Kopi sudah jadi kata yang nggak asing lagi buat yang suka nongkrong di warung kopi terdekat rumah. Lagipula siapa sih yang nggak tahu sama yang namanya kopi? Memang nggak semua orang suka sama kopi, tapi masa nggak tahu sama salah satu minuman paling terkenal di dunia ini.

Terkenalnya kopi itu juga karena sejarahnya yang memang sudah panjang. Kopi pertama muncul itu di Afrika, tepatnya di wilayah Etiopia dan Eritea. Pada saat itu kopi nggak langsung terkenal. Pihak pertama yang membuat kopi terkenal adalah pedagang Arab yang saat itu kerap membawa biji kopi untuk berdagang ke penjuru negeri. Di Indonesia sendiri, kopi butuh waktu lama untuk sampai ke negara dengan total penduduk berjumlah 260 juta jiwa ini. Adalah bangsa Belanda, bangsa yang mengkoloni Indonesia selama kurang lebih 350 tahun dan kemudian memperkenalkan kopi pada Indonesia pada abad 17.

Sampai hari ini, khususnya di Indonesia, kopi bukan sekadar minuman di kala senggang; melainkan jadi sebuah trend. Ada warung yang memang khusus menjual kopi sehingga dijuluki warung kopi atau warkop. Kemudian ada grup lawak legendaris yang mengambil nama Warkop DKI yang terinspirasi dari warung kopi. Ada pula sebuah film yang khusus membahas seputar kopi, berjudul Filosofi Kopi. Uniknya lagi, Filosofi Kopi nggak cuman berbentuk film doang, tetapi juga tersedia dalam bentuk warung kopi di daerah Melawai.

Cara bikin kopi juga macam-macam. Ada yang pakai alat yang canggih banget, sampai ada yang se-simpel menyeduh kopi sachetan. Nah, tulisan ini mau membahas beberapa cara yang pas biar kamu makin menikmati kopi yang kamu buat ataupun beli.

Biar nggak makin penasaran, ini dia cara yang bisa kamu coba:

Minum kopi bersama orang-orang terdekat

warung kopi

Minum kopi akan terasa lebih nikmat apabila diminum bersama orang-orang terdekat kamu. Kamu bisa ajak keluarga, sahabat, atau orang yang kamu anggap spesial. Coba deh ajak mereka ke warung kopi terkedat. Setiap tegukan akan sangat berarti dan menjadi memori tersendiri.

Minum kopi di tempat spesial

warung kopi

Pasti setiap orang punya tempat yang selalu bikin mereka betah buat menghabiskan waktu berlama-lama. Ada yang di rumah pacar, ada yang di café tempat ngumpul sama teman, atau sekadar di warung kopi depan kantor. Dijamin, minum kopi di tempat spesial kamu itu bakal bikin kamu makin betah berlama-lama di sana.

Minum kopi dengan camilan

warung kopi

Minum doang masa nggak makan. Bukannya minuman itu adalah pasangan dari makanan? Kalau berbicara makanan yang paling pas buat menemani minum kopi, jawabannya tentu adalah makanan yang ringan atau camilan. Coba deh, ingat-ingat camilan favorit kamu. Terus kamu kombinasikan sama kopi favorit kamu juga. Jangan lupa ya, untuk menikmati kopi di warung kopi langganan kamu juga.

Minum kopi Sambil bekerja

warung kopi

Bekerja kadang bikin stress, kadang bikin senang. Biar stress-nya makin reda, dan perasaan senangnya makin menggila, jadikan kopi sebagai peneman aja. Oh iya, selain itu juga, kopi bisa mengurangi kantuk kamu pas bekerja lho. Kantuk jadi hilang, fokus jadi makin terjaga.

Minum kopi di Warung Pintar

warung kopi

Kalian sudah nggak asing, kan sama Warung Pintar? Warung Pintar  warung kopi paling asyik, lengkap, dan murah yang siap menyebar di seluruh penjuru Nusantara. Harganya dijamin lebih murah daripada café, fasilitas juga nggak kalah lengkap.  Kalau misal sudah keluar uang lebih sedikit dan ada internet gratis, siapa yang nggak betah coba?

Nah, itu dia 5 tips paling oke biar aktifitas minum kopi kamu makin enak. Kalau mau makin banyak warung kopi dengan fasilitas lengkap seperti Wi-Fi gratis atau colokan, kamu juga bisa daftar menjadi mitra warung dengan bergabung bersama Warung Pintar.