wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Artikel/Cara Jualan Pulsa dengan Modal Minim/

Cara Jualan Pulsa dengan Modal Minim

Oleh Rico Hidayat/24 May 2022/
Share:
cara jualan pulsa modal minim

Di era serba digital seperti sekarang, jualan pulsa masih menjadi opsi usaha yang menguntungkan tanpa perlu modal besar. Meski kini tersedia banyak kemudahan mengisi pulsa melalui platform online, seperti mobile banking dan e-wallet, kios-kios pulsa masih ramai ditemui dan seolah tak kehilangan pelanggan. Mengapa demikian?

Pertama, belum semua orang Indonesia menggunakan dompet digital maupun mobile banking, misalnya anak-anak atau remaja yang di bawah umur. Terlebih di daerah perdesaan, kios pulsa masih menjadi tujuan utama yang dicari saat membutuhkan pulsa atau kuota internet. Kedua, kios pulsa umumnya tidak hanya menjual pulsa saja, tapi juga nomor, aksesoris, pulsa listrik, jasa servis, dan masih banyak lagi. Paket komplet itulah yang membuat jualan pulsa melalui kios masih bisa bersaing di era digital.

Dengan demikian, tidak ada salahnya jika Anda mulai menekuni bisnis pulsa. Berikut kami rangkum cara jualan pulsa dengan modal minim tapi menghasilkan keuntungan maksimal. 

  1. Cari Agen Penyedia Pulsa yang Tepat

Ini merupakan langkah pertama yang akan menentukan kelangsungan bisnis pulsa Anda ke depan. Anda membutuhkan agen pulsa untuk menyediakan deposit saldo dan melakukan proses pengisian pulsa ke nomor pelanggan. Maka dari itu, jangan sampai salah pilih agen.

Pilihlah agen pulsa terpercaya yang menawarkan harga miring tapi wajar. Sebab jika terlalu murah, bisa berpotensi penipuan. Anda juga perlu mengenal agen tersebut dengan baik, misalnya apakah kecepatan pengisian pulsa, apakah sering gangguan, dan masih banyak lagi. Untuk menemukan agen pulsa yang tepat tersebut, Anda bisa meminta rekomendasi teman yang telah berjualan pulsa tersebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengisi formulir pendaftaran dan surat perjanjian dengan agen yang dipilih. Baca dengan cermat surat perjanjian dan jangan segan untuk menanyakan poin yang kurang jelas. 

  1. Deposit Pulsa

Setelah menyepakati surat perjanjian, Anda bisa langsung mulai deposit pulsa. Di sini, jika Anda ingin memiliki deposit pulsa sebesar Rp 1.000.000, Anda harus membayar sesuai harga yang dipatok agen. Dari deposit Rp 1.000.000 itu, bisa Anda gunakan untuk menjual pulsa operator apa pun. 

Perlu diingat juga, deposit pulsa tidak harus dilakukan setiap hari. Lakukan saat Anda memang sedang membutuhkannya atau jadwalkan secara berkala. 

  1. Menentukan Harga Jual Pulsa 

Bagi seorang pemula, menentukan harga pulsa dengan tepat adalah hal yang penting. Sebab, itu akan berpengaruh kepada keputusan konsumen untuk membeli pulsa di konter Anda atau tidak. Konsumen sendiri cenderung untuk membandingkan harga dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk tahu harga di pasaran untuk kemudian menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga. 

Namun, jangan terlalu berambisi untuk menjual pulsa paling murah sampai-sampai lebih rendah dari harga beli di agen. Anda tetap perlu menjual harga lebih besar dari harga agen. 

Untuk saat ini, berikut daftar harga pulsa rerata dari berbagai operator di pasaran yang bisa jadi referensi Anda:

  • Pulsa 1.000 = Rp 1.500
  • Pulsa 5.000 = Rp 5.500
  • Pulsa 10.000 = Rp 10.375
  • Pulsa 25.000 = Rp 24.775
  • Pulsa 50.000 = Rp 48.775

Dari daftar harga tersebut, pada prinsipnya, makin tinggi jumlah pulsa yang dibeli, maka kecil selisih dari harga jual. 

  1. Siapkan Buku Catatan

Saat memulai bisnis jualan pulsa, Anda wajib mempunyai buku catatan yang digunakan untuk menulis secara rinci jumlah pembelian dari konsumen, pembelian pulsa ke agen, utang dan piutang, serta biaya operasional kios. Catatan dapat Anda buat secara sederhana dengan buku apapun. 

Kegiatan pembukuan tersebut memiliki berbagai manfaat bagi usaha yang mulai Anda rintis, di antaranya:

  1. Meminimalkan Risiko Kerugian.
  2. Mengetahui Besarnya Piutang dan Utang.
  3. Mengontrol Biaya Operasional Usaha.
  4. Sebagai Bahan Pertimbangan untuk Strategi Usaha Supaya ke depannya.
  1. Siapkan Promosi

Setiap usaha membutuhkan promosi supaya diketahui banyak orang, termasuk juga usaha jualan pulsa Anda. Promosi bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, misalnya: 

  1. Dari mulut ke mulut

Cara ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan teman atau keluarga untuk menginformasikan usaha pulsa Anda. Pastikan untuk membekali informasi yang menunjukkan keunggulan konter pulsa Anda, seperti harga yang terjangkau, keamanan, kecepatan, hingga berbagai layanan atau produk lain yang bisa didapatkan. 

  1. Lewat media sosial 

Anda juga mempromosikan kios Anda melalui sosial media, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp Status, Twitter, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk menambahkan beberapa hashtag semisal #jualpulsa(namadaerah) #pulsamurah, dan lain-lain. Penambahan hashtag berpotensi menambah reach (keterjangkauan) dari postingan Anda. Setelah mengunggahnya di media sosial, Anda bisa meminta bantuan teman dan keluarga untuk merepostnya. 

  1. Sebar brosur

Meski ini merupakan metode lama dan membutuhkan biaya, Anda tetap bisa mencobanya. Brosur menampilkan informasi secara rinci yang bisa disimpan siapa pun sehingga jika sedang membutuhkan referensi harga pulsa, usaha Anda akan masuk list pertimbangan. 

  1. Perhatikan Lokasi dan Dekorasi Kios

Sebaiknya lokasi kios Anda berada di tengah-tengah permukiman warga. Sebab, aspek pertama yang dipertimbangkan pembeli biasanya adalah keterjangkauan, terlebih saat mendesak, maka kios terdekatlah yang dituju. Sediakan beberapa tempat untuk parkir kendaraan sehingga akan membuat pembeli merasa nyaman dan aman. 

Setelah mendapatkan lokasi yang tepat, saatnya mendekorasi kios Anda. Pertama, pilihlah warna yang selama ini identik dengan konter pulsa, misalnya kuning, merah, dan biru. Lalu, tambahkan banner yang memuat informasi harga setiap operator dan promo yang tersedia. Pastikan ukuran banner sesuai sehingga akan tampak proporsional dengan kios Anda. 

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Nah, yang tak kalah pentingnya adalah aplikasikan mindset bahwa pembeli adalah raja. Dengan demikian, sebagai penjual otomatis harus memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli supaya mereka puas dan datang kembali ke konter Anda. Pelayanan terbaik bisa dilakukan dengan selalu bersikap ramah, responsif jika pelanggan menemukan kendala, informatif, dan lain sebagainya. 

Nilai plus lainnya, pembeli biasanya akan merekomendasikan kios yang memiliki pelayanan baik kepada rekan-rekannya. Itu artinya mendapatkan promosi secara gratis melalui pelanggan Anda. 

Jika Anda saat ini sudah matang untuk berjualan pulsa, pertimbangkan tujuh tips di atas. Berbagai kreasi lain, seperti promo membership dan semacamnya juga bisa diterapkan. Itu akan membantu usaha Anda terus maju di tengah makin mudahnya pembelian pulsa melalui aplikasi, e wallet, maupun mobile banking.

Share:

Konten Terkait

Konten Populer

warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner