis warung anda? Warung Pintar salah satunya. Dengan satu aplikasi anda bisa memonitoring semua rantai bisnis warung anda. Jangan khawatir dengan kualitas keakuratannya. Tunggu apalagi daftarkan usaha anda dengan Warung Pintar. Dijamin investasi untuk warung anda tidak akan rugi. Sudah tidak ragu lagi kan untuk memulai usaha warung, tunggu apalagi jangan lupa terapkan strategi diatas ya! Selamat mencoba! Jangan lupa baca artikel inspiratif bisnis lainnya di blog Warung Pintar! (CE)

Share:

Konten Terkait

Konten Populer

warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner