wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Bisnis/25 Ide Jualan Makanan Seribuan yang Pasti Laku Setiap Hari!/

25 Ide Jualan Makanan Seribuan yang Pasti Laku Setiap Hari!

Oleh Rico Hidayat/11 May 2022/
Share:
ide bisnis makanan seribuan

Siapa yang tidak menyukai jajanan murah khususnya jajanan makanan murah? Hampir seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa menyukai jajanan makanan yang mudah untuk ditemui dan harganya yang ramah dikantong. 

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan memulai membuka usaha jajanan pasar seribuan.  Meskipun sudah banyak pesaingnya, jajanan seribuan ini masih banyak diminati dan dicari oleh masyarakat. Jadi sudah pasti usaha ini tidak ada matinya. Selain itu walaupun anda hanya menjualnya dengan kisaran harga Rp 1.000 – Rp 2.000 saja anda bisa meraup keuntungan ratusan ribu per harinya. Menarik bukan? Maka dari itu, simak ide jualan jajanan makanan seribuan dibawah ini!

  1. Lemper
A picture containing food, snack food, meal

Description automatically generated

Sumber : inews.id

Makanan yang terbuat dari beras ketan dan diisi dengan daging ayam didalamnya ini masih hits ditengah masyarakat. Lemper dianggap makanan yang sederhana namun mengenyangkan, sudah tidak heran makanan ini pasti di buru dimanapun. Anda bisa menjual lemper ini dengan dititipkan di pasar dan warung, atau anda bisa membuka PO di media sosial.

  1. Mendut
A plate of food

Description automatically generated with medium confidence

Sumber : Resepkoki.id

Makanan tradisional jawa yang terbuat dari tepung ketan, memiliki tekstur kenyal, dan memiliki warna yang beragam ini keberadaannya sudah mulai jarang. Anda bisa menjadikannya peluang bisnis anda. Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 1.000 per mika. Selain menjual per mika, anda juga bisa menjualnya per paket dengan makanan tradisional yang lainnya. 

  1. Klepon
A plate of food

Description automatically generated with low confidence

Sumber : Unilever food solutions

Selanjutnya makanan manis yang terbuat dari beras ketan dan ada gula jawa didalamnya yaitu klepon. Makanan jadul satu ini bisa anda jual dengan harga Rp 1.000an dan pasti akan ludes terjual. Anda bisa mempromosikannya di media sosial dengan foto yang menarik, dan juga di marketplace. 

  1. Keripik
A picture containing food, cup, indoor, slice

Description automatically generated

Sumber : Cookpad.com

Jajanan seribuan yang bisa anda jual selanjutnya adalah keripik. Banyak sekali bahan makanan yang sekarang digunakan sebagai bahan untuk membuat keripik. Misalnya pisang, singkong, kentang, usus ayam, baso, dan lainnya. Jajanan keripik ini diminati selain karena teksturnya yang kriuk kriuk, tapi juga bumbunya yang bervariasi yang membuat keripik ini membuat para peminatnya ketagihan. Anda bisa membuka jasa reseller untuk menjualkan keripik anda. 

  1. Donat
A picture containing doughnut, donut, different, covered

Description automatically generated

Sumber : Usahakecil.id

Mungkin terdengar aneh makanan seperti donat bisa dijual dengan harga seribuan. Tapi memang ada donat dengan harga seribuan, dengan toping yang beragam dan bentuk yang unik. Donat seribuan bisa anda buat dari tepung terigu, dan pastikan tepung dengan kualitas baik, agar donat juga enak saat di makan. Selain menggunakan media sosial, anda juga bisa menjual donat dengan sistem pemasaran mulut ke mulut.

  1. Telur Gulung
A picture containing food, dish, corn

Description automatically generated

Sumber : Liputan6.com

Jajanan seribuan masa kecil yang hampir semua orang tau keberadaannya, apalagi kalau bukan telur gulung. Biasanya telur gulung anda temui di depan sekolah. Namun anda juga bisa membuat bisnis dengan telur gulung ini. Melihat sekarang ini peminatnya semakin meningkat hal ini bisa menjadi kesempatan untuk anda memulai bisnis. 

Memang bisnis telur gulung ini sudah banyak dimanapun, namun anda bisa memanfaatkan inovasi dalam telur gulung yang anda buat. Misalnya dengan menjual telur gulung aci, telur gulung sosis, telur gulung baso, dengan saus yang menarik seperti saus korea, saus teriyaki, ataupun bumbu yang unik. 

  1. Tahu Bulat
A picture containing food, wooden

Description automatically generated

Sumber : Kompas.com

Pasti anda sering mendengarkan tukang tahu bulat lewat di depan rumah anda bukan? Tahukah anda para pedagang tahu bulat ini bisa memperoleh omset sampai ratusan ribu rupiah per harinya? Selain harganya yang murah, rasanya yang enak dan mengeyangkan membuat tahu bulat ini menjadi makanan terkenal di semua kalangan.

Tips untuk menjalankan usaha ini yang pasti anda harus mencari lokasi strategis sesuai dengan target market anda, pastikan menggunakan bahan- bahan yang berkualitas, dan juga pahamilah selera pasar kalian. Misalnya selain tahu bulat anda juga bisa menjual berbagai macam gorengan lainnya sebagai pelengkap tahu bulat.

  1. Sosis
A plate of food

Description automatically generated with medium confidence

Sumber : tukangreview

Sosis adalah salah satu makanan yang memiliki banyak variasi rasa tergantung dengan bumbu dan topping yang diberikan. Hanya dengan bumbu yang simple makanan ini pasti laku setiap harinya. Tak disangka juga menjual sosis sekarang ini masih diminati banyak orang. 

Anda juga harus mengeluarkan inovasi dan kreatifitas agar bisa menjadi perhatian masyarakat banyak. Misalnya anda bisa menginovasikan bumbu atau bentuk dari sosis, serta tingkat kematangan sosis agar sesuai dengan lidah semua orang.

  1. Cimol
A bowl of food

Description automatically generated with medium confidence

Sumber : Cookpad.com

Makanan khas bandung satu ini tengah populer di masyarakat. Cimol atau aci di gemol ini juga memiliki bahan dasar dengan baso aci, dan cireng. Rasa cimol ini bisa dibumbui dengan beragam rasa misalnya seperti keju, sapi panggang, jagung bakar, balado, dan lainnya. Peluang usaha untuk berjualan cimol ini juga menjanjikan, walaupun hanya menjual dengan harga mulai dari Rp 1.000 anda bisa mengantongi keuntungan setiap harinya karena usaha ini dianggap tidak akan pernah sepi.

Langkah agar usaha cimol anda bisa terus eksis adalah membuat inovasi bukan hanya di produk yang anda jual tapi juga pelengkapnya. 

Misalnya biasanya cimol tidak memiliki isian, anda bisa memberikan isi seperti keju, ayam suir, dan lainnya. Kemasan produk juga sangat penting. Misalnya biasanya kemasannya hanya kantong plastik anda bisa memakai kertas, atau jika anda menjual yang frozen anda bisa memakai vakum.

  1. Rempeyek
A close up of food

Description automatically generated with low confidence

Sumber : cookpad.com

Rempeyek merupakan cemilan yang mirip dengan kerupuk. Rempeyek memiliki rasa gurih yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan kacang tanah. Biasanya rempeyek ini dijual dengan harga Rp 1.000 saja. Rempeyek ini sering sekali dicara banyak orang karena merupakan cemilan enak untuk pendamping makanan. Selain itu rempeyek ini juga kaya akan protein yang bisa menjaga pencernaan anda. Selain di marketplace, anda bisa menjual rempeyek di sekitaran rumah anda. 

  1. Makaroni
A bowl of fried food

Description automatically generated with low confidence

Sumber : Bukareview

Siapa yang tidak suka makaroni? Hampir semua kalangan masyarakat pasti suka dengan makaroni. Olahan makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu ini memiliki bentuk yang unik dan harganya yang murah membuat masyarakat selalu penasaran untuk mencobanya. Bagi anda yang belum memiliki usaha, anda dapat mencoba menjalankan bisnis, anda bisa menjalankan bisnis makanan ini dengan membuat makaroni dalam bentuk mentah dan matang.

Hal yang perlu anda perhatikan agar usaha bisnis makaroni ini berjalan lancar adalah membuat makaroni yang berkualitas, menyediakan banyak ukuran, menjaga kemasan makaroni, dan yang paling penting adalah pemasarannya. Anda bisa memasarkannya dengan menitipkan di warung, marketplace, dan media sosial.

  1. Permen Coklat
A picture containing ground, colorful, floor, lined

Description automatically generated

Sumber : popmama.com

Mungkin anda sering menemukan permen coklat hampir dimanapun, tapi siapa sangka cemilan ini masih sering diburu oleh banyak masyarakat? Bukan hanya sebagai cemilan saja, tapi juga sebagai bahan pelengkap kue. Dijual dengan harga murah yaitu seribuan dan rasanya yang sudah tidak usah ditanya lagi, makanan ini sudah pasti akan habis setiap harinya. Anda bisa menemukan peluang usaha dari makanan ini. Anda bisa menjualnya di warung- warung, memasukkannya ke supermarket, atau melalui media sosial.

  1. Seblak Kering
A pile of food

Description automatically generated with low confidence

Sumber: Okezone lifestyle

Seblak kering biasanya terkenal dengan rasa yang pedas dan gurih. Seblak kering ini merupakan makanan yang terkenal dan setiap seblak kering ini mengeluarkan varian baru, masyarakat pun banyak yang penasaran dengan rasanya. Maka dari itu makanan ini merupakan peluang bisnis yang cepat berkembang dengan pesat.

Dengan dibandrol dengan harga seribuan, seblak kering ini pasti selalu habis setiap harinya karena konsumen biasanya membeli lebih dari satu buah saja. Untuk penjualan anda bisa melakukan sistem konsinyasi, atau bisa melalui media sosial. Yang terpenting agar usaha ini selalu bertahan adalah pastikan ikuti tren dan inovasi yang sedang berlangsung di masyarakat tapi tetap jangan hilangkan ciri khas dari seblak kering itu sendiri.

  1. Leker
A stack of pancakes

Description automatically generated with medium confidence

Sumber : Liputan 6.com

Leker juga merupakan makanan yang cocok dijual dengan harga seribuan. Keberadaannya sekarang sudah jarang tapi masih banyak penggemarnya. Kue leker yang berbentuk sangat tipis disertai dengan topping menarik yang bikin menggiurkan ini biasanya sering ditemui di depan sekolah. Bisnis leker ini merupakan bisnis yang mudah dilakukan dengan keuntungan yang cukup besar. Hal yang harus anda perhatikan jika ingin memulai bisnis leker adalah ketahui lokasi yang bagus untuk berjualan, strategi promosi yang baik, bisa melalui dari mulut ke mulut, melalui media sosial agar terlihat oleh banyak orang.

  1. Kacang

Sumber : pergikuliner.com

Banyak makanan dengan bahan dasar kacang yang bisa anda jual dengan harga seribuan. Misalnya seperti kacang goreng, kue kacang, dan lainnya. Makanan dengan bahan dasar ini juga sangat banyak peminatnya. Peluang usaha yang ditawarkan dengan bisnis ini juga cukup besar, anda bisa meraup keuntungan setiap harinya. Pastikan anda selalu update dengan inovasi makanan dengan bahan dasar ini, juga sesuaikan dengan target pasar serta modal yang anda miliki. 

  1. Aneka Gorengan
A picture containing food, indoor, pastry, dish

Description automatically generated

Sumber: Hipwee

Makanan berminyak pastinya lebih enak di mulut, salah satunya adalah aneka gorengan. Dengan harga seribuan, banyak jenis gorengan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Sudah pasti peminat gorengan tidak pernah absen untuk membeli makanan ini. Dimanapun dan kapanpun pasti selalu ada orang yang menjual aneka gorengan.

Ini juga bisa anda lihat sebagai peluang bisnis. Selain laku setiap hari, sudah pasti dengan menjual makanan ini anda bisa balik modal. Selain anda bisa menjualnya di daerah tertentu, anda bisa juga menjual beberapa gorengan dengan bentuk frozen. Dalam segi promosi, pajang foto semenarik mungkin di media sosial agar banyak masyarakat tergiur dengan gorengan yang anda jual.

  1. Serabi
A plate of food

Description automatically generated with medium confidence

Sumber : Kompas.com

Makanan jadul yang satu ini selain nikmat, siapa sangka bisa dijual dengan harga seribuan? Usaha serabi ini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan karena sudah banyak masyarakat tahu keberadaannya. Orang banyak membeli serabi bukan hanya sebagai cemilan tapi juga sebagai makanan atau snack untuk acara penting. Strategi pemasaran jika anda mencoba memulai jual serabi adalah memasarkan ke daerah seperti kota- kota besar. Karena potensi peminatnya selain bisa meluas juga banyak peminat yang baru atau sudah pernah memakan serabi namun jarang serabi bisa ditemukan di kota- kota besar.

  1. Otak- Otak
A picture containing table, food, plate, indoor

Description automatically generated

Sumber : Resep Indonesia

Makanan otak- otak sudah terasa familiar bagi masyarakat. Selain rasanya yang enak, otak- otak dikenal sebagai makanan yang sehat untuk jantung, mata, dan lainnya. Biasanya otak- otak disajikan dengan saus kacang, atau kuah yang pedas. Keuntungan yang didapatkan dari berjualan otak- otak juga besar. Jadi jangan takut jualan anda akan sepi. Selain anda jual dengan bentuk yang sudah matang, anda juga bisa menjualnya dengan bentuk frozen.

  1. Martabak Mini
A picture containing plate, food, fruit, sliced

Description automatically generated

Sumber : piknikdong

Biasanya martabak yang kita tahu sering ditemui dengan ukuran yang besar, tapi anda bisa membuat inovasi dengan menjual dengan ukuran yang mini untuk harga seribuan. Dengan banyak topping yang anda bisa pakai membuat martabak ini pasti tidak akan membosankan dan banyak orang yang beli. Dalam usaha ini promosi yang sangat berpengaruh adalah word of mouth. Karena melalui rekomendasi dari seseorang ke orang lain, pastinya akan mempertahankan usaha anda. 

  1. Mie Lidi
A picture containing tool, vegetable

Description automatically generated

Sumber : tribunnews

Makanan semasa kecil yang sampai sekarang pasti masih dicari oleh masyarakat. Mie lidi sekarang ini sudah ada yang menjual mentahnya. Mie lidi ini terkenal dengan bumbunya yang beragam dan rasanya yang gurih. Dalam pemasarannya foto dan video yang anda buat harus semenarik mungkin untuk diunggah ke media sosial, selain itu mintalah bantuan pada kerabat anda untuk mempromosikan mie lidi anda. Pastikan juga selalu ada evaluasi dari berbagai feedback yang didapatkan. 

  1. Stik Keju
A plate of french fries

Description automatically generated

Sumber : Liputan6.com

Makanan yang bisa dijual dengan harga seribuan selanjutnya adalah stik keju. Berbahan dasar tepung terigu, maizena, dan keju ini memiliki rasa yang gurih dan sekali makan pasti ketagihan. Cocok untuk anda yang baru memulai bisnis. Karena dengan bahan yang sederhana anda bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Untuk penjualan dan promosinya bisa melalui marketplace. Selain stik keju anda juga bisa menyediakan varian rasa yang lainnya. 

  1. Kue Bantal
A picture containing food, doughnut, several

Description automatically generated

Sumber: piknikdong.com

Makanan selanjutnya sempat viral beberapa waktu yang lalu, dan sampai sekarang ketenarannya masih bertahan yaitu kue bantal, atau yang biasa disebut odading. Anda bisa menjual kue bantal ini dengan isian sebagai inovasi, karena biasanya kue bantal ini tidak memiliki isian. Selain itu anda juga bisa menjual dengan bentuk yang frozen dan dititipkan di warung. 

  1. Aneka Olahan Aci
A picture containing food

Description automatically generated

Sumber : merdeka.com

Makanan asal jawa barat ini banyak sekali macamnya seperti cilok, cireng, baso aci, cilung, dan lainnya. Makanan ini cocok dijual dengan harga seribuan karena bahan yang cukup mudah didapat. Anda juga bisa menjualnya per paket, misalnya paket baso aci, paket cilok dalam bentuk frozen sehingga konsumen anda bisa menyajikannya dalam keadaan hangat. Manfaatkan media sosial dan marketplace untuk mempromosikan dan menjual produk olahan aci ini. 

  1. Sempol Ayam
A plate of food

Description automatically generated with medium confidence

Sumber : cookpad.com

Sempol ayam, dengan bahan dasat tepung terigu, tepung kanji, ayam, dan air. Sempol ayam dibuat dengan cara melilitkan adonan ke tusuk sate, hampir mirip dengan membuat telur gulung. Rasanya yang unik dengan menggunakan berbagai saus dan pastinya membuat perut kenyang.

Hal yang penting untuk anda pertimbangkan adalah rasanya harus sesuai dengan target konsumen anda, dan lokasi yang anda pilih sebagai tempat berjualan.

  1. Pisang Crispy
A picture containing food, plate, plastic, indoor

Description automatically generated

Sumber : cookpad.com

Makanan terakhir yang bisa anda jual dengan harga seribuan adalah pisang crispy. Beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin menjual pisang crispy bukan hanya mengenai promosi, menjaga cita rasa, kualitas, dan kebersihan produk juga sangat penting. Gunakan bahan baku yang berkualitas mulai dari pisang sampai tepung yang digunakan, pakailah kemasan yang ramah lingkungan, gunakan media sosial untuk sarana promosi dan penjualan, ikut pameran makanan agar lebih dikenal oleh masyarakat, sediakan harga promo ketika produk sudah mau launching, gunakan juga catatan keuangan untuk melihat pemasukan, dan pengeluaran. 

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa anda jual dengan harga seribuan. Walaupun dijual dengan harga yang sangat murah, selalu perhatikan kualitas setiap makanan yang anda jual ya! Simak artikel inspiratif bisnis lainnya di blog Warung Pintar! (CE)

Share:

Konten Terkait

menu warteg kekinian
contoh nota toko sembako

Konten Populer

menu warteg kekinian
contoh nota toko sembako
Barang Sembako Untuk Lebaran
warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • address

    Gedung I Lantai 3, Jalan M.I. Ridwan No. 5 Jakarta Pusat 10110

  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner