Sobat Warung, kamu pasti sudah sering kan makan kue-kue basah? Kue basah yang termasuk jajanan pasar ini, adalah salah satu hal yang identik dengan warung. Bukan cuman kue basah, jajanan pasar punya berbagai macam bentuk dengan rasa yang memang susah banget buat dilupain, khususnya buat kamu yang generasi milenial. Belum lagi, makanan ini selalu menemani kita setiap hari, mulai dari saat jam istirahat, ngumpul sama teman, atau bahkan arisan keluarga.

Selain itu, tahukah kamu kalau jajanan pasar juga jadi salah satu produk usaha yang menjanjikan? Dengan bangkitnya usaha kecil menengah (UKM) saat ini, para pelaku usaha jadi terdorong untuk membuka usaha jajanan pasar. Mereka melakukan ini bukan tanpa alasan lho. Kalau penasaran, nih ada beberapa alasan yang membuat makanan ini cocok jadi peluang bisnis:

Modal Kecil

jajanan pasar

Bicara mengenai usaha kuliner, sering kali yang terbesit di benak kamu mungkin adalah keharusan memiliki modal cukup besar. Namun, untuk memulai usaha makanan pun nyatanya dapat kamu mulai dari rumah. Memulai usaha di rumah pun bisa kamu mulai dari hal-hal kecil seperti menjual makanan berupa jajanan pasar. Membuka usaha dengan menu jajanan pasar nggak membutuhkan modal yang besar, karena harga bahan bakunya juga murah. Peralatan yang dibutuhkan juga gak macem-macem. Kamu cuman perlu peralatan dapur standar  untuk memenuhi kebutuhan dalam pembuatan makanan tersebut. Cocok banget kan buat kamu yang mau mulai buka usaha dengan modal kecil!

Cocok untuk Semua Kalangan

jajanan pasar

Makanan tradisional memang sangat beragam dan setiap makanannya memiliki ciri khas tersendiri. Rasanya pun nggak kalah nikmat dengan makanan modern yang banyak beredar sekarang. Semua kalangan usia, mulai dari muda hingga tua, pasti nggak bisa menolak jajanan pasar khususnya kue basah. Kue sederhana ini pun kerap hadir di event keluarga, seperti arisan, atau pernikahan saudara kamu. Oleh karena itu nggak perlu heran kalau jajanan ini disukai semua orang. Dengan kata lain kamu nggak akan kesulit an untuk memasarkan produk ini. Belum lagi, jenis makanan ini sering dipasarkan dengan harga relatif murah.

Harga Murah Sehingga Peminat Banyak

jajanan pasar

Sumber: mediaindonesia.com

Harga yang murah menjadi keunggulan jajanan pasar. Kue yang memiliki beragam rasa ini biasanya dijual dengan harga yang relatif murah. Namun, walau harganya murah, rasa yang menempel pada kue-kue ini nggak kalah sama kue-kue mahal di mall. Modal yang kecil dan pemasaran yang nggak sulit karena disukai berbagai kalangan, menjadikan makanan ini diminati karena dijual dengan harga yang murah. Keunggulan ini juga menjadi daya tarik jajanan, apalagi varian rasanya yang khas.

Tak Lekang Oleh Waktu

jajanan pasar

Sumber: kaskus.co.id

Zaman sudah semakin modern, tapi jajanan pasar tetap menunjukan eksistensinya. Rasa takut dan khawatir mungkin muncul di benak para pelaku usaha jajanan. Namun nyatanya, saat ini jajanan tradisional dan terkesan jadul, mampu membangkitkan memori masa lalu dan membuat konsumen bernostalgia dengan keberadaannya. Varian rasa dan tekstur yang khas mulai dari manis, gurih, asin, dan kenyal, kembali menarik minat para milenial. Bangkitnya bentuk usaha ini juga sekaligus memperkenalkan jajanan pasar kepada anak-anak bahwa makanan ini nggak kalah enak dengan makanan di kafe kekinian.

Untuk kalian Sobat Warung yang mau buka usaha sendiri, Warung Pintar secara terbuka dan senang hati memberikan kamu kesempatan untuk buka usaha warung. Kamu nggak perlu kesulitan melengkapi fasilitas-fasilitas pendukung. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi website Warung Pintar di warungpintar.co.id. Jangan lupa daftar ya! (AFN)