wpg-logo

Tempatnya Juragan Dapat Informasi Terbaru Seputar Bisnis Warung!

Blog/Gaya Hidup/Artikel/20 Jajanan Kekinian yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan/

20 Jajanan Kekinian yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Oleh Rico Hidayat/14 February 2022/
Share:
jajanan kekinian 2022

Sepanjang 2021 kita bisa melihat banyak jajanan kekinian yang viral dan menarik perhatian publik. Iklan-iklan jajanan tersebut pun bergantian muncul di sosial media, seperti Instagram, Tik Tok, dan lain sebagainya. 

Hampir sama dengan tahun sebelumnya, 2022 diprediksi jenis jajanan di Tanah Air akan makin beragam. Jajanan kekinian tersebut ada yang mengusung cita rasa Eropa, Korea, Jepang, dan yang asli Indonesia. Penasaran apa saja? Yuk, simak dalam ulasan berikut. 

Toast Boba

Sekitar sembilan tahun belakangan, minuman boba menjadi pilihan yang diminati masyarakat. Boba kemudian makin populer dengan menjadi topping mi goreng dan kentang. Hingga belakangan ini, boba berkembang dan ditemui menjadi topping dari toast atau roti panggang. 

Toast boba menjadi begitu populer karena disajikan dengan berbagai saus manis, seperti cokelat, cream cheese, ovaltine, dan lain sebagainya. Harga seporsi toast boba berkisar dari Rp 20.000 hingga Rp 35.000. 

Source: Twitter @locco_my

Croffle

Croffle adalah jajanan yang baru-baru ini viral di media sosial karena rasanya yang enak, yaitu perpaduan gurih dan manis. Banyak kafe dan kedai makanan kini menyediakan aneka croffle. 

Dari namanya, croffle sebenarnya merupakan perpaduan croissant dan waffle. Croffle pertama kali dikenalkan oleh chef pastry Louise Lennox pada 2017 lalu. Croffle terbuat dari adonan croissant yang kemudian dimasukkan dalam wadah pembuatan waffle. Croffle disajikan dengan beragam saus, seperti maple, strawberry, cream cheese, dan lain sebagainya. Seporsi croffle, isi dua, lengkap dengan saus biasanya dijual dengan harga mulai Rp 25.000. 

Source: Instagram Dear Butter

Cronut

Dari namanya, cronut sebenarnya adalah perpaduan antara croissant dan donat. Makanan ini sebenarnya mulai diperkenalkan pada 2013 oleh chef pastry terkenal asal Prancis, Dominique Ansel. Butuh waktu bertahun-tahun hingga akhirnya cronut bisa sepopuler sekarang. Cronut terbuat dari adonan mirip croissant campuran dengan bahan dasar tepung, gula, telur, mentega, susu, dan lainnya. 

Cronut kemudian digoreng dengan minyak dan diisi krim dan gula. Sebuah cronut umumnya dijual mulai dari Rp 8.000. Cronut biasanya juga dijual dalam porsi lusinan. 

Source: Instagram @lowereeeatsside

Burgushi

Burgushi merupakan menu makanan perpaduan dari burger dan sushi. Perpaduan antara western food dan japanese food itu menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat sehingga burgushi sangat populer saat ini. Burgushi hadir dalam berbagai pilihan menu, seperti beef, chicken spicy, salmon mentai, salmon teriyaki, tuna salad, dan lain sebagainya. Harga seporsi burgushi berkisar Rp 28.000 hingga Rp 40.000. 

Source: Instagram Burgushi id

Corndog 

Corndog adalah jajanan hits yang saat ini mudah dijumpai di mana pun. Corndog makin populer setelah banyak drama Korea yang digemari masyarakat Indonesia menampilkan corndog sebagai jajanan yang sering dikonsumsi para artisnya. Padahal, corndog sendiri sebenarnya berasal dari Amerika Serikat. 

Corndog terbuat dari sosis dan keju yang kemudian dilapisi tepung sehingga menghasilkan rasa gurih dan lezat. Saat ini variasi menu corndog terus bermunculan, seperti ada yang dibuat dari kentang, fish cake, rice cake, dan lain sebagainya. Sebuah corndog umumnya dijual mulai Rp 18.000. 

Source: Instagram @mo.guri.id

Hotang

Hotang adalah jajanan kekinian yang merupakan perpaduan antara hotdog (sosis yang dimasak halus) dengan kentang. Sama seperti corndog, hotang mulai populer di Indonesia seiring kemunculannya di dalam drama Korea. 

Hotang memiliki bentuk sangat unik. Ia mirip dengan corndog, tapi bagian luarnya ditambah potongan kentang kecil-kecil. Seporsi hotang biasanya dijual mulai Rp 18.000. 

Source: Instagram @noviagarnella

Korean Cream Cheese Garlic Bread

Saat masa pandemi ini, Korean Cream Cheese Garlic Bread perlahan berhasil memikat minat masyarakat Indonesia. Korean Cream Cheese Garlic Bread merupakan roti bundar dengan rasa bawang putih berpadu dengan cream cheese. Roti yang memiliki cita rasa gurih ini awal mulanya dijajakan di salah satu gerai street food di Stasiun Gangnam, Seoul, Korea Selatan, hingga kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Kreasi roti tersebut kini dijual dalam berbagai macam jenis, seperti ada yang menambahkan daging asap, sosis, dan lain sebagainya. Seporsi Korean Cream Cheese Garlic Bread berkisar mulai Rp 12.000. 

Source: Instagram @savoreasy

Dessert Box

Dessert box adalah dessert kekinian yang dikemas dalam kotakan berukuran sedang. Dessert kekinian ini berisi lapisan cake, cream, serta topping di atasnya. Saat ini dessert box dijual dengan berbagai rasa, seperti cheese, cokelat, regal, milk bath, red velvet, tiramisu, dan lain sebagainya. 

Harga dessert box lumayan bervariasi, tergantung dari ukuran dan rasa. Umumnya dessert box dijual mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 75.000. 

Source: Instagram bittersweet_by_najla

Korean Sweet Potato Bread (Goguma Ppang)

Jajanan khas Korea belakangan ini cukup populer di masyarakat Indonesia. Selain Korean Cream Cheese Garlic Bread, kini juga muncul Korean Sweet Potato Bread atau roti ubi ungu. 

Jajanan yang di negeri asalnya disebut Goguma Ppang ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis khas ubi jalar. Harga satu pcs Korean Cream Cheese Garlic umumnya Rp 15.000. 

Source: Instagram @madebyytm

Rokupang

Rokupang atau roti kukus panggang adalah jajanan kekinian yang tengah populer di kalangan milenial. Bahan utama Rokupang adalah roti pandan yang beraroma wangi. Rokupang berbentuk persegi dan di bagian tengahnya diberi isian yang beragam, seperti, keji, milo, oreo, selai kacang, nutella, dan masih banyak lagi. Sepotong rokupang dijual mulai Rp 11.000 hingga Rp 20.000. 

Source: @rokupang_purbalingga

Master Squid

Master squid menjadi jajanan yang kini mulai banyak ditemui di mal-mal. Master squid adalah snack renyah yang berbahan dasar cumi-cumi dari ukuran kecil, sedang, hingga besar. Cumi-cumi yang telah digoreng akan ditaburi bumbu, seperti salt and pepper, BBQ seaweed, atau bahkan mozzarella. Seporsi master squid dijual mulai Rp 25.000 hingga Rp 45.000. 

Source: Instagram Master Squid

Japanese Cheesecake

Nah, yang satu ini tengah viral di kalangan warganet. Japanese cheesecake sebenarnya sudah lama ada di Indonesia, tapi ia kembali populer akhir-akhir ini. Japanese cheesecake diyakini berasal dari daerah Hakata, Jepang. 

Yang membedakan bolu ini dengan cheesecake biasa adalah rasanya yang tidak terlalu manis dan kandungan kalori yang lebih sedikit. Japanese cheesecake memiliki tekstur yang begitu lembut, mirip dengan kue sifon. Satu japanese cheesecake dijual mulai Rp 35.000 hingga Rp 40.000.

Source: Instagram @sandybakeslove

Baso Aci

Baso aci adalah makanan favorit yang dipercaya berasal dari Garut, Jawa Barat. Baso aci berbentuk bulat seperti bakso biasa, tapi memiliki tekstur kenyal. Hal itu karena baso aci dibuat dari adonan tepung kanji tanpa dicampuri daging giling. Tepung kanji sendiri dikenal di masyarakat Sunda sebagai aci. Itu mengapa kemudian dinamakan baso aci. 

Baso aci dijual dengan campuran atau topping yang beragam, seperti tetelan, ceker, siomay, dan lain sebagainya. Harga semangkuk baso aci berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. 

Source: Instagram @oki_ochi.photography

Dalgona Candy (Ppopgi)

Dalgona candy mulai banyak dikenal setelah serial Squid Game booming di berbagai negara. Dalgona candy berbentuk bulat pipih dan di tengahnya dibentuk berbagai ukiran, seperti bintang, payung, bunga, dan masih banyak lagi. Bahan baku pembuatan permen ini cukup sederhana, yakni gula pasir dan baking soda. Satu dalgona candy dijual mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 6.000. 

Source: Instagram @notquitenigella

Fish Ball

Fish ball atau bakso ikan adalah salah satu street food yang kian diminati di Tanah Air. Fish ball umumnya dijual dalam bentuk sate dan kemudian dibumbui dengan berbagai rasa, seperti bbq, tomat, dan masih banyak lagi.  

Fish ball dapat dibuat dari berbagai ikan, selagi tidak ada duri-duri yang tersangkut. Ikan tenggiri, kakap, dan kerapu adalah jenis ikan yang biasa menjadi bahan utama pembuatan fish ball. Satu porsi fish ball dalam bentuk sate umumnya dijual mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. 

Source: Instagram @hoilam227

Odeng

Odeng atau fish cake adalah jajanan khas Negeri Ginseng yang kini kian populer di Indonesia. Odeng sendiri merupakan daging ikan yang dicampur tepung, garam, gula, dan lainnya. Odeng biasanya disajikan dengan ditusuk dalam tusuk sate dan kemudian dilengkapi dengan kuah bening atau pekat. 

Odeng banyak disukai karena teksturnya yang halus, sedikit kenyal, dan rasanya yang gurih. Semangkuk odeng biasanya dijual mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. 

Source: Instagram @jktfoodbang

Tteokbokki

Tteokbokki atau kue beras adalah jajanan yang tidak pernah absen muncul dalam drama Korea. Di Indonesia, kedai dan restoran yang menjual tteokbokki kian menjamur. Tteokbokki disajikan dengan kuah kental warna merah yang memiliki rasa gurih, manis, hingga pedas. Di beberapa restoran, tteokbokki juga biasanya dicampur dengan telur rebus dan odeng. 

Seporsi tteokbokki dijual dari harga Rp 30.000 hingga Rp 50.000. Saat ini Anda juga dapat menemukan tteokbokki instan (kemasan) yang harganya lebih ekonomis, yakni mulai dari Rp 15.000. 

Source: Instagram @psnovi

Gyoza

Gyoza adalah pangsit khas Jepang yang diisi dengan daging ayam giling serta sawi putih. Gyoza memiliki kulit pembungkus yang sedikit lebih tebal daripada pangsit pada umumnya. Gyoza biasanya disajikan bersama saus yang merupakan campuran kecap dan cuka. Seporsi gyoza isi 5 dijual mulai Rp 18.000 hingga Rp 30.000. 

Source: Instagram @westmo.photo

Bubur Goreng

Bubur tapi kok digoreng? Ya, memang tidak salah. Bubur goreng kini menjadi makanan yang banyak dijual di tukang atau warung bubur. Bubur goreng dibuat dari bubur yang telah matang dan selanjutnya digoreng dengan berbagai macam bubu. Cara memasaknya hampir sama saja seperti nasi goreng. 

Bubur goreng disajikan dengan berbagai macam topping, seperti pangsit, ciki, hingga salted egg. Seporsi bubur goreng dijual mulai dari harga Rp 12.000 hingga Rp 27.000.

Source: Instagram @chachaburgo

Terong Crispy

Terong crispy berbentuk bunga mekar baru-baru ini viral di media sosial. Tampilannya yang menarik berpadu dengan rasa gurih dan renyah membuat terong crispy banyak dicari masyarakat Indonesia. Seporsi terong crispy umumnya dijual mulai Rp 7.000 hingga 10.000. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengiris terong menjadi bentuk bunga dan kemudian dicampur dengan tepung krispi.  

Source: YouTube  Puguh Kristanto Kitchen

Itu dia 20 referensi jajanan kekinian yang bisa Anda coba saat ini. Tidak hanya di kedai atau restoran fancy, beberapa jajanan kekinian bisa dijumpai di warung, misalnya cheese cake Sari Roti dan susu Bear Brand. Cheese cake Sari Roti dengan teksturnya yang lembut mulai banyak digemari karena cukup ekonomis dan cocok untuk pengganjal perut di pagi hari. Sementara susu Bear Brand menjadi salah satu minuman yang paling dicari selama pandemi. Susu beruang dianggap mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh di tengah wabah corona, bahkan di beberapa tempat minuman ini sempat langka. 

Tapi jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan jajanan tersebut di Warung Pintar terdekat. Belanja di Warung Pintar membantu Anda mendapatkan jajanan berkualitas dengan harga yang pas di kantong.  Jadi jajanan kekinian mana yang mulai ingin Anda coba sekarang?

Baca juga

Share:

Konten Terkait

usaha titip makanan di warung
produk paling laris

Konten Populer

usaha titip makanan di warung
produk paling laris
Tantangan Nonteknis saat Memulai Bisnis Warung Kopi
warung-pintar-group-logo
    Hubungi Kami
  • address

    Jl. Bumi No.40, RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12120

  • email

    partnership@warungpintar.co

  • CS Warung Pintar
  • whatsapp

    +62 851-5757-7630

    Layanan Pengaduan Konsumen
  • Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Republik Indonesia


  • address

    Gedung I Lantai 3, Jalan M.I. Ridwan No. 5 Jakarta Pusat 10110

  • whatsapp

    +62 853-1111-1010

wpg-banner