Uang sudah jadi sesuatu yang melekat di kehidupan kita. Mau makan butuh uang, mau hiburan butuh uang, bahkan buat bikin usaha kecil aja butuh uang sebagai modal usaha.

Ngomong-ngomong tentang usaha, ada lho salah satu cara biar kamu bisa memulainya tanpa modal usaha. Caranya adalah dengan bergabung bersama Warung Pintar.

Warung Pintar akan ngasih kamu modal usaha dalam bentuk warung, dan kamu hanya perlu menyediakan lahan kosong untuk berjualan, dan keinginan untuk berkembang.

Oleh karena itu, kamu harus pahami satu hal: kalau dari awal kamu nggak ada niat untuk berubah jadi lebih baik, atau setelah daftar Warung Pintar kamu jadi malas-malasan, bisa-bisa kamu nggak akan bertahan lama.

Di Warung Pintar, kamu juga harus punya keinginan belajar sebagai modal uasha. Biar gampang belajarnya, Warung Pintar akan kasih segala macam bantuan dalam bentuk pendampingan dan bimbingan buat kamu yang memang belum terbiasa berbisnis; khususnya perihal mengelola warung.

Ketika udah ngomongin masalah buka usaha warung, uang bukan menjadi satu-satunya modal usaha biar kamu bisa sukses. Tulisan ini akan menjabarkan 3 modal usaha selain uang yang bisa kamu terus pupuk biar usaha warung kamu makin sukses:

Ilmu

modal usaha

Semakin kita berusaha untuk mendapatkan uang, cepat atau lambat, uang tersebut akan pergi dari tangan kita. Lain hal kalau ilmu: semakin kita mencarinya, justru semakin membuat kita bertambah wawasan. Mulai dari sekarang, coba ganti pola pikir kamu biar nggak hanya bergantung pada uang, namun ilmu juga. Bingung mulai dari mana? Kamu boleh mulai dari rajin membaca buku. Lalu, dalam mengelola warung, ilmu yang cocok untuk kamu pupuk itu nggak jauh-jauh dari manajemen, keuangan dan bisnis. Bayangkan kalau misalnya kamu sudah banyak banget modal usaha berupa wawasan seputar bisnis atau cara pengelolaan uang secara benar, dijamin uang akan lebih gampang masuk ke kantong dan sulit lepas dari genggaman.

Kenalan

modal usaha

Ilmu nggak selalu didapat melalui buku, tapi ilmu juga bisa didapat dari orang-orang berpengalaman. Caranya gimana tuh? Gampang, kamu sering-sering aja ketemu orang dari berbagai macam kalangan dan latar belakang. Ada yang jago bisnis kamu ajak bincang, ada yang ngerti manajemen keuangan kamu bujuk biar mau nongkrong dan ngobrol sama kamu, terus jangan lupa untuk selalu perhatikan hal-hal yang mereka bicarakan. Buat kegiatan nongkrong di jadi kegiatan yang bisa bikin kamu tambah pintar, dan makin memberikan kamu banyak wawasan. Lagi pula, sekarang kan sudah ada Warung Pintar, tempat murah dan nyaman buat kumpul bersama. So, sekali lagi ingat, ajak orang kenalan, buat duduk bareng kamu, dan jangan lupa untuk serap ilmu mereka.

Kebiasaan baik

modal usaha

Semua orang sukses di dunia ini berawal dari punya kebiasaan baik. Mulai dari bangun tidur nggak kesiangan, rajin membaca, sampai senang berkenalan dengan orang baru. Coba kamu perhatikan media-media yang meliput para orang sukses. Kesuksesan mereka nggak jauh-jauh dari kebiasaan baik yang mereka lakukan. Yuk! biasakan kegiatan-kegiatan positif di hidup kamu. Walaupun prosesnya harus terus berkesinambungan dan cukup lama, kelak ketika kamu sudah terbiasa, kamu akan merasakan banyak manfaat dari sebuah kebiasaan baik.

Jadi sekarang paham kan? Kalau uang itu terkadang bukan segalanya. Walaupun uang itu penting, uang itu bukan satu-satunya jaminan biar hidup kamu tentram dan enak. Uang juga bukan satu-satunya modal usaha untuk bisnis bersama Warung Pintar