Cari Cuan dengan Cari Perhatian

Apa yang terlintas di pikiran juragan ketika mendengar Aqua, Bimoli, atau Gramedia? 

 

Bila juragan langsung teringat air mineral, minyak goreng, dan toko buku, itu adalah bagian dari keberhasilan merek-merek tersebut membuat masyarakat mengingat merek mereka, baik yang sudah jadi pelanggannya maupun belum. Mungkinkah warung milik juragan menciptakan branding seperti merek-merek tadi? Mungkin banget! Yuk, belajar bareng cara cari cuan dengan cari perhatian. Bersama-sama, kita #TumbuhBarengWarung

 

Sebenarnya, pentingkah warung dikenal dan diingat pelanggan dan calon pelanggan? Jawabnya, sangat penting. Sebab, kalau warung yang menjual barang serupa ada beberapa di daerah itu, dan salah satunya punya keunggulan atau ciri tertentu, maka pelanggan cenderung memperhatikan yang itu. Konon, dari mata turun ke hati, jadi, siapa tahu, dari penampilan menarik, calon pelanggan tertarik, penasaran datang, lalu jatuh hati ke warung juragan. 

 

Nah, langkah pertama buat juragan yang mau mengusahakan warungnya lebih dikenal adalah mulai menentukan identitas warung. Bukan identitas kayak KTP, ya. Maksudnya, hal-hal yang bikin warung juragan punya faktor pembeda dari warung-warung lainnya. Apa saja yang bisa dijadikan pembeda? Simak di bawah ini, ya!

 

Pilih Kelebihan Warung 

Bukan cuma pemilik usaha, pembeli juga ingin dapat cuan, ya, kan? Juragan perlu pikirkan cara memberikan suatu nilai tambah kepada pembeli. Misalnya, harga di warung juragan sedikit di bawah rata-rata warung sekitar, atau warungnya buka 24 jam, warungnya nyaman untuk pembeli duduk-duduk, atau mungkin Wi-Fi gratis untuk pelanggan. 

 

Sebelum memilih kelebihan warung juragan, pastikan untuk mengecek yang dijalankan kompetitor, ya. Kalau ternyata kelebihannya sama saja, coba gali lagi hal menarik apa yang bisa juragan tawarkan ke pelanggan. Nah, kalau faktor pembeda alias kelebihan warung juragan sudah terpilih, hal berikut yang perlu dilakukan adalah mempertahankan. Konsisten melakukan hal tersebut. Juragan bisa coba pasang tanda pengumuman di warung untuk pemberitahuan ke pembeli, misalnya: Buka 24 Jam, Pasti Murah WIFI Gratis, atau Nongkrong Di Sini Aja. 

 

Nama Pemilik Warung

Dalam hidup, rasa percaya perlu dibangun dan prosesnya tidak instan. Ini juga berlaku di dunia perwarungan, loh. Banyak warung yang membangun rasa percaya dengan pembeli selama bertahun-tahun. Umumnya, dengan cara membangun hubungan personal antara penjual dengan pembeli. Hubungan dekat itu bisa dibangun dengan saling kenal, paling mendasar adalah kenal nama. Ya, seperti pepatah, tak kenal maka tak sayang. Jadi, supaya akrab, salah satu caranya adalah dengan menjadikan nama pemilik sebagai nama warung. 

 

Hanya saja, dengan menamakan warung dengan nama pemilik ada kalanya pelanggan cuma mau dilayani satu orang itu saja. Kalau ini terjadi, atau untuk mencegah hal ini terjadi, juragan perlu cari cara supaya pelanggan merasa hubungannya bukan ke pemilik, tapi ke warung. Bagaimana caranya? Samakan standar layanan.

 

Kuncinya, membuat pelanggan merasakan pengalaman yang sama ketika belanja di warung juragan meski dilayani oleh penjaga warung. Memiliki warung bukan sekadar memastikan terjadinya transaksi demi dapat cuan, melainkan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pembeli. 

 

Nah, bagaimana dengan warung juragan, cara cari perhatian mana yang mau juragan lakukan di warung untuk mendatangkan cuan? Bila juragan ingin mengoptimalkan kinerja warung tapi bingung, gabung saja dengan Warung Pintar. Masih ada 2 tips lainnya loh untuk mendatangkan cuan. Dengan bergabung, juragan akan dibantu untuk terus tumbuh tanpa batas! Download 

Aplikasi Warung Pintar sekarang. 

***

Kemitraan

  • Jadi Juragan

Warung Pintar HQ 2

Jl. Lauser No. 28, Gunung,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12120

Follow media sosial kami yuk!

facebookinstagramtwitterlinkedin

©2020 by WARUNG PINTAR. All Rights Reserved