wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Bisnis/Artikel/5 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru 2022 Dan Kisah Suksesnya Yang Patut Dicontoh Milenial/

5 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru 2022 Dan Kisah Suksesnya Yang Patut Dicontoh Milenial

Oleh Juanny/29 November 2021/
Share:
Orang terkaya di indonesia

“Siapa yang ingin menjadi orang kaya?” Sepertinya semua orang di belahan bumi manapun akan menginginkannya. Namun, ketika ada pertanyaan “Siapa yang ingin merasakan perjuangan keras dan cobaan bertubi-tubi untuk menjadi orang kaya?” Pasti banyak, kan di antara kalian yang ragu menjawabnya. 

Bukan lagi sebuah rahasia bahwa kaya, kerja keras, dan tantangan sudah menjadi satu paket yang harus dijalani. Faktanya hampir sebagian besar orang terkaya di dunia ini memiliki cerita pahit untuk meraih puncak kejayaannya. Tapi banyak pula orang di dunia ini yang bermimpi menjadi kaya namun malas untuk memperjuangkannya. 

wpg-banner

Nah, biar kamu makin termotivasi dan  tercerahkan, berikut ini cerita 5 orang terkaya di Indonesia tahun 2021 dan kunci sukses yang bisa kamu petik. Yuk, kita simak bersama! 

Bagaimana Seseorang Bisa Dikategorikan Sebagai Orang Terkaya?

Setiap tahun, majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes, merilis nama-nama orang dengan penghasilan tertinggi di dunia. Daftar nama-nama orang terkaya tersebut disebut dengan “Real Time Billionaire List”. 

Cara kerja daftar tersebut yaitu dengan memperbarui kekayaan masing-masing individu setiap lima menit setelah pasar saham dibuka. Kekayaan ini dilihat dari kepemilikan saham yang dimilikinya. Sedangkan untuk orang-orang yang kekayaannya ada di perusahaan yang tidak tercatat di pasar saham akan diperbarui setiap 24 jam sekali. 

Selain nilai saham, penentuan peringkat orang terkaya versi majalah Forbes juga didapat dari informasi keuangan lainnya berupa kekayaan keluarga, laporan keuangan tahunan, nilai aset, dan analisis keuangan lainnya. 

sumber: Forbes 

Dari total 2.000 lebih peringkat orang-orang kaya yang ada di dalamnya, ada 21 orang terkaya yang berasal dari Indonesia, lho. Mau tau gak siapa aja? Mau belajar dari kisah mereka sampai bisa jadi orang kaya? Baca terus hingga akhir, ya. 

5 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 dan Kunci Suksesnya

1. Robert Budi Hartono

Pengusaha Indonesia Robert Budi Hartono

Posisi puncak daftar orang terkaya di Indonesia jatuh kepada Robert Budi Hartono. Budi Hartono tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 21,6 miliar atau setara dengan Rp 309 triliun. Nggak heran, jika angka kekayaan tersebut mengantarkan Budi Hartono menjadi orang terkaya kedua di Asia Tenggara setelah pengusaha alat medis asal Singapura, Li Xiting. 

Sebetulnya Budi Hartono dan kakaknya yang menjadi orang terkaya kedua di Indonesia, Michael Bambang Hartono, sudah memiliki bakat menjadi pengusaha dari lahir. Ia adalah anak dari pendiri perusahaan rokok Djarum, Oei Wie Gwan. 

Namun, hal ini tidak membuat ia berpangku tangan menunggu harta warisan. melainkan justru ialah yang membangkitkan usaha peninggalan ayahnya ketika pabrik rokok tersebut terbakar pada tahun 1963. 

Setelah bangkit dari keterpurukan, Budi Hartono dan kakaknya bahu membahu mengangkat perusahaan tersebut naik tingkat. Terbukti pada tahun 1968, perusahaan rokok milik mereka bisa memproduksi 3 miliar batang. Pencapaiannya juga terus meroket hingga berhasil melakukan ekspor rokok ke berbagai negara seperti Arab Saudi, Jepang, dan negara lainnya. Di Amerika Serikat, rokok Djarum merupakan penyuplai nomor satu persebaran produk rokok import. 

Tak berhenti di produksi rokok, Budi Hartono juga mulai merambah bisnis perbankan dengan membangun Bank BCA. Kepemilikan 51% saham Bank BCA inilah yang menambah pundi-pundi kekayaan Budi Hartono dan sang kakak. Seiring berjalannya waktu, ia juga mulai merambah perkebunan kelapa sawit, perusahaan digital (start-up) dan barang-barang elektronik.

Ketika membaca kisah di atas, mungkin kamu beranggapan bahwa ada andil kuat dari warisan keluarga yang diturunkan. Banyak pula kisah-kisah yang sama seperti di atas, bukan? Namun, satu hal yang pasti, semangat untuk bangkit dan tidak mudah menyerah yang ada pada Budi Hartono dan sang kakak, yang membuat mereka jadi seperti sekarang. Meski banyak kisah yang sama, tetapi siapa lagi yang bisa menjadi orang kaya nomor satu selama 11 tahun berturut-turut kalau bukan mereka?

2. Michael Bambang Hartono

Pengusaha Indonesia Michael Bambang Hartono

Tidak jauh berbeda dengan sang adik, sang kakak Michael Bambang Hartono menduduki kursi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia. Memiliki perusahaan yang sama dengan Budi Hartono, ia selalu konsisten berada di urutan atas orang terkaya dengan harta kekayaan sebesar US$ 20,7 miliar atau Rp 297 triliun. 

Rupanya selain menjadi pengusaha, Bambang Hartono juga mengepakan sayap di dunia olahraga menjadi seorang atlet bridge atau permainan kartu. Terbukti pada perhelatan Asian Games 2018 lalu, ia menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam pertandingan bridge dan mendapatkan medali perunggu. Ia mengatakan bahwa permainan bridge membantunya tetap fokus dan cepat membuat strategi. 

Di sisi lain, kepemimpinannya di PT. Djarum terlihat dengan banyaknya inovasi-inovasi yang diciptakan terkait dengan pengembangan produk rokok. Tidak mengherankan bahwa inovasi-inovasinya telah mengantarkan rokok Djarum memproduksi 48 miliar batang rokok setiap tahun atau setara dengan 20% produksi rokok nasional. 

Dari Bambang Hartono, kamu bisa mencontoh bahwa orang sukses juga harus menyeimbangkan antara pekerjaan dan hobi. Selain agar tidak jenuh, memiliki hobi yang dikembangkan juga bisa mendatangkan prestasi, lho. 

3. Sri Prakash Lohia

Pengusaha Sukses Sri Prakash Lohia

“Lahir di India, kaya di Indonesia, tua di Inggris.”

Begitulah julukan Sri Prakash Lohia, seorang pengusaha berkebangsaan Indonesia yang  lahir di India. Lohia berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai orang terkaya di Indonesia. Total kekayaannya berjumlah US$ 6,6 miliar atau Rp 94,8 triliun. Dari mana asal kekayaannya?

Pundi-pundi kekayaan Lohia didapat dari perusahaan yang didirikannya yaitu Indorama Corporation. Indorama Corporation merupakan perusahaan yang bergerak di industri petrokimia. Perusahaan yang memproduksi berbagai produk kimia seperti pupuk polyolefin, bahan baku tekstil dan peralatan medis ini, tersebar di delapan negara. 

Lohia dan keluarganya dulunya memang tinggal di India. Tapi di tahun 1973, ia dan orang tuanya hijrah ke Indonesia untuk memulai hidup baru. Indorama Corporation didirikan murni dari tangan Lohia dan kedua orang tuanya hingga sukses sampai saat ini. Memasuki usia lanjut, ia dan istrinya memilih tinggal di London, Inggris. Sementara perusahaannya dijalankan oleh anaknya, Amit Lohia, dimana dirinya masih tetap menjadi pemilik perusahaan. 

Kisah hidupnya yang menjadi imigran patut dijadikan inspirasi bagi kamu yang merasa sulit beradaptasi di tempat dan suasana baru. Ingat, tidak semua hal itu instan. Butuh kegigihan yang konsisten untuk belajar, bertahan, dan berhasil. 

wpg-banner

4. Prajogo Pangestu

Pengusaha Kayu Indonesia Prajogo Pangestu

Nggak kalah dari Sri Prakash Lohia, pengusaha satu ini juga punya julukan, lho. “Rajanya Kayu Indonesia” adalah julukan yang telah lama disematkan kepada orang terkaya nomor empat di Indonesia, Prajogo Pangestu. 

Hingga bulan November 2021, Prajogo tercatat memiliki kekayaan US$ 5,7 miliar atau  setara dengan Rp 81,9 triliun. Prajogo dijuluki raja kayu di Indonesia karena memiliki perusahaan pengolah kayu terbesar yaitu PT. Barito Pacific Lumber yang dibentuk pada masa orde baru. Kini, prajogo mengepakkan sayap bisnisnya dan membangun industri petrokimia lewat PT. Chandra Asri Petrochemical. 

Tak disangka, Prajogo sempat menjadi seorang supir angkot di kampung halamannya, Singkawang, sebelum menjadi pebisnis sukses saat ini. Dulunya, ia hanya anak seorang penyadap getah karet yang hanya mampu menyekolahkannya hingga SMP. Hidupnya berubah mujur ketika tahun 1960 bertemu pengusaha kayu asal Malaysia. Hal inilah yang membuat Prajogo menggeluti dunia kayu selama beberapa tahun. 

Cerita sukses orang-orang yang bangkit dari kemiskinan memang tidak ada habisnya. Hal ini membuktikan bahwa kerja keras, pantang menyerah dan keyakinan untuk merubah nasib masih relevan sebagai senjata menjadi orang kaya. Apakah kamu siap menjadi salah satu orang dalam kisah tersebut?

5. Chairul Tanjung

Pengusaha Sukses Chairul Tanjung

Siapa yang nggak kenal “Si Anak Singkong”? Sejak bukunya yang terbit tahun 2012 silam Chairul Tanjung resmi dikenal dengan julukan tersebut. Tapi, apa yang membuat anak singkong jadi orang terkaya kelima di Indonesia, ya? 

Sudah banyak yang mengetahui bahwa Chairul Tanjung merupakan bos Trans Corp. yang membawahi berbagai macam perusahaan di bidang perhotelan, retail, perbankan dan media seperti Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia.

Dengan segudang bisnis, nggak heran apabila Chairul Tanjung memiliki kekayaan US$ 4,1 miliar atau Rp 58,8 triliun. Dari jumlah perusahaan yang dimilikinya, kamu pasti mengira ia lulusan bisnis atau ekonomi. Siapa sangka,  ternyata ia adalah seorang lulusan Fakultas Kedokteran Gigi, lho. 

Namun, karena keterbatasan ekonomi ia banting setir menjadi penjual buku-buku kuliah hingga jasa pembuatan kaos. Banyak sumber mengatakan bahwa kunci sukses Chairul Tanjung yang utama adalah relasi. Dari sedemikian banyak bisnis yang dikelola, ia terus membuka celah dan kesempatan baru dengan menambah teman, rekan kerja, dan koneksi lain. 

Buat kamu yang punya banyak teman dan suka bercengkrama dengan orang banyak, you’re one step ahead!

Daftar 21 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 

Selain 5 orang di atas, kamu juga bisa mengetahui daftar nama-nama lainnya yang masuk dalam daftar orang terkaya dari Indonesia versi “The Real Time Billionaire List” Forbes tercatat hingga 4 November 2021. 

