Jajan Pintar: Solusi Belanja Pintar untuk Pelanggan dan Juragan

Selagi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kebanyakan masyarakat jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Bagi sebagian pemilik warung, aturan ini bisa jadi mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan yang belanja langsung di tempat. Tapi, tenang, Warung Pintar punya solusi belanja pintar untuk membantu Juragan menghadapi situasi ini. Kenalkan program terbaru untuk Juragan yang sudah terdaftar di Warung Pintar, namanya: Jajan Pintar. 

 

Apa itu Jajan Pintar?

Merupakan program layanan pemesanan belanjaan dari warung ke rumah pelanggan melalui whatsapp. Program ini dirancang untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhan hariannya sekaligus membantu Juragan terhubung dengan pelanggan. Dengan begini, harapannya transaksi terus berjalan, dan pada ujungnya membantu menopang ekonomi Indonesia. 

 

Bagaimana Mekanisme Jajan Pintar?

Warung Pintar akan membuka pusat kontak (contact center) bagi pelanggan yang membutuhkan nomor kontak juragan Warung Pintar terdekat. Kemudian, pemesanan dan transaksi pembelian akan dilakukan secara langsung antara pembeli dan juragan melalui whatsapp. 

 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan menghubungi nomor pusat WhatsApp Jajan Pintar di nomor 0812 8983 4112 di waktu kerja Senin-Jumat (08.00-15.00 WIB) dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap. 
  • Admin Jajan Pintar akan memeriksa data juragan Warung Pintar terdekat dari lokasi pelanggan. 
  • Admin memberikan nama dan nomor kontak juragan Warung Pintar yang terdekat dari lokasi pelanggan. 
  • Pelanggan menghubungi Juragan, bisa melalui telepon, chat, ataupun video call. 
  • Pelanggan dan Juragan berkomunikasi tentang pemesanan serta transaksi. 
  • Juragan menyiapkan barang pesanan pembeli. 
  • Pengantaran/pengambilan barang pesanan dan skema pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan antara pembeli dan juragan.
  • Selesai. 

 

Sebagian juragan mungkin belum terbiasa dengan sistem belanja baru ini. Tapi, tenang, Warung Pintar akan dengan senang hati membantu menginformasikan cara menerima pesanan, berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan, dan mengemas belanjaan. Jadi, Juragan bisa dengan mudah beradaptasi dengan situasi ini. 

 

Warung Pintar akan membantu mempromosikan program dan solusi belanja pintar ini kepada masyarakat seluas-luasnya. Harapannya, dengan berbelanja #Dirumahaja, pembeli mendapatkan kebutuhan hariannya sekaligus membantu #GerakanWarungSekitar, dan penjualan Juragan pun bisa terus lancar. 

 

Siapa yang Bisa Ikut Program Jajan Pintar?

Juragan yang sudah mendaftar di Warung Pintar dalam area: Surabaya, Sidoarjo, DKI Jakarta, dan Tangerang Selatan. 

 

Bila belum terdaftar dan punya usaha (warung, toko, etalase, gerobak) dengan lokasi permanen, Juragan bisa mendaftarkan diri untuk bergabung dalam Warung Pintar lewat aplikasi yang bisa diunduh di sini atau lewat situs di sini.

 

Di situasi baru ini, mari bergandengan tangan supaya bisa terus #BertumbuhBarengWarung dengan #GerakanWarungSekitar. Semoga Jajan Pintar bisa menjadi solusi pintar bagi pembeli dan Juragan untuk bisa beradaptasi dengan situasi baru ini bersama-sama tanpa menghilangkan rasa hangat dan kekeluargaan dari warung. Semangat berusaha, ya, Juragan!

***