Indonesia merupakan negara dengan penduduk berkisar 260 juta jiwa. Itu baru untuk hari ini. Tahun 2045, Bambang Brodjonegoro selaku kepala Bapennas (Badan Pembangunan dan Perencanaan Nasional), memprediksi populasi Indonesia akan menyentuh angka 318 juta jiwa. Tentunya dengan semakin banyak penduduk di Indonesia, persaingan mendapat pekerjaan juga semakin sulit. Maka dari itu, banyak orang akhirnya memilih jalan lain seperti membuka usaha; mulai dari usaha modal kecil kayak toko kelontong, atau usaha skala besar.

Membuka usaha jadi pilihan pas karena dengan jalan tersebut peluang untuk dapat untung jadi lebih besar. Namun, itu bukan berarti jalan untuk sukses dalam berusaha bisa semudah membalik telapak tangan ya.

Membuka usaha memang susah. Untuk mulai aja kamu harus siap modal usaha; mulai dari modal uang sampai modal mental. Uang itu perlu karena ketika kamu memulai sesuatu pasti akan selalu ada biayanya, sedangkan modal mental juga harus diperhatikan karena ketika kamu harus berhadapan dengan kegagalan atau kesulitan, kamu nggak akan mudah menyerah.

Ada banyak yang akhirnya sudah memulai usaha tapi harus berhenti di tengah jalan karena kurang siapnya 2 hal tersebut. Namun, jika disuruh pilih mana modal paling susah, itu adalah modal mental.

Kesiapan mental jalan singkatnya nggak ada. Kesiapan mental harus terus dilatih dengan terus mencoba, mencoba dan mencoba. Ketika kamu bertemu dengan kegagalan juga kamu nggak boleh ada keinginan untuk berhenti. Maka dari itu, mempersiapkan mental terbilang susah daripada uang, karena selalu ada proses panjang di dalamnya.

Dibandingkan dengan kesiapan mental, kesiapan dalam bentuk uang masih terbilang gampang untuk mendapatkannya; seperti pinjam ke teman, keluarga atau ke bank sekalipun. Modal uang juga bisa menjadi gampang ketika usaha yang kamu lakukan itu membutuhkan modal kecil. Nah, tulisan ini akan coba kasih tahu beberapa usaha modal kecil yang bisa kamu pertimbangkan untuk jadi jalan hidup kamu dalam mencari nafkah. Jangan salah, beberapa usaha ini bisa memberikan kamu keuntungan yang lumayan besar lho!

Blogger

usaha modal kecil

Semua orang sekarang sangat butuh sama informasi. Dulu informasi hanya bisa dinikmati segelintir orang aja; seperti mereka yang mampu punya televisi dan juga langganan koran. Sekarang, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, informasi jadi lebih mudah diakses melalui ponsel pintar. Dulu, para pembuat informasi juga hanya bisa dilakukan oleh media-media aja. Sekarang, dengan adanya blog pribadi, semua orang bisa membuat tulisan sendiri melalui platform yang nggak perlu keluar uang ini. Dengan begini, para pembuat blog jadi bisa untung dengan menyisipkan iklan di halaman blog mereka.

Vlogger

usaha modal kecil

Ini sebenarnya sama kayak nge-blog, cuman mediumnya aja diganti jadi video. Memang untuk usaha jadi vlogger nggak semurah jadi blogger, karena kamu harus siap kamera untuk rekaman. Namun dengan semakin maraknya handphone murah dengan kamera bagus, kamu nggak perlu keluar uang banyak untuk memulai jadi vlogger.

Jasa titipan

usaha modal kecil

Siapa sih yang nggak suka sama belanja? Siapa sih yang nggak suka sama diskon? Nah, kalau urusannya belanja dan diskonan, biasanya orang akan merujuk ke jasa penitipan. Jasa ini akan membantu orang yang ingin belanja tapi nggak mau desak-desakkan. Jangan salah, karena peminat belanja itu banyak, sudah pasti pemakai jasa titipan juga ramai. Ditambah lagi, kamu nggak perlu keluar uang banyak-banyak untuk mulai usaha modal kecil ini.

Les privat

usaha modal kecil

Semua orang pasti punya keahlian masing-masing; mulai dari matematika, bahasa asing, nyetir mobil, sampai mengaji. Daripada keahlian kamu itu untuk kamu seorang, mending kamu bagi-bagi dengan membuka usaha les privat. Di dunia ini pasti akan selalu ada orang yang mau belajar. Lagi pula, bukankah kamu senang ketika kamu bisa membagikan ilmu ke banyak orang?

Warung Pintar

usaha modal kecil

Sambut Warung Pintar, sebuah jalan untuk semua orang untuk memulai usaha modal kecil. Kamu hanya perlu lahan dan kemauan untuk bisa bergabung dengan Warung Pintar. Bukan hanya itu, kamu juga akan dikasih pendampingan dan bimbingan seputar bisnis dan teknologi biar usaha modal kecil kamu makin sukses.

Sudah tahu usaha modal kecil mana yang ingin diambil? Kalau bergabung di Warung Pintar salah satunya, nggak usah tunggu lama-lama untuk mulai mendaftar. Modalnya kecil, untungnya juga bisa lumayan.