wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Gaya Hidup/Bisnis/Artikel/Kata-kata Motivasi Bisnis dan 4 Cara Meningkatkan Motivasi Baru dalam Berbisnis/

Kata-kata Motivasi Bisnis dan 4 Cara Meningkatkan Motivasi Baru dalam Berbisnis

Oleh Juanny/01 December 2021/
Share:

Berbisnis merupakan pilihan pekerjaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Memiliki cabang bisnis yang tersebar di berbagai kota dengan keuntungan yang banyak adalah impian yang ditawarkan bisnis kepada kita. Tapi, tahukah kamu menjadi seorang pebisnis tidaklah mudah?

Kesulitan yang banyak dijumpai oleh pebisnis adalah motivasi. Motivasi adalah mesin penggerak utama kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Terutama dalam menjalankan bisnis. Keharusan untuk selalu merasa bersemangat dalam berbisnis memang penuh tantangan, namun kamu bisa menemukannya dengan berbagai cara, lho. 

wpg-banner

Artikel ini akan menyediakan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi bisnis. Selain itu, terdapat kata-kata motivasi bisnis yang bisa memberi inspirasi dalam berbisnis. Yuk, kita simak bersama hingga akhir!

Pentingnya Motivasi Bisnis

Sama seperti kehidupan sehari-hari yang dipenuhi ups and downs, bisnis juga seringkali mengalami kegagalan dan keberhasilan. Untuk menghadapinya, kamu perlu bahan bakar pengisi stamina. Salah satu yang bisa membangunnya kembali yaitu motivasi bisnis.

Motivasi bisnis bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Ada yang beristirahat di rumah tanpa melakukan hal apa pun atau justru kebalikannya, melakukan hal di luar rumah. Keduanya nggak ada yang salah, kok. Selama itu bisa memberikan suntikan semangat baru. 

Untuk lebih memahaminya, kamu bisa menelaah kutipan Steve Jobs di bawah ini:

Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do.” – Steve Jobs

Steve Jobs menekankan kata “love” yang menjadi penggerak untuk melakukan pekerjaan atau sesuatu dengan baik. Tahukah kamu bagaimana “love” kepada pekerjaan itu timbul pada diri kita setiap hari? Dengan motivasi. Oleh karena itu, motivasi bisnis sangat penting untuk kita hidupkan sehari-hari. 

Lalu, bagaimana cara menghidupkan motivasi bisnis sehari-hari? Apakah bisa meningkatkan motivasi bisnis di tengah kesibukan yang padat?

Cara Meningkatkan Motivasi Bisnis

Tenang, aja. Motivasi bisnis bisa kamu dapatkan di tengah kesibukanmu. Asal kamu melakukan 4 cara di bawah ini. Simak satu per satu, ya!

1. Miliki Waktu Sendiri di Luar pekerjaan

Gampang banget nggak, sih, kita merasa bosan, capek, burn out sama transaksi penjualan sehari-hari? Belum lagi menghadapi pelanggan yang jumlahnya terus bertambah setiap hari. Cara yang cukup efektif untuk bisa keluar dari situasi ini yaitu mundur sedikit dari hal-hal tersebut dan milikilah free time!

Memiliki waktu untuk diri sendiri sama pentingnya dengan  memberikan waktumu untuk orang lain. Hal ini penting agar kamu bisa menghargai dirimu sendiri dan  apa yang telah kamu kerjakan. Kamu bisa melakukan hobi, traveling, atau apa pun yang menjauhkan kamu dari kejenuhan aktivitas bisnis.

Meluangkan waktu nggak hanya saat liburan saja, ya. Coba buat jadwal rutin ini setiap minggu. Tahu sendiri, kan, dalam berbisnis nggak ada jam kerja pasti seperti para pekerja kantoran? Dari 24×7 jam waktu yang kamu habiskan untuk berbisnis, luangkanlah minimal satu sampai dua hari.  

Bagi sebagian pebisnis, terkadang hal ini masih diremehkan karena bisa membuang waktu. Padahal memiliki waktu untuk diri kita sendiri manfaatnya luar biasa, lho. Kegiatan ini bisa memberikan tubuh dan otak waktu untuk rileks yang nantinya akan mengisi “baterai” motivasi kembali. 

2. Coba Datang dan Amati Cara Kerja Pesaing

Setiap akhir tahun, akan ada banyak penghargaan-penghargaan yang diberikan untuk bisnis terbaik, bisnis yang paling terkenal, atau bisnis yang memiliki omset penjualan terbanyak. Ada peringkat satu, dua, dan seterusnya. Sadarkah kamu tidak akan ada nomor satu, dua, dan seterusnya jika tidak ada persaingan? Tahukah kamu sebuah permainan tidak akan ada pemenangnya ketika tidak ada banyak orang yang terlibat di dalamnya? Itulah pentingnya persaingan. 

Bagi sebagian besar pebisnis, pesaing adalah guru terbaik mereka. Secara tidak langsung, pesaing akan memberitahu apa yang kurang dari bisnismu. Pesaing ada bahkan karena ingin melengkapi kelemahan bisnis yang kamu miliki. Apa yang mereka perbuat untuk menciptakannya? Dengan mengamati bisnis lain dan juga bisnismu. 

Kamu bisa melakukan hal ini tidak hanya untuk membuat bisnis baru tapi juga untuk berinovasi untuk produk yang akan dibuat. Menciptakan inovasi merupakan salah satu motivasi bisnis sekaligus sebagai faktor utama pendukung keberhasilan usaha. Kamu bahkan bisa berkenalan dan bertukar cerita dengan pesaingmu, lho. Dari sini, kamu bisa saling bertukar pengalaman dan tidak menghapus kemungkinan kamu bisa memetik ide dan motivasi baru untuk bisnis. 

3. Temui Partner Bisnis 

Dalam sebuah wawancara, salah satu pengusaha terkenal Indonesia, Helmy Yahya, pernah mengatakan bahwa menemukan partner bisnis yang tepat dengan visi yang sama adalah kunci kesuksesan seorang pebisnis. Partner bisnis yang tepat bisa memicu motivasi untuk sama-sama membawa sebuah bisnis makin berkembang. 

wpg-banner

Adanya partner bisnis melengkapimu ketika sedang hilang arah dan mengalami kejenuhan. Kamu juga bisa saling menyemangati ketika bisnis sedang berada di fase terbawah. Namun, jika kamu memang lebih nyaman berbisnis seorang diri, partner bisnis juga bisa diartikan teman sesama pebisnis yang bisa dijadikan teman diskusi sekaligus mentor. Ide-ide dan perspektif baru dengan rekan sesama bisnis merupakan salah satu cara ampuh meningkatkan motivasi bisnis. 

4. Miliki Tujuan Usaha Yang Lebih Dari Sekedar Mendapat Keuntungan Saja

Percayalah bahwa bisnis yang akan bertahan lama adalah sesuatu yang tidak hanya mengejar keuntungan tetapi juga memberikan dampak luas bagi masyarakat. Bukan juga sekedar memberi pekerjaan dan gaji kepada karyawan, tetapi bagaimana sebuah bisnis bisa memberikan kesejahteraan hidup bagi lingkungan sekitar. 

Visi atau tujuan bisnis yang bisa memberi perubahan pada lingkungan sekitar akan menjadi pendorong utama semangatmu untuk bermanfaat bagi orang lain. Contohnya, ketika kamu memiliki bisnis kain batik, cobalah untuk merekrut karyawan dari tetangga atau orang-orang yang tinggal di daerahmu. Nggak hanya itu, kamu juga memiliki visi untuk melestarikan kain batik itu sendiri. Bisa dengan memberikan pelatihan cara membuat kain batik, memberi beasiswa untuk anak-anak yang ingin belajar tentang batik, memberikan donasi pakaian-pakaian batik kepada orang yang tidak mampu dan menyebarkan awareness kepada lingkungan yang lebih luas tentang batik. 

Tujuan-tujuan tersebut tanpa kamu sadari bisa meningkatkan motivasi bisnis. Ada misi besar yang kamu bawa dari bisnismu, sehingga kamu tidak akan jenuh dan berkutat dengan mencari laba saja tetapi ada semangat lain agar tujuan tersebut tercapai. 

Kata-kata Motivasi Bisnis

Setelah mengetahui cara-cara meningkatkan motivasi bisnis, kamu perlu booster motivasi lagi, nih, dengan membaca beberapa kata-kata motivasi bisnis yang bisa mengembalikan semangat kamu untuk berbisnis. Simak satu persatu, ya!

Kata-kata motivasi bisnis:

  • “Kamu adalah satu-satunya yang bisa menguasai nasibmu sendiri. Kamu bisa mempengaruhi, mengarahkan dan mengendalikan lingkungan di sekitarmu. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan hidup yang kamu inginkan.” – Napoleon Hill
  • “Jangan terlalu khawatir jika kamu belum sukses, kuncinya adalah bekerjalah semaksimal mungkin, buat dampak signifikan dan kesuksesan akan mengikutinya.” – Oprah Winfrey
  • “Hal yang saya sesali bukan kegagalan, tetapi tidak mencoba” – Jeff Bezos
  • “Bisnis kecil adalah cara yang hebat untuk memberikan dampak luar biasa pada lingkungan sekitarmu.” – Nicole Snow
  • “Kamu tidak akan kalah dalam berbisnis, meskipun kamu merasa berada di puncak kesuksesan atau tidak.” – Melinda Emerson
  • “Bisnis tidak hanya tentang transaksi aja. Namun tentang bagaimana cara membuat produk yang hebat, menciptakan inovasi dan mengutamakan pelayanan terbaik pada pelanggan.” – Henry Ross Perot
  • “Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis? Tiga hal sederhana; kenali produkmu lebih baik dari siapapun, kenali pelangganmu sebaik mungkin dan miliki hasrat yang kuat untuk sukses.” – Dave Thomas
  • “Sukses berkaitan dengan tindakan. Orang-orang sukses terus bergerak. Sekalipun membuat kesalahan, mereka tidak berhenti.” – Conrad Hilton
  • “Bisnis itu sederhana. Tentang untung dan rugi. Hitung angka penjualan, kurangi biaya lainnya, maka kamu akan mendapat keuntungan.” – Bill Gates
  • “Kerja keras dan kerja cerdas bisa membuatmu berhasil, namun giving atau sedekah bisa memudahkannya.” – Chairul Tanjung
  • “Panutan saya dalam berbisnis adalah The Beatles. Setiap personilnya memiliki karakter kuat dan hebat. Tapi mereka akan lebih hebat jika bersama. Itulah cara saya memandang bisnis, bisnis yang hebat bukan dilakukan oleh satu orang, melainkan oleh tim.” – Steve Jobs 
  • “Pedagang yang melayani pelanggan sebaik-baiknya tidak akan takut menghadapi persaingan.” – James Cash Penney

Memiliki tempo bisnis yang konsisten tidaklah mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa kamu lakukan. Setelah mengetahui cara-cara meningkatkan motivasi bisnis di atas, semoga kamu bisa melakukannya satu persatu dan memberikan hasil yang maksimal. Ingatlah, mental is your eternals asset. So don’t ever think twice to pamper it with good deeds

Daftar isi:

Pentingnya Motivasi Bisnis

Cara Meningkatkan Motivasi Bisnis

  1. Miliki Waktu Sendiri di Luar Pekerjaan
  2. Coba Datang dan Amati Pesaing
  3. Temui Partner Bisnis
  4. Miliki Tujuan Usaha Yang Lebih Dari Sekedar Mendapat Keuntungan Saja

Kata-kata Motivasi Bisnis

Drop down FAQ:

Apa pentingnya motivasi bisnis?

Motivasi bisnis bisa mendorong pebisnis untuk lebih mencintai apa yang sedang dikerjakan. Dengan mencintai apa yang dikerjakan, maka hasilnya akan membuat diri kita puas dan bermanfaat bagi orang lain. Motivasi bisnis juga penting untuk meningkatkan kegigihan dan semangat pantang menyerah dalam berbisnis. 

Bagaimana cara meningkatkan motivasi bisnis?

  1. Miliki Waktu Sendiri di Luar Pekerjaan
  2. Coba Datang dan Amati Pesaing
  3. Temui Partner Bisnis
  4. Miliki Tujuan Usaha Yang Lebih Dari Sekedar Mendapat Keuntungan Saja

Apa saja kata-kata motivasi bisnis?

  • “Kamu adalah satu-satunya yang bisa menguasai nasibmu sendiri. Kamu bisa mempengaruhi, mengarahkan dan mengendalikan lingkungan di sekitarmu. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan hidup yang kamu inginkan.” – Napoleon Hill
  • “Jangan terlalu khawatir jika kamu belum sukses, kuncinya adalah bekerjalah semaksimal mungkin, buat dampak signifikan dan kesuksesan akan mengikutinya.” – Oprah Winfrey
  • “Hal yang saya sesali bukan kegagalan, tetapi tidak mencoba” – Jeff Bezos
  • “Bisnis kecil adalah cara yang hebat untuk memberikan dampak luar biasa pada lingkungan sekitarmu.” – Nicole Snow
  • “Kamu tidak akan kalah dalam berbisnis, meskipun kamu merasa berada di puncak kesuksesan atau tidak.” – Melinda Emerson
  • “Bisnis tidak hanya tentang transaksi aja. Namun tentang bagaimana cara membuat produk yang hebat, menciptakan inovasi dan mengutamakan pelayanan terbaik pada pelanggan.” – Henry Ross Perot
  • “Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis? Tiga hal sederhana; kenali produkmu lebih baik dari siapa pun, kenali pelangganmu sebaik mungkin dan miliki hasrat yang kuat untuk sukses.” – Dave Thomas
  • “Sukses berkaitan dengan tindakan. Orang-orang sukses terus bergerak. Sekalipun membuat kesalahan, mereka tidak berhenti.” – Conrad Hilton
  • “Bisnis itu sederhana. Tentang untung dan rugi. Hitung angka penjualan, kurangi biaya lainnya, maka kamu akan mendapat keuntungan.” – Bill Gates
  • “Kerja keras dan kerja cerdas bisa membuatmu berhasil, namun giving atau sedekah bisa memudahkannya.” – Chairul Tanjung
  • “Panutan saya dalam berbisnis adalah The Beatles. Setiap personilnya memiliki karakter kuat dan hebat. Tapi mereka akan lebih hebat jika bersama. Itulah cara saya memandang bisnis, bisnis yang hebat bukan dilakukan oleh satu orang, melainkan oleh tim.” – Steve Jobs 
  • “Pedagang yang melayani pelanggan sebaik-baiknya tidak akan takut menghadapi persaingan.” – James Cash Penney

Profil penulis:

Dyah Ayu Agustina merupakan seorang penulis aktif yang menjadi kontributor untuk beberapa media nasional, seperti Geotimes, Menjadi Manusia, Konde.co, dan Marketing Plus. Tertarik pada isu sosial, perempuan, ekonomi, dan internasional. 

wpg-banner
Share:

Konten Terkait

perencanaan pemasaran

Konten Populer

perencanaan pemasaran
Menemukan Cara Sukses di Setiap Pilihan Hidup Sejak Usia Muda
warung-pintar-group-logo
  • Warung Pintar HQ 2
  • Jl. Lauser No. 28, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12120