Zaman sekarang mencari pekerjaan itu susah. Lihat aja angka pengangguran di Indonesia tahun ini bisa mencapai 6,8 juta jiwa. Padahal setiap tahun Indonesia bisa mencetak lulusan sarjana sampai ratusan ribu orang lho. Fenomena ini bisa terjadi karena lapangan pekerjaan sendiri masih sedikit di Indonesia. Lalu, sedikitnya lapangan pekerjaan juga disebabkan karena masih belum banyak yang buka usaha di Indonesia.

Indonesia itu penduduknya banyak banget. Para pencari kerja otomatis juga ikutan banyak. Penduduk di Indonesia aja bisa mencapai 260 juta jiwa. Belum lagi, telah hadir Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). MEA sendiri adalah sebuah integrasi ekonomi di negara-negara ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara. Dengan kata lain, untuk mendapat pekerjaan sekarang saingannya bukan cuman orang Indonesia aja, tapi juga orang dari luar negeri. Bisa bayangin sesusah apa mencari pekerjaan sekarang?

Maka dari itu, kehadiran lapangan pekerjaan harus terus digenjot. Pemerintah juga selalu mendorong para anak muda untuk buka usaha agar lapangan pekerjaan bisa tercipta. Perusahaan pun terus bermunculan, saling berlomba-lomba dalam menciptakan peluang kerja untuk semua orang.

Warung Pintar salah satunya. Warung Pintar adalah sebuah startup yang memberi kesempatan bagi siapa aja untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka dengan buka usaha berupa warung. Dengan kata lain, Warung Pintar turut ikut mendorong masyarakat untuk menjadi pebisnis agar lapangan pekerjaan bisa semakin banyak.

Biar semakin yakin berubah haluan dengan menjadi pengusaha, ini ada 6 alasan yang bikin kamu ingin buka usaha.

Uang

buka usaha

Hal pertama yang paling orang pikirkan kalau buka usaha pasti uang. Gimana nggak? Uang sudah menjadi kebutuhan semua orang. Mau makan, butuh uang. Mau hiburan juga pasti nggak lepas dari uang. Uang adalah koentji dalam kehidupan. Meskipun uang bukan jaminan penuh seseorang menjadi bahagia, tapi siapa sih yang nggak butuh uang zaman sekarang? Nggak ada kan?

Meraih mimpi

buka usaha

Semua orang pasti punya mimpi, dan nggak sedikit orang punya mimpi untuk punya usaha sendiri. Mau itu usaha warung sekalipun, tetap aja itu mimpi kamu. Nggak ada perasaan yang lebih menyenangkan dibandingkan mampu meraih apa yang kamu mau. Beberapa mitra Warung Pintar sudah pernah membuktikan. Banyak yang mengaku dengan hadirnya Warung Pintar di tengah-tengah mereka, impian mereka untuk punya buka usaha sendiri akhirnya tercapai.

Membuktikan ke orang lain

buka usaha

Siapa di sini yang pernah diremehin orang lain? Diremehin orang memang nggak enak, soalnya bisa buat kita kesel, sampai ngerasa down. Biar perasaan-perasaan jelek itu hilang, yuk buktikan bahwa kamu nggak seperti yang orang lain kira. Jika usaha kamu sukses nanti, orang lain akan jadi lebih respect sama kamu.

Membantu orang

buka usaha

Buka usaha nggak melulu tentang kamu kok. Dengan buka usaha berarti kamu punya potensi buat buka lapangan pekerjaan. Pekerjaan makin terbuka lebar berarti semakin banyak orang punya kerja. Bukannya ada perasaan senang setiap kali kamu bisa membantu orang?

Mandiri

buka usaha

Menjadi mandiri berarti bisa melakukan semuanya sendiri. Dengan begini, kamu jadi nggak terlalu bergantung pada orang lain. Dengan mandiri, berarti kamu siap menghadapi tantangan tanpa perlu mikirin siapa yang akan bantuin.

Mendapat tantangan

buka usaha

Buka usaha akan berbeda dengan bekerja untuk orang. Kalau bekerja dengan orang lain, kemungkinan kegiatan kamu akan lebih stagnan: datang pagi, pulang sore, dan gaji selalu sama. Memang lebih aman kalau kamu kerja buat orang lain, tapi kalau kamu lebih suka menghadapi tantangan, buka usaha bisa jadi pilihan yang pas. Belum lagi, kamu bisa dapat keuntungan yang lebih besar dan nggak perlu terpaku sama jam kerja.

Kalau misalnya sudah yakin mau buka usaha, tunggu apalagi? Modal nggak ada? Tenang aja, ada Warung Pintar kok yang siap kasih modal buat usaha. Daftarnya juga gratis lho!