5 Tradisi Lebaran yang Bikin Kangen

Lebaran tahun 2020 bakal berbeda dari sebelum-sebelumnya. Karena pandemi Covid-19 dan aturan terkaitnya, gerak dan aktivitas masyarakat Indonesia jadi terbatas. Tapi, tenang, pasti tetap ada yang bisa disyukuri, ya, kan, Gan? Salah satunya, Juragan jadi punya kenangan tentang momen-momen yang bikin kangen saat Lebaran sebelum-sebelumnya. Contohnya, nih:

 

Mudik

Momen ini biasa digunakan para perantau yang mencari nafkah jauh dari keluarga untuk pulang dan bersilaturahmi. Berbulan-bulan jauh, pulang saat Idul Fitri pasti rasanya senang banget. 

 

Halalbihalal

Kegiatan saling berkunjung dan bermaafan ini sudah jadi kebiasaan yang dimulai dari lingkungan keluarga inti, tetangga, rekan kerja, dan lainnya. Di masa kini, kegiatan halalbihalal dan bermaafan bisa dilakukan lewat ponsel. 

 

Takbir Keliling dan Tabuh Bedug

Malam sebelum Idul Fitri biasanya ramai suara tabuhan bedug dan kumandang takbir untuk merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa. Biasanya dilakukan kelompok pemuda yang berkeliling sambil berjalan kaki atau dengan kendaraan. Suasana jadi ramai dan memancing haru. 

 

Ketupat

Enggak afdal rasanya kalau berpuasa tidak ada makanan khas yang satu ini. Ketupat sudah menjadi semacam simbol identik Idul Fitri. Biasanya, ketupat didampingi opor ayam, rendang, sambal goreng hati, dan sebagainya. Hmm, kebayang enaknya, Gan!

 

Ziarah 

Sebelum puasa maupun setelah salat Id ada tradisi berziarah ke makam keluarga. Untuk menghormati dan mendoakan para leluhur. Bikin kangen momen yang bikin kangen, ya jadinya. 

 

Bila saat ini belum memungkinkan untuk melakukan kembali kegiatan-kegiatan di atas, mungkin kini saatnya membuat kenangan baru. Di masa yang disebut “the new normal” alias keadaan normal yang baru terkait pandemi Covid-19, Juragan bisa juga, lho menciptakan momen baru. 

 

Juragan bisa gunakan momen #Dirumahaja ini untuk jalin koneksi baru. Sebab, keberadaan Juragan itu penting banget di masa seperti ini. Juragan itu punya peran besar dalam membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk berkenalan dengan pelanggan dan calon pelanggan yang datang belanja ke warung Juragan. 

 

Bagaimana caranya? Dengan teknologi! 

 

Solusi Jajan Pintar dari Warung Pintar

Saat ini sudah eranya berjualan online. Nah, Warung Pintar saat ini punya program baru namanya Jajan Pintar. Apa itu? Jajan Pintar adalah layanan berbelanja di warung sekitar secara online dibantu Warung Pintar.

 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan menghubungi nomor pusat WhatsApp Jajan Pintar di nomor 08111108809 di waktu kerja Senin-Jumat (08.00-15.00 WIB) dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap. 
  • Administrator Jajan Pintar akan memeriksa data juragan Warung Pintar terdekat dari lokasi pelanggan. 
  • Administrator memberikan nama, no & pesanan pelanggan kepada Juragan
  • Juragan menghubungi pelanggan, bisa melalui telepon, chat, ataupun video call. 
  • Pelanggan dan Juragan berkomunikasi tentang pemesanan serta transaksi. 
  • Juragan menyiapkan barang pesanan pembeli. 
  • Pengantaran/pengambilan barang pesanan dan skema pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan antara pembeli dan juragan.

 

Walau saat ini Juragan belum bisa bertemu sanak keluarga di kampung halaman, bukan berarti silaturahmi tidak bisa dijalin. Untuk #LebaranBeda tahun ini, demi kebaikan bersama, sapa keluarga dari jauh dulu. Juragan tetap bisa jalin kehangatan dan keakraban dengan orang-orang baru yang bisa ditemui sembari menjalankan bisnis warung. Tapi ingat, tetap jaga jarak aman dan praktikkan langkah-langkah kebersihan, ya.  

 

Untuk Juragan, supaya bisa #TumbuhBersamaWarung, yuk cek tips lain untuk meningkatkan performa warung di masa pandemi ini di sini. Bagi yang ingin ikut bergabung dengan Warung Pintar, langsung unduh aplikasinya di sini dan daftarkan diri melalui aplikasi tersebut atau via situs Warungpintar.co.id, ya.
***

Kemitraan

  • Jadi Juragan

Warung Pintar HQ 2

Jl. Lauser No. 28, Gunung,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12120

Follow media sosial kami yuk!

facebookinstagramtwitterlinkedin

©2020 by WARUNG PINTAR. All Rights Reserved