Ranking IndonesiaRanking duniaNamaKekayaanKepemilikan Usaha
188Robert Budi Hartono  US$ 21,6 miliarBank BCA, Polytron, Mall Grand Indonesia, Hotel Kempinski, Djarum Foundation, Djarum Group: Blibli.com, Tiket.com, Kaskus.co.id, Dailysocial.net, PT. Hartono Plantation Indonesia Agro
295Michael Bambang Hartono US$ 20,7 miliar
3460Sri Prakash LohiaUS$ 6,6 miliarIndorama Corporation (perusahaan tekstil dan petrokimia)
4522Prajogo PangestuUS$ 5,7 miliarPT. Barito Pacific, PT. Chandra Asri Petrochemical (perusahaan petrokimia)
5799Chairul TanjungUS$ 4,1 miliarCT Corp.: Trans TV, Detik Network, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Carrefour, Bank Mega
6809Jerry NgUS$ 4,1 miliarPT. Metamorfosis Ekosistem Indonesia, pemilik 51% saham Bank Jago
7982Tahir & KeluargaUS$ 3,5 miliarMayapada Group: Bank Mayapada, RS. Mayapada, Tahir Foundation
81273Eddy Kusnadi SariaatmadjaUS$ 2,6 miliarPT. Elang Mahkota Teknologi (EMTEK Group): SCTV, Indosiar, Vidio
91611Djoko SusantoUS$ 2,1 miliarAlfamart, Yayasan Bunda Mulia
101612Theodore RachmatUS$ 2,1 miliarPT. Triputra Group (perusahaan batu bara, manufaktur, agribisnis dan logistik)
111667Martua SitorusUS$ 2 miliarWilmar International (perusahaan pengolahan kelapa sawit)
121684Low Tuck KwongUS$ 2 miliarBayan Resources (perusahaan batu bara)
131705Mochtar Riady & KeluargaUS$ 1,9 miliarLippo Group: Lippo bank, Sekolah & Universitas Pelita Harapan, dll
142068Peter SondakhUS$ 1,5 miliarStasiun televisi RCTI, PT. Rajawali Corpora, St. Regis Bali, The Four Seasons Hotel Jakarta, Green Eagle Group (perusahaan perkebunan kelapa sawit)
152109Edwin SoeryadjayaUS$ 1,5 miliarSaratoga Capital (perusahaan investasi)
162240Hartono KweefanusUS$ 1,4 miliarMonde Nissin Corp., PT. Khong Guan Biscuit Indonesia
172392Sukanto TanotoUS$ 1,2 miliarTanoto Foundation, APRIL group (perusahaan kertas dan energi)
182433Alexander TedjaUS$ 1,2 miliarMall Kota Kasablanka, Pakuwon, Tunjungan Plaza, Blok M Plaza, Menara Mandiri, Sheraton Hotel Surabaya
192435Winarko SulistyoUS$ 1,2 miliarPT. Fajar Surya Wisesa (perusahaan kertas)
202477Murdaya PooUS$ 1,2 miliarPendiri JIExpo, PT. Hardaya Abeja Shoes (perusahaan pemasok produk Nike di Indonesia)
212533Lim Hariyanto Wijaya SarwonoUS$ 1,1 miliarBumitama Agrio (perusahaan pengolah minyak kelapa sawit)

Itulah beberapa nama orang terkaya di Indonesia tahun 2021 versi majalah Forbes. Dari kisah-kisah di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa menjadi orang kaya ternyata nggak hanya butuh kerja keras dan pantang menyerah. Kita juga harus pandai beradaptasi dengan lingkungan baru, pandai mencari relasi, dan tetap menyeimbangkan pekerjaan dan hobi. Semoga artikel di atas menginspirasi kamu, ya. 

Daftar isi:

Bagaimana Seseorang Bisa Dikatakan Sebagai Orang Terkaya di Indonesia?

5 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 dan Kisah Suksesnya

  1. Robert Budi hartono
  2. Michael Bambang Hartono
  3. Sri Prakash Lohia
  4. Prajogo Pangestu
  5. Chairul Tanjung

Daftar 21 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021

Drop down FAQ:

Bagaimana Seseorang Bisa Dikatakan Sebagai Orang Terkaya di Indonesia?

Dari informasi keuangan seperti kekayaan keluarga, laporan keuangan tahunan, nilai aset, dan kepemilikan saham yang dicatat oleh majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes.

Siapa saja 5 orang terkaya di Indonesia terbaru tahun 2021 

  1. Robert Budi hartono
  2. Michael Bambang Hartono
  3. Sri Prakash Lohia
  4. Prajogo Pangestu
  5. Chairul Tanjung

Siapa saja 21 orang terkaya di Indonesia terbaru tahun 2021?

  1. Robert Budi Hartono  
  2. Michael Bambang Hartono 
  3. Sri Prakash Lohia
  4. Prajogo Pangestu
  5. Chairul Tanjung
  6. Jerry Ng
  7. Tahir & Keluarga
  8. Eddy Kusnadi Sariaatmadja
  9. Djoko Susanto
  10. Theodore Rachmat
  11. Martua Sitorus
  12. Low Tuck Kwong
  13. Mochtar Riady & Keluarga
  14. Peter Sondakh
  15. Edwin Soeryadjaya
  16. Hartono Kweefanus
  17. Sukanto Tanoto
  18. Alexander Tedja
  19. Winarko Sulistyo
  20. Murdaya Poo
  21. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Profil penulis:

Dyah Ayu Agustina merupakan seorang penulis aktif yang menjadi kontributor untuk beberapa media nasional, seperti Geotimes, Menjadi Manusia, Konde.co, dan Marketing Plus. Tertarik pada isu sosial, perempuan, ekonomi, dan internasional. 

wpg-banner
Share:

Konten Terkait

perencanaan pemasaran

Konten Populer

perencanaan pemasaran
Menemukan Cara Sukses di Setiap Pilihan Hidup Sejak Usia Muda
warung-pintar-group-logo
  • Warung Pintar HQ 2
  • Jl. Lauser No. 28, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12120