wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Gaya Hidup/Artikel/25 Tren Model Rambut Pria 2022/

25 Tren Model Rambut Pria 2022

Oleh Rico Hidayat/14 February 2022/
Share:
trend model rambut 2022

New year, new me. Banyak orang menjadikan tahun baru untuk memulai perubahan, salah satunya soal penampilan. Menurut psikolog, Tara De Thouars, seperti dikutip dari CNN Indonesia, mengatakan bahwa mengubah penampilan dapat meningkatkan mood. Sebab, setelah penampilan berubah tekanan darah akan turun dan semangat makin meningkat sehingga menjadi lebih energik. 

Tubuh yang lebih energik juga menandakan meningkatnya kepercayaan diri. Hal itu banyak membantu dalam meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. 

Di satu sisi, aspek perubahan penampilan ada berbagai macam, salah satunya adalah model rambut. Perubahan model rambut dipercaya mampu membuat siapa pun merasa lebih fresh dan suasana hati menjadi lebih baik. 

Pentingnya Mengubah Model Rambut dengan Tepat

Bagi pria, rambut adalah bagian tubuh yang akan memberikan kesan pertama kepada siapa pun. Maka dari itu, penting bagi pria untuk memilih model rambut yang tepat. Hal itu juga akan mendatangkan sejumlah manfaat, di antaranya:

  • Membuat pria merasa lebih pintar dan capable.
  • Meningkatkan kewibawaan. 
  • Menandakan pria merawat diri dengan baik. 
  • Cocok dengan pakaian yang dimiliki. 

25 Tren Model Rambut Pria 2022

Tahun 2022 beberapa model rambut klasik dan modern akan saling berpadu. Berikut merupakan tren model rambut pria tahun 2022 yang bisa dicoba para pria. 

Comma hair

Source: Instagram Pratama Arhan

Bintang muda tim nasional Indonesia, Pratama Arhan Alif Rifai, memiliki gaya rambut ini. Comma hair memperlihatkan bagian depan atau poni melengkung ke dalam, menyerupai bentuk koma. Model rambut ini dapat membuat wajah Anda lebih bersudut dan garis rahang menjadi tampak tegas. Kesan chic dan berkelas akan Anda dapatkan dari model comma hair. 

Man bun

Source: Instagram Ryuji Utomo

Man bun adalah model rambut untuk pria yang memiliki rambut panjang. Model ini sangat mudah ditiru, Anda cukup mengikat rambut gaya ponytail dan kemudian lilitkan menjadi cepol. Model rambut ini tidak akan membuat Anda terlihat seperti perempuan. Anda justru akan makin terlihat manly

Mullet

Source: Twitter @keepitloeyyy

Model rambut Mullet pernah menjadi tren pada era 80 hingga 90-an. Meski begitu, bukan berarti mullet adalah model rambut jadul, gaya ini justru diprediksi akan kembali populer pada 2022 ini. Ciri khas model mullet adalah bagian pinggir rambut dipotong pendek dan bagian belakangnya dibiarkan panjang. Model rambut mullet cocok untuk Anda yang memiliki rambut lurus. 

Curtain bangs

Source: Instagram Suho EXO

Curtain bangs merupakan model rambut pria yang populer pada tahun 90-an. Meski begitu, model rambut dengan ciri khas belah tengah atau menyerupai tirai terbuka ini diprediksi akan kembali booming pada 2022. Curtain bangs cocok diaplikasikan pada semua jenis rambut, seperti rambut  lurus, bergelombang, bahkan hingga keriting sekalipun. 

Undercut

Source: Pinterest

Model rambut undercut hampir selalu menjadi tren di setiap zaman. Potongan rambut ini terkenal dengan ciri khasnya di mana bagian bawah rambut di samping dan belakang dicukur tipis. Sementara, bagian atas rambut dibiarkan agak tebal. Dengan model rambut undercut, Anda tidak perlu terlalu repot menyisir sepenuhnya. Anda hanya tinggal mengoleskan pomade untuk menimbulkan kesan rapi dan stylish.

Pompadour

Source: Freepik

Pompadour termasuk gaya rambut klasik yang tak hilang dimakan zaman. Gaya ini dulu sangat populer saat penyanyi kenamaan dunia, Elvis Presley, menggunakannya. Gaya pompadour nyatanya tak selalu kaku atau berjambul tinggi seperti Elvis. Gaya ini terus berkembang, misalnya saat bagian atas rambut yang pendek, Anda dapat bergaya short pompadour dengan bagian samping lebih tipis. Model rambut Pompadour cocok diaplikasikan untuk Anda yang berambut tebal. 

French crop

Source: Instagram @itaewonclass.official

Masih ingat Park Saeroyi di Itaewon Class? Jika iya, begitulah tampilan gaya rambut french crop. Pada model french crop, poni umumnya dipotong kurang lebih 1,5 cm di atas alis. Poni akan dipotong lurus dan rata. Sementara pada bagian bawah rambut akan dicukur tipis. Model rambut french crop cocok dipilih oleh Anda yang berambut lurus maupun ikal. 

Low fade

Source: @fleetwoodthebarber

Potongan rambut fade memiliki berbagai jenis model, salah satunya low fade. Pada gaya ini, hanya rambut di bagian samping bawah yang ditipiskan. Sementara itu, rambut di bagian atas bebas dicukur mengikuti selera. Banyak anak muda mulai menggunakan gaya ini dengan bagian atas rambut dibiarkan lebih panjang.  

Buzz cut

Source: Saintif

Buzz cut atau potong cepak adalah model rambut yang terus populer di kalangan pria Indonesia. Pada model ini, seluruh bagian rambut dihabiskan dan hanya disisakan satu hingga dua sentimeter. Buzz cut cocok diaplikasikan ke semua jenis rambut. Perawatannya pun tergolong cukup mudah. Meski begitu, tetap perhatikan saat beraktivitas di luar ruangan karena kulit kepala bisa saja tersengat panas matahari. 

Samurai bun

Source: All Things Hair

Samurai bun atau yang juga dikenal dengan half-up man bun identik dengan rambut panjang yang dicepol. Bedanya dengan man bun cut biasa, samurai bun menyisakan bagian depan rambut atau poni untuk dibiarkan terurai. Model samurai bun cocok diaplikasikan oleh Anda yang memiliki rambut tebal dan bervolume. 

Bald Fade

Source: Pinterest

Bald fade atau yang juga disebut skin fade adalah model potong rambut yang membuat sisi samping dan belakang menjadi sangat tipis. Penipisan pada model ini hanya menyisakan rambut beberapa centimeter, bahkan mendekati botak. Cukuran bald fade menampilkan perpaduan yang presisi, ramping, cerdas, dan sangat bergaya. Jadi jika Anda membutuhkan potongan rambut segar dan  mengesankan, bald fade adalah pilihan yang tepat. Bald fade sendiri memiliki berbagai macam versi, seperti low bald fade, medium bald fade, high bald fade, bald taper fade, dan masih banyak lagi. 

Crew cut

Source: Rockstars Barbers & Coffee

Crew cut merupakan variasi gaya rambut dari buzz cut. Meski begitu, pada crew cut pada bagian depan rambut dibuat lebih panjang atau tak lebih dari 2 cm, sedangkan model buzz cut panjang rambut dibuat seragam. Gaya crew cut sering disebut sebagai model rambut khas tentara. Potongan ini dapat diaplikasikan pada semua bentuk wajah, itu sebabnya mudah Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Crew cut akan membuat wajah Anda tampak dewasa serta memancarkan kepercayaan diri. 

Wavy Taper Cut

Source: Pinterest

Wavy taper cut merupakan variasi dari undercut yang cukup populer. Model rambut ini cocok bagi pria berambut keriting atau bergelombang. Potongan rambut akan terlihat gradual, yakni makin tipis dari bagian tengah hingga terlihat memudar di bagian bawah rambut. Sementara itu, di bagian atas cenderung dibiarkan sedikit panjang sehingga kadang tampak seperti jambul yang natural.  

Tousled Hair

Source: Pinterest

Bagi Anda yang berambut ikal, tousled hair menjadi pilihan yang pas untuk meningkatkan penampilan. Gaya ini merupakan perpaduan antara potongan rambut tipis di kedua sisi dengan bagian atas rambut yang dibiarkan memanjang. Gaya ini cocok jika dipadupadankan dengan outfit yang casual. Sementara, jika Anda berada di lingkungan kantor yang formal, Anda bisa menambahkan gel supaya rambut terkesan lebih rapi. 

Twist Curls

Source: Next Luxury

Twist curls berarti menyilangkan rambut hingga terbentuk jalinan mirip tambang. Beberapa pria dapat menerapkan gaya ini dengan rambut panjang maupun pendek. Gaya rambut curls twist relatif mudah untuk ditata dan dirawat. Model ini diprediksi akan menjadi tren pada 2022 dan membuat Anda tampak keren. 

Slicked Back

Source: @sehunspics

Slicked back baru-baru ini menjadi salah satu gaya rambut pria yang paling populer. Dengan potongan rambut slicked back modern, para pria memadukan low atau high fade dengan rambut panjang di bagian atas untuk menciptakan gaya rambut yang stylish. Singkatnya model rambut ini adalah “short side with long top.”

Slicked back hampir cocok diterapkan untuk semua bentuk wajah, bulat persegi, dan oval, serta semua jenis rambut, tebal, tipis, dan lurus. Sementara itu, pria dengan rambut keriting atau sangat bergelombang mungkin dapat mencoba gaya lain karena rambut mungkin akan sulit diatur. Perlu diketahui, slicked back membutuhkan pengaplikasian produk, seperti  pomade untuk memberikan rambut Anda tampilan yang halus dan berkilau saat disisir ke belakang.

Modern Mullet

Source: Instagram @mikeyyyyyyy_

Sebagian orang menganggap gaya rambut mullet ketinggalan zaman. Tapi siapa sangka bahwa model rambut ini terus berkembang dan kembali menjadi pilihan di masa sekarang, salah satunya adalah modern mullet. Kata ‘modern’ dalam potongan rambut ini mengacu kepada rambut yang lebih pendek di bagian depan, jadi Anda bebas menatanya sesuka hati.

Secara khusus, gaya rambut tersebut memiliki dua ciri. Pertama, bagian rambut belakang dibuat memanjang dan sisi samping memendek. Kedua, bagian atas dan depan rambut dipotong sedang. Tampilan dengan kesan retro ini akan terlihat luar biasa pada mereka yang memiliki struktur wajah lebih panjang karena rambut memiliki area untuk mengembang dan mengelompok.

Butch Cut

Source:Haircut Inspiration

Butch cut juga dikenal dengan nama jarhead, induction cut, atau number 0. Butch cut adalah gaya potongan rambut cepak yang umum digunakan dalam dunia militer.

Semua rambut dipotong dalam ukuran atau panjang yang sama. Segala jenis rambut akan cocok diaplikasikan pada model ini. Anda bahkan akan tampak maskulin dan berwibawa dengan potongan butch cut. 

Mid Fade

Source: Men’s Hairstyle Trends

Mid fade adalah salah satu model rambut yang bisa menimbulkan kesan luar biasa. Potongan mid fade dimulai di tengah bagian samping dan belakang. Itu akan menghasilkan gaya rambut fade yang seimbang antara low fade dan high fade. Mid fade menawarkan perpaduan rambut yang lebih bergradasi sehingga sempurna untuk pria yang menginginkan potongan dan gaya modern tapi profesional.

Tidak perlu khawatir, potongan rambut mid fade cocok untuk semua jenis rambut, termasuk rambut tebal, tipis, bergelombang, dan keriting. Para pria juga dapat menggabungkan mid fade dengan berbagai jenis fade, seperti mid bald fade, mid fade undercut, atau mid zero fade.

Ivy league cut

Source: Haircut inspiration

Ivy league cut bisa dikatakan merupakan versi lebih stylish dari crew cut. Keduanya memiliki perbedaan pada panjang rambut. Ivy League mempunyai rambut yang lebih panjang secara menyeluruh, sedangkan pada model crew cut, sisi sampingnya akan lebih tipis. Bagi pria berahang tegas, ini adalah pilihan yang cocok untuk mengupgrade penampilan Anda.

Bowl Cut

Source: Twitter @chenecstasy

Apakah Anda ingin tampil dengan gaya rambut yang segar? Bowl cut dapat menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. Seperti namanya, bowl cut akan membuat rambut Anda tampak seperti mangkuk terbalik. Rambut dipotong secara rata tanpa layer. Ini akan tampak praktis dan murah untuk mendapatkannya karena tidak perlu teknik potong rambut yang sulit. 

Spiky

Source: Men’s Hairstyles Now

Model rambut spiky pernah menjadi tren pada awal 2000-an. Gaya rambut yang merupakan versi soft dari mohawk ini diprediksi akan kembali populer tahun ini. Ciri khas model spiky adalah ujung rambut yang meruncing ke atas. Potongan tersebut tidak membutuhkan teknik khusus. Anda cukup meminta barber untuk memotong rambut di bagian atas lebih panjang, bisa dengan crew cut atau ivy league. Selanjutnya, gunakan pomade atau gel untuk menata ujung rambut supaya meruncing ke atas. 

Flat Top

Source: Instagram Sailing Barber

Sesuai namanya, flat top berarti rambut dipotong rata di bagian atasnya. Model rambut yang pertama kali populer pada tahun 60-an ini cenderung cocok untuk bentuk wajah kotak karena bisa makin menonjolkan fitur garis wajah. Di samping itu, flat top cenderung pas diaplikasikan ke semua jenis rambut. Namun, untuk pemilik rambut keriting, pada awalnya mungkin akan kesulitan dalam menatanya. Maka dari itu sedia pomade atau gel serta sisir bergigi rapat. 

Undercut fade

Source: Mens Hairstyles Now

Perpaduan antara undercut dengan fade ini menghasilkan gaya rambut panjang di bagian atas dan super tipis di bagian samping serta belakang. Jenis potongan ini cocok diaplikasikan untuk segala macam jenis rambut. Model undercut fade hanya memerlukan perawatan sederhana. Sebab, potongan tersebut sudah membantu Anda terlihat tetap berkelas dan tampan. 

High and Tight Cut 

Source: Instagram @cuttyfresh

High and tight cut adalah model rambut sederhana yang populer di kalangan Angkatan Laut Amerika Serikat. Model ini memiliki potongan sangat rapi dengan menghabiskan seluruh sisi dan belakang rambut tanpa gradasi atau fade. Ini juga hanya menyisakan sedikit rambut di atas kepala sehingga bentuk wajah Anda akan lebih menonjol. Oleh karena itu, high and tight cut cocok untuk seseorang dengan bentuk wajah persegi, oval, dan segitiga. Gaya ini kurang cocok untuk bentuk wajah lonjong dan bulat. 

Itu dia 25 model rambut yang diprediksi akan menjadi tahun ini. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan jenis rambut dan bentuk wajah dan dimiliki. Dengan pilihan model rambut yang tepat, akan membantu Anda makin produktif di tahun baru. Selamat mencoba!

Share:

Konten Terkait

usaha titip makanan di warung
produk paling laris

Konten Populer

usaha titip makanan di warung
produk paling laris
Tantangan Nonteknis saat Memulai Bisnis Warung Kopi
warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • address

    Gedung I Lantai 3, Jalan M.I. Ridwan No. 5 Jakarta Pusat 10110

  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner