wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Info Umum/Artikel/Daftar 20 Jajanan Pasar yang Murah dan Enak/

Daftar 20 Jajanan Pasar yang Murah dan Enak

Oleh Rico Hidayat/14 February 2022/
Share:

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia dikenal sebagai surga makanan. Hampir di setiap daerah, terdapat jajanan yang memiliki cita rasa unik dan khas.

Jajanan khas itu umumnya tidak hanya berada di satu tempat, tapi sudah tersebar ke berbagai daerah lainnya, bahkan sampai ke pasar-pasar. 

Jajanan pasar umumnya selain dikenal enak dan beragam, harganya juga cenderung pas di kantong.

Oleh karena itu, meski saat ini beragam makanan kekinian timbul bermunculan, jajanan pasar tetap menjadi favorit.

Jajanan pasar bisa menjadi makanan yang pas untuk mengisi perut yang lapar atau sekadar ingin bernostalgia. 

Berikut ini adalah 20 jajanan pasar yang murah dan enak yang bisa Anda santap. 

Klepon

Klepon adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan dan diisi dengan gula merah. Klepon dibentuk seperti bola-bola kecil dan ditaburi parutan kelapa di permukaannya. Rasanya yang kenyal dan manis membuat klepon menjadi jajanan pasar terfavorit dari waktu ke waktu. Harga satu porsi klepon, isi 10, biasanya berkisar Rp 5.000 – Rp 7.000. 

Source: Instagram @laila_umi

Kue Cucur

Kue cucur adalah jajanan khas masyarakat Betawi yang sedari dulu sudah menyebar sehingga banyak ditemukan di berbagai daerah. Kue cucur terbuat dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren. Setelah digoreng jadilah kue cucur yang berwarna kecokelatan dengan tekstur berserat.

Aroma gula jawa atau aren yang harum membuat banyak orang tergoda untuk menyantap kue cucur. Satu kue cucur biasanya dijual di harga Rp 1.000 – Rp 2.000. 

Source: Instagram @dapoermamacepa

Molen

Jika dulu molen identik berisi pisang tanduk, raja, candi, dan uli,  kini isi molen sudah begitu beragam. Ada molen isi cokelat, kacang hijau, keju, selai, dan lain sebagainya. Ukuran molen pun saat ini bermacam-macam, ada yang sedang, ada pula yang mini. Maka dari itulah molen menjadi jajanan pasar yang terus dicari. Harga molen sendiri cukup bervariasi, biasanya 1 molen ukuran sedang dijual Rp 1.000 – Rp 2.000. 

Source: Instagram @resepjajananpasar_

Lemper

Jika Anda sedang di pasar dan tiba-tiba merasa lapar, lemper adalah jajanan yang tepat untuk mengganjal perut sementara. Lemper terbuat dari ketan yang diisi abon, cincangan daging ayam, atau sayuran dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Untuk mendapatkan satu lemper, Anda biasanya cukup mengeluarkan Rp 2.000 – Rp 3.000

Source: Instagram @resepmakanandisini

Lopis

Lopis atau lupis adalah jajanan khas yang dikenal berasal dari Jawa. Lopis terbuat dari beras ketan yang dalam penyajiannya ditaburi parutan kelapa dan gula merah. Hingga saat ini, ada dua bentuk lopis yang umum ditemui, yakni segitiga dan bulat memanjang seperti lontong. Lopis disajikan di atas daun pisang ataupun kertas minyak. Harganya pun murah meriah, yaitu cukup Rp 5.000 saja.

Source: Instagram @poedjie_rahayu

Serabi

Serabi adalah jajanan khas yang terbuat dari tepung beras dan kemudian dicampur santan serta perasan daun suji. Serabi umumnya dimasak dalam tungku sehingga aromanya yang sedap dan gurih begitu terasa.

Untuk menambah cita rasa serabi, penjual biasanya juga menambahkan kuah kinca, semacam saus yang terbuat dari santan dan gula merah. Sebuah serabi dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp 2.000- Rp 4.000.

Source: Instagram @101resepjajan

Kue Putu

Mungkin kita sering menemukan penjual kue putu keliling dengan bunyi penandanya yang khas. Kue putu adalah kudapan favorit karena rasanya yang gurih berpadu dengan isian gula merah yang manis. Tekstur kue putu pun lembut sehingga para balita pun kerap kali mengonsumsinya. Harga seporsi (isi lima) kue putu biasanya mulai Rp 3.000 – Rp 5.000.

Source: Instagram @jalanjajan_minho

Lumpia

Lumpia selama ini dikenal sebagai makanan khas Semarang. Lumpia ternyata menyimpan sejarah yang panjang, yakni merupakan hasil perpaduan kuliner masyarakat Tionghoa dan Jawa sejak ratusan tahun lalu. Lumpia kemudian menyebar ke berbagai tempat di Tanah Air sehingga mudah saja ditemukan di luar Semarang. Lumpia sendiri merupakan makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Harga lumpia di pasaran cenderung bervariasi, tergantung isian dan ukurannya. Biasanya lumpia dijual mulai Rp 2.000 hingga Rp 7.500. 

Source: Instagram @lumpiasemarang.jkt

Kue Lumpur

Kue lumpur selama ini dikenal dengan teksturnya yang lumer dan manis di mulut. Oleh karena itu, kue lumpur menjadi jajanan yang cocok untuk mendampingi Anda menyesap teh di pagi hari. Kue lumpur umumnya terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti telur, terigu, susu cair, santan kental, mentega, dan lain sebagainya. Harga kue lumpur cukup terjangkau, yaitu Rp 1.000 hingga Rp Rp 2.000. 

Source: Instagram @trisulistijani.2908

Jentik Manis 

Jentik manis atau yang bisa disebut cantik manis adalah kue khas Betawi yang memiliki rasa manis dan lembut. Jentik manis terbuat dari tepung kacang hijau (hunkwe), pacar delima (mutiara sagu), santan, daun pandan, garam, dan gula pasir. Kue basah ini biasanya dijual mulai Rp 2.000 hingga Rp 3.000.

Source: Instagram @isty_saricakes 

Gethuk

Gethuk adalah makanan khas dari Jawa yang kini mudah ditemukan di mana pun. Bahan utama membuat gethuk adalah ketela pohon atau singkong. Itu artinya, gethuk mengandung karbohidrat sehingga bisa dijadikan alternatif sarapan bagi Anda. Gethuk disajikan di atas daun pisang dan kemudian ditaburi parutan kelapa. Anda cukup mengeluarkan Rp 3.000 – Rp 5.000 untuk mendapatkan seporsi gethuk. 

Source: Instagram @gudangkameramalang

Nagasari

Nagasari atau yang di Jawa lebih dikenal sebaga Nogosari adalah kue basah yang sangat populer dari waktu ke waktu. Nagasari terbuat dari tepung beras dan sagu, santan, serta gula lalu diisi dengan pisang. Pisang isian nagasari biasanya merupakan jenis pisang raja. Setelah itu, nagasari dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Nagasari biasanya dijual dari Rp 1.000 hingga Rp 2.000. 

Source: Instagram @liliana.wijaya68

Combro

Combro merupakan makanan khas dari tanah Sunda. Meski begitu, combro saat ini juga banyak dijumpai di berbagai daerah lainnya. Nama combro sendiri merupakan kependekan dari oncom di jero. Jadi sudah pasti combro diisi dengan tumisan oncom. Sementara luarannya, terbuat dari adonan singkong parut. Setelah digoreng, combro memiliki cita rasa yang gurih di luarnya dan sedikit pedas di dalamnya. Satu combro biasanya dijual mulai Rp 2.000 hingga Rp 3.500. 

Source: Instagram @rachveda

Pukis

Pukis merupakan kue khas Indonesia yang terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, dan lainnya yang kemudian dimasak pada wajan cetakan khusus. Pukis biasanya juga ditambahkan topping berupa meses atau keju. Rasa pukis yang lembut dan manis membuatnya digemari oleh semua kalangan. Seporsi pukis (isi 5) umumnya dijual dari mulai Rp 5.000.

Source: Instagram @resepjajananpasar_

Putu Mayang

Putu mayang merupakan jajanan tradisional Betawi yang berbentuk seperti mi dan dicampur dengan santan serta kuah kinca. Putu mayang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras sehingga menghadirkan rasa yang kenyal. Harga seporsi putu mayang biasanya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. 

Source: Instagram @lv_cake_cookies

Wajik

Wajik merupakan jajanan khas yang biasanya tersaji di acara besar, seperti pernikahan di beberapa daerah di Jawa. Meski begitu, wajik juga banyak ditemukan di luar Jawa, tapi dengan sebutan yang berbeda-beda, misalnya di Sumatra dikenal dengan nama pulut manis. Sepotong wajik biasanya dijual mulai Rp 2.000. Sementara jika Anda ingin membeli satu loyang wajik, biasanya akan dijual di kisaran Rp 50.000.

Source: Instagram @mommymayabento

Kue Pancong

Kue pancong adalah jajanan khas Betawi yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan kelapa parut serta sedikit tepung tapioka. Sekilas membuat kue pancong mirip dengan pukis. Namun, dari rasanya, kue pancong cenderung gurih dan sedikit asin. Kue pancong biasanya juga disajikan dengan taburan gula. Untuk seporsi kue pancong, biasanya dijual dari Rp 5.000. 

Source: Instagram @moeldjanee

Risoles

Risoles atau risol adalah jajanan pasar yang seringkali dijadikan alternatif sarapan. Risoles memiliki isian yang beragam, dari mulai daging cincang, sayuran dan telur, hingga mayones. Isian tersebut kemudian dibalut dengan kulit yang ditaburi tepung panir sehingga menghadirkan cita rasa gurih. Satu risoles biasanya dijual mulai Rp 2.000 hingga Rp 5.000. 

Source: Instagram @aristamontana

Bolu Kukus Mekar

Bolu kukus mekar adalah jajanan yang mudah ditemukan di mana pun. Bolu kukus mekar terbuat dari tepung terigu, telur, gula, susu cair, dan lainnya. Bolu kukus mekar umumnya memiliki dua warna sehingga lebih menggugah selera. Satu bolu kukus mekar dijual mulai Rp 1.000 hingga Rp 3.000. 

Source: Instagram @anshy_andihamsiah

Lapis Basah

Kue lapis sesuai namanya, umumnya memiliki dua warna yang berlapis-lapis. Pewarna kue lapis berasal dari pewarna buatan atau alami, seperti pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah). Sementara, bahan dasar pembuatan kue lapis antara lain: tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir serta garam. Perpaduan bahan tersebut menghasilkan kue lapis yang manis, gurih, dan kenyal. Sepotong kue lapis umumnya dijual Rp 1.000 – Rp 2.500.

Source: Instagram @athink.bongso

Itu dia 20 jajanan pasar yang mudah Anda temui saat ini. Beberapa jajanan pasar juga bisa Anda temukan warung atau toko kelontong terdekat, misalnya aneka gorengan seperti pisang goreng, tahu isi, dan bakwan.

Banyak warung sekarang menerima penitipan jajanan pasar dari pihak lain atau memang memasaknya sendiri. Dengan demikian, Anda tidak perlu jauh-jauh ke pasar untuk mendapatkan beberapa jajanan pasar karena cukup berjalan ke warung terdekat, misalnya ke Warung Pintar.

Warung Pintar saat ini telah hadir di 200 lebih kabupaten atau kota dengan jumlah mitra warung terdaftar sebanyak 500 ribu lebih. Berbelanja jajanan pasar atau bahan baku pembuatannya di Warung Pintar akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Sebab di Warung Pintar Anda akan memperoleh barang yang terjamin kualitasnya dan terjangkau harganya. 

Share:

Konten Terkait

usaha titip makanan di warung
produk paling laris

Konten Populer

usaha titip makanan di warung
produk paling laris
Tantangan Nonteknis saat Memulai Bisnis Warung Kopi
warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • address

    Gedung I Lantai 3, Jalan M.I. Ridwan No. 5 Jakarta Pusat 10110

  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner