wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Artikel/20 Motto Hidup Sukses yang Akan Membakar Semangatmu/

20 Motto Hidup Sukses yang Akan Membakar Semangatmu

Oleh Rico Hidayat/24 May 2022/
Share:
Moto hidup sukses

Setiap orang pastinya mendambakan kesuksesan, misalnya  mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, memulai bisnis sendiri atau juga menjalin hubungan dengan orang tercinta. Dari beragam definisi sukses tersebut, masing-masing orang punya rencana maupun strategi yang berbeda untuk meraihnya. Yang pasti, kesuksesan tidak akan diraih jika hanya diam saja. 

Ada banyak jalan untuk mencapai kesuksesan, salah satunya adalah dengan belajar dari pengalaman para tokoh dunia dan nasional. Mereka yang telah dianggap sukses pada bidang masing-masing, mempunyai semangat yang terangkum dalam sebuah motto hidup. Motto hidup sukses dapat memicu sesuatu dalam diri seseorang ketika ia membacanya. Motto hidup sukses mengaktifkan emosi dan meningkatkan denyut nadi seseorang. Oleh karena itu, dengan membaca banyak motto hidup sukses, seringkali seseorang akan terlecut semangatnya untuk mulai bergerak. 

Berikut 20 motto hidup sukses yang dapat Anda simak.

  1. Tidak Salah Jika Terlahir Miskin

Bill Gates/Source: Reuters

“If you are born poor it’s not your mistake but if you die poor it’s your mistake,” Bill Gates (Eks CEO Microsoft).

Artinya: Jika kamu terlahir miskin, itu bukan kesalahanmu, tapi jika kamu meninggal dalam keadaan miskin, (maka) itu adalah kesalahanmu.

Orang sukses tidak pernah menyalahkan keadaan dari keluarga mana mereka dilahirkan. Orang sukses adalah mereka yang dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik dengan memanfaatkan berbagai cara dan peluang yang ada.

  1. Sukses Berjalan dari Kegagalan 

Winston Churchill/Source: Wikipedia

“Success is walking from failure to failure with no loss of enthusiasm,” Winston Churchill (Perdana Menteri Inggris 1940-1945).

Artinya: Sukses adalah berjalan dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan semangat. 

Rangkullah kegagalan Anda, baik itu satu kegagalan atau banyak kegagalan, karena dengan kemauan untuk belajar dari kesalahan, Anda akan makin mendekati kesuksesan. 

  1. Pengalaman Adalah Guru Terbaik 

Helen Keller/Source: Wikipedia

“Character cannot be developed in ease and quiet. Only through experience of trial and suffering can the soul be strengthened, ambition inspired, and success achieved,Helen Keller (Perempuan tunanetra dan tunarungu pertama yang berhasil menjadi seorang penulis, aktivis politik, dan dosen). 

Artinya: Karakter tidak dapat dikembangkan dengan mudah dan tenang. Hanya melalui pengalaman pencobaan dan penderitaan, jiwa dapat dikuatkan, ambisi dapat dikobarkan, dan kesuksesan dapat dicapai.

Sukses tidak datang dengan sendirinya saat kita hanya diam saja dan tidak berani mengambil risiko. Sukses adalah ihwal seberapa kita berani untuk terus mencoba dan menjadikan setiap kegagalan sebagai pelajaran untuk menemukan formula mencapai kesuksesan. 

  1. Talk Less Do More

Walt Disney/Source: Disney Park

“The way to get started is to quit talking and begin doing,” Walt Disney (Produser Film).

Artinya: Cara untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai melakukan. 

Seseorang kadang menginginkan kesuksesan, tapi hanya sebatas diucapkan dan enggan merealisasikannya. Terus bergerak meski sedikit demi sedikit, asal konsisten, maka akan membantu untuk mengantarkan menuju kesuksesan.

  1. Gagal Sekali Bukan Selamanya Akan Gagal 

Ilustrasi menuju kesuksesan yang berliku/Source: Istockphoto

“Just because you fail once, doesn’t mean you’re gonna fail at everything. Keep trying, hold on, and always, always, always believe in yourself, because if you don’t, then who will, sweetie?” Marilyn Monroe (Aktris dan Model)

Artinya: Hanya karena kamu gagal sekali, bukan berarti kamu akan gagal dalam segala hal. Teruslah berusaha, bertahan, dan selalu, selalu, selalu percaya pada diri sendiri, karena jika bukan kamu, lalu siapa lagi, sayang?

Kegagalan pertama kadang mematahkan impian besar seseorang. Padahal sebuah kegagalan tersebut adalah bagian dari kesuksesan yang akan datang di masa depan. Seseorang tidak perlu takut gagal ketika usaha pertamanya menemui kegagalan. Mereka hanya butuh untuk percaya pada diri sendiri dengan cara terus memperbaiki setiap kekurangan yang dimiliki. 

  1. Sukses Bukan Kebetulan 

Pele/Source: CNN

“Success is no accident. It is hard work, perseverance, learning, studying, sacrifice and most of all, love of what you are doing or learning to do,” Pele (Bintang Sepak Bola Brasil)

Artinya: Sukses bukanlah kebetulan. Sukses adalah kerja keras, ketekunan, proses pembelajaran, studi, pengorbanan, dan yang terpenting, cinta akan apa yang Anda lakukan atau pelajari.

Kunci utama mendapatkan kesuksesan adalah mencintai apa yang kita lakukan atau pelajari. Dengan cinta, seseorang akan mampu melewati kerja keras dan kegagalan yang datang dalam perjalanan menuju tangga kesuksesan. 

  1. Tak Masalah Jika Berjalan Lambat

Ilustrasi perjalanan menuju sukses/Source: Forbes

“It does not matter how slowly you go as long as you do not stop,” Confucius (Guru dan Filsuf).

Artinya: Tidak masalah seberapa lama Anda berjalan selagi Anda tidak berhenti. 

Sukses akan datang pada waktu yang tepat. Maka dari itu, tidak masalah jika waktu kesuksesan Anda berbeda dengan orang lain. Anda hanya perlu untuk terus berjuang.

  1. Kuat untuk Jatuh dan Bangkit Lagi 

Nelson Mandela/Source: CNN

“Do not judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again, ” Nelson Mandela (Presiden Afrika Selatan 1994-1999).

Artinya: Jangan menilai saya dari kesuksesan saya, nilailah saya dari berapa kali saya jatuh dan bangkit kembali.

Sebuah kesuksesan bisa jadi menyimpan ratusan kegagalan di dalamnya. Itu adalah proses yang perlu diilhami saat seseorang bertekad untuk sukses. 

  1. Jangan Menunda!

Ilustrasi waktu/Source: Istockphoto

“You cannot escape the responsibility of tomorrow by evading it today,” Abraham Lincoln (Presiden AS ke-16).

Artinya: Anda tidak dapat lari dari tanggung jawab hari esok dengan menghindarinya hari ini.

Menunda terus menerus akan menjadi bom waktu yang dapat menggagalkan kesuksesan Anda. Oleh karena itu, apa pun rintangan yang muncul saat Anda tengah bergerak mencapai kesuksesan, Anda wajib menghadapinya. 

  1. Makin Keras Bekerja, Makin Banyak Keberuntungan 

Thomas Jefferson/Source: Wikipedia

“I find that the harder I work, the more luck I seem to have,” Thomas Jefferson (Pendiri dan Presiden Ketiga AS).

Artinya: Saya menemukan bahwa makin keras saya bekerja, makin banyak keberuntungan yang saya miliki.

Saat kita memulai perjuangan, kegagalan bisa saja menerpa. Namun, dengan kegigihan kadang kalanya semesta akan bahu membahu membantu Anda mewujudkan sebuah kesuksesan yang diinginkan. 

  1. Ingatlah Rasa Gembira saat Menang 

Ilustrasi sukses/Source: Freerange Stock

“Don’t let the fear of losing be greater than the excitement of winning,” Robert Kiyosaki (Penulis Buku Rich Dad, Poor Dad).

Artinya: Jangan biarkan rasa takut akan kegagalan lebih besar daripada perasaan gembira saat menang.

Perasaan takut akan gagal seringkali menghambat seseorang untuk merealisasikan impiannya. Padahal, jika yang dibayangkan adalah perasaan saat berhasil meraihnya, itu akan membawa energi positif untuk segera beraksi. 

  1. Sukses Perlu Dirancang 

Steve Jobs/Source:Reuters

“If you really look closely, most overnight successes took a long time,” Steve Jobs (Eks CEO Apple).

Artinya: Jika Anda benar-benar melihat lebih dekat, sebagian besar kesuksesan dalam semalam membutuhkan waktu lama.

Tidak ada sukses yang instan. Semua membutuhkan proses yang panjang. Maka dari itu, sukses perlu direncanakan dengan matang. 

  1. Kegagalan Adalah saat Menolak untuk Bangkit 

Ilustrasi berusaha/Source:Reuters

“Failure is not falling down but refusing to get up,” Pepatah China.

Artinya: Kegagalan bukanlah saat Anda jatuh, tapi saat menolak untuk bangkit.

Semua orang mungkin akan berjumpa kegagalan saat berjuang mendapatkan kesuksesan. Bagi mereka yang menolak untuk bangkit kembali, tidak peduli berapa pun waktunya, itu adalah kegagalan yang sebenarnya.

  1. Bebas dari Kegagalan Sama dengan Tak Hidup 

JK Rowling/Source:Hola

“It is impossible to live without failing at something, unless you live so cautiously that you might as well not have lived at all – in which case, you fail by default, ”JK Rowling (Penulis Harry Potter).

Artinya: Tidak mungkin hidup berjalan tanpa gagal dalam sesuatu, kecuali jika Anda hidup dengan sangat hati-hati sehingga Anda mungkin juga tidak hidup sama sekali – dalam hal ini, Anda otomatis gagal. 

Menjalani kehidupan yang bebas dari kegagalan sama dengan memilih melakoni hidup yang membosankan. Hidup yang membosankan cenderung menjauhkan dari kesuksesan. 

  1. Tidak Pernah Gagal Hanyalah Orang yang Tidak Pernah Melangkah 

Buya Hamka/Source:Historia

“Jangan takut gagal karena orang yang tidak pernah gagal hanyalah orang yang tidak pernah melangkah,” Buya Hamka (Ulama dan Sastrawan)

Gagal bukanlah aib. Gagal adalah adalah bagian dari serangkaian langkah menuju kesuksesan. 

  1. Gagal Terjadi saat Kita Menyerah

BJ Habibie/Source:CNN Indonesia

“Kegagalan hanya terjadi jika kita menyerah, B.J. Habibie (Presiden Ketiga RI). 

Mental pantang menyerang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Sebab, dalam perjalanannya, gerbang kesuksesan tidak hanya tembus dalam satu atau dua kali percobaan. 

  1. Sukses Jangan Ditunggu

Mohammad Natsir/Source: Antara

“Untuk mencapai sesuatu, harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak,Mohammad Natsir (Perdana Menteri RI Era Demokrasi Parlementer).

Sukses tidaklah ditunggu, melainkan harus dijemput. Sukses dijemput dengan serangkaian usaha dan kekuatan yang membangkitkan saat diadang kegagalan. 

  1. Hidup seperti Sepeda, Harus Bergerak supaya Seimbang 

Ilustrasi berusaha/Source:Pinterest

“Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving,” Albert Einstein

Artinya: Hidup itu seperti mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan Anda, Anda harus terus bergerak.

Saat Anda mencoba untuk berhenti mengejar kesuksesan, di situlah masalah akan datang menggoyahkan. Anda perlu untuk terus bergerak, tak masalah jika hanya pelan-pelan, tapi dilakukan secara konsisten. 

  1. Ada Harapan di Tengah Kegelapan 

Aristoteles/Source:Looking for wisdom

“It is during our darkest moments that we must focus to see the light,” Aristoteles (Filsuf).

Artinya: Pada saat-saat tergelap kita, kita harus fokus untuk melihat cahaya.

Jika Anda terus mencoba Anda akhirnya akan melihat cahaya yang berarti adalah kesuksesan. 

  1. Sukses Tidak Selalu untuk Mereka yang Pintar, Tapi yang Gigih 

Susi Pudjiastuti/Source: Kompas

“Orang yang meraih kesuksesan tidak selalu orang yang pintar, tapi orang yang selalu meraih kesuksesan adalah orang yang gigih dan pantang menyerah. Bagaimana caranya mewujudkan impian agar sukses, kunci suksesnya adalah komitmen dengan apa yang kita jalani,” Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia 2014-2019).

Kesuksesan tidak hanya diraih karena satu faktor. Ada banyak hal harus dimiliki saat berjuang menuju kesuksesan, utamanya adalah komitmen. Komitmen akan menjaga Anda dari kata menyerah saat kegagalan datang mengadang. 

Well, dari 20 motto hidup sukses di atas, manakah favorit Anda? Apakah Anda sudah mulai tergerak untuk mencapai kesuksesan? Semoga berhasil!

Share:

Konten Terkait

Konten Populer

warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner