Blog/Pendaftaran/FAQ/Cara Tepat Verifikasi Warung di Aplikasi Warung Pintar/

Cara Tepat Verifikasi Warung di Aplikasi Warung Pintar

Oleh Dirga Prakesha/10 September 2021/
Share:

Pertanyaan seputar verifikasi menjadi pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh para Calon Juragan Pintar. Mulai dari menanyakan status verifikasi akun, verifikasi ditolak karena ketidaksesuaian lokasi, verifikasi ditolak karena foto warung yang diunggah tidak sesuai, hingga pertanyaan seputar “Mengapa proses verifikasi akun di Warung Pintar sangat rumit?”. 

Pada dasarnya, proses verifikasi warung digunakan untuk memastikan keaslian informasi usaha Juragan dan kebenaran informasi kepemilikan usaha. Verifikasi juga menjadi salah satu syarat utama untuk memudahkan proses pengiriman pesanan. Hal ini berkaitan dengan daerah jangkauan Warung Pintar, moda transportasi pengiriman barang, hingga ketepatan waktu dan lokasi pengiriman. 

Di artikel ini kita akan membahas lebih lengkap tahapan-tahapan verifikasi akun di Warung Pintar beserta tips ampuh agar lolos verifikasi di Warung Pintar. Simak artikel ini sampai selesai yuk!

Kelengkapan apa saja yang dibutuhkan saat verifikasi?

Ketika memasuki tahapan verifikasi, Juragan akan diminta untuk mengisi beberapa jenis data, diantaranya:

  1. Data diri Juragan
  2. Data warung Juragan
  3. Foto warung Juragan

Mari kita ulas satu per satu!

Bagaimana tahapan verifikasi akun di Warung Pintar?

Pertama, Juragan akan diminta untuk mengisi data diri lengkap berupa; 

  1. Nomor WhatsApp aktif sesuai dengan nomor yang dicantumkan ketika melakukan registrasi,
  2. Nomor Induk Kependudukan atau NIK, 
  3. Foto KTP asli,
  4. Selfie dengan KTP asli, 
  5. Kode referral, bagian ini hanya diisi jika Juragan melakukan pendaftaran melalui sales Warung Pintar. Jika Juragan melakukan pendaftaran secara mandiri, bagian ini dapat dikosongi.

Jangan lupa untuk mengecek kembali data yang diisi agar mengurangi resiko salah memasukkan data. Jika seluruh informasi data diri sudah benar, Juragan bisa klik “Lanjutkan”. 

Tahapan selanjutnya adalah mengisi data warung Juragan berupa;

  1. Jenis usaha, di bagian ini Juragan diminta mengisi pilihan berupa “warung” atau “toko kelontong”
  2. Nama warung/toko Juragan 
  3. Lokasi warung, di bagian ini, Juragan diminta untuk memasukkan lokasi warung dengan titik peta digital (Google Maps) agar lokasi yang dicantumkan dapat dicek secara online
  4. Patokan lokasi warung, di bagian ini Juragan diminta untuk menjelaskan dengan secara rinci patokan yang dapat dijadikan acuan saat pengiriman barang, tujuannya adalah mempermudah kurir ketika mencari lokasi warung Juragan
  5. Lebar akses jalan, di bagian ini Juragan diminta untuk memilih apakah akses jalan warung dapat dilalui 2 mobil + 1 motor atau berada di gang

Selalu cek kembali kelengkapan informasi yang diisi ya Juragan, untuk menghindari kesalahan informasi yang mengakibatkan verifikasi ditolak. Jika sudah dicek dan sudah benar, Juragan bisa klik “Lanjutkan”.

Dua tahapan pengisian data sudah dilakukan, maka yang terakhir adalah mencantumkan detail foto warung Juragan. 

Terdapat dua jenis foto yang perlu Juragan ambil, foto tampak depan dan foto akses jalan. Rinciannya seperti berikut;

  1. Foto warung tampak depan, di bagian ini Juragan diminta untuk mengambil foto yang menampilkan bagian depan warung dengan jelas, seperti contoh berikut ini:
  1. Foto akses jalan, di bagian ini Juragan diminta untuk mengambil foto yang menampilkan akses jalan depan warung dari arah kanan dan kiri, seperti contoh berikut ini:

Jika foto yang dicantumkan sudah sesuai dengan petunjuk, Juragan bisa melanjutkan proses verifikasi dengan menekan tombol “Daftar” pada halaman awal verifikasi. 

Selamat, Juragan sudah berhasil melakukan tahapan verifikasi akun!

Berapa lama verifikasi akun diproses?

Juragan bisa mengecek kembali status verifikasi dalam waktu 1 jam sejak verifikasi dikumpulkan. Jangka waktu 1 jam hanya berlaku jika Juragan melakukan verifikasi pada jam operasional di hari Senin-Jumat pukul 09.00-18.00. Jika Juragan melakukan verifikasi di luar jam operasional, maka proses verifikasi akan di update pada jam operasional selanjutnya. 

Mengapa status verifikasi saya ditolak?

Terdapat beberapa alasan yang membuat verifikasi akun Juragan ditolak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Identitas diri tidak sesuai dengan KTP yang dicantumkan
  2. Foto selfie tidak sesuai dengan pas foto di KTP
  3. Lokasi titik peta tidak sesuai dengan detail alamat yang dicantumkan
  4. Foto warung tidak sesuai instruksi
  5. Lebar akses jalan tidak cukup dilintasi 2 mobil + 1 motor (untuk daerah jangkauan Warung Pintar DIstribusi)
  6. Lebar akses jalan berada di gang dan tidak berada dalam jangkauan Grosir Pintar

Jika terjadi hal seperti di atas, maka yang harus Juragan lakukan adalah meninjau kembali kesesuaian data yang dicantumkan dan mengulang proses verifikasi. Namun demikian, jika proses verifikasi kembali ditolak padahal Juragan sudah mencantumkan detail informasi dengan benar, maka Juragan isa berkonsultasi melalui:

WhatsApp Costumer Service Warung Pintar di nomor 0851-5757-7630. 

Bagaimana Juragan, apakah informasi di atas membantu?

Yuk, segera lakukan proses verifikasi warung Juragan, agar dapat melakukan transaksi belanja dengan mudah dan nyaman! 

Share:

Konten Terkait

tokosmart brand logo
    Warung Pintar HQ 2
  • Jl. Lauser No. 28, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12